May 17, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Starlink Resmi Melantai Di Indonesia, Worth It Kah Dengan Tarifnya?

itechnobuzz – Starlink adalah jaringan internet satelit yang dikembangkan oleh perusahaan tersohor milik Elon Musk yaitu SpaceX. Starlink bertujuan untuk menyediakan akses Internet broadband di seluruh dunia, terutama di daerah terpencil yang tidak dapat dijangkau oleh operator reguler. Jadi pemanfaatan Internet satelit dilakukan oleh PT Nusantara Start Connect (NSC) dengan satelit VSAT Starlink.

Layanan internet satelit SpaceX ini, resmi diizinkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk beroperasi di Indonesia. Meski demikian, Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan tidak akan melakukan intervensi terhadap formulasi harga paket berlangganannya di Indonesia.

Sejauh ini Kementerian Komunikasi dan Informatika tidak melakukan intervensi dalam penetapan harga layanan Internet, baik oleh operator telekomunikasi seluler maupun penyedia layanan Internet. “Kalau mereka (satelit Starlink) turunkan harganya, kami akan kendalikan,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, (5/2/2024).

Lalu Berapa Harga Paket Berlangganan Internet Starlink di Indonesia?

Menyusul keluarnya izin Kementerian Komunikasi dan Informatika, Starlink mengumumkan harga paket berlangganan dan produk yang ditawarkan. Seperti dilansir dari situs resminya, layanan internet satelit orbit rendah milik miliarder Elon Musk menawarkan beberapa paket berlangganan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Untuk perpaketnya jaringan internet ini menawarkan keunggulan yang berbeda tergantung dari kebutuhan setiap consumer, Yang pasti akan menjamin internet dengan kualitas terbaik dimanapun lokasi pembeli tinggal. Selain tarif langganan, pembeli harus mengoptimalkan layanan dengan membeli sejumlah perangkat keras yang diperlukan untuk dapat mengaksesnya.

Berikut Harga paket Internet Starlink di Indonesia:

1. Harga Paket Perumahan Internet Starlink

Paket perumahan yang diklaim cocok untuk keluarga ini menawarkan latensi rendah tanpa batas, dan berkecepatan tinggi. Paket layanan bulanan ini dihargai:

Standar: Rp 750.000 per bulan

Perangkat keras standar: Rp. 7.800.000.

2. Harga Paket Internet Roaming Starlink

Paket Roaming memiliki fitur utama kuota seluler tanpa batas dimanapun bahkan ke daerah pedalaman, portabilitas dan penundaan layanan kurang dari 10 mph saat bepergian atau dalam kondisi berpindah. Cocok digunakan di karavan untuk rombongan yang tidak menetap, paket layanan meliputi:

Ponsel regional: Rp 990.000 per bulan

Global Mobile: Rp 6.995.480 per bulan

Perangkat keras standar: Rp. 7.800.000.

3. Harga Internet Starlink Untuk Paket Kapal

Paket kapal tersebut diklaim cocok untuk perusahaan maritim, tanggap darurat, dan mobile atau pindahan. Paket ini menawarkan semua fitur seluler dari layanan perjalanan dan pelayaran global. Dengan prioritas jaringan dan dukungan yang mumpuni lainnya, berikut rincian berlangganannya:

Prioritas Seluler: 50 GB (gigabyte): Rp 4.345.000 per bulan

Kemudian ada paket : 1 TB (terabyte): Rp 17.160.000 per bulan

Dan untuk kapasitas lebih besar -5TB: Rp 86.130.000 per bulan

Perangkat keras datar berkinerja tinggi: Rp. 43.721.590.

4. Harga Internet Starlink Untuk Paket Lokasi Tetap

Paket internet ini merupakan perpaduan layanan Internet Starlink yang ditujukan untuk pelaku bisnis atau consumer dengan permintaan tinggi. Layanan ini memiliki fitur-fitur utama antara lain kuota standar tidak terbatas, IP publik, prioritas jaringan, dan dukungan prioritas.

Berikut harga berlangganan Internet Starlink untuk paket lokasi tetap:

Prioritas-40 GB: Rp 1.100.000 per bulan

Prioritas-1 TB: Rp 3.025.000 per bulan

Prioritas-2 TB: Rp 6.116.000 per bulan

Prioritas 6 TB: Rp 12.320.000 per bulan

Perangkat keras standar: Rp. 7.800.000.

Sekadar informasi, tambahan kuota prioritas per GB tersedia setelah kuota standar atau kuota prioritas unlimited habis.

5. Harga Internet Starlink Untuk Paket Mobilitas Darat

Paket layanan internet bisnis bertajuk Land Mobility cocok untuk bisnis maritim, tanggap darurat, dan bisnis mobile. Fitur utama layanan ini mencakup semua fitur layanan seluler global, penggunaan perjalanan dan kapal pesiar, prioritas jaringan, dan dukungan prioritas.

Harga berlangganan paket ini sudah termasuk:

Prioritas Seluler: 50 GB: Rp 4.345.000 per bulan

Kemudian ada paket -1TB: Rp 17.160.000 per bulan

Hingga ke ukuran paling besar -5TB: Rp 86.130.000 per bulan

Perangkat keras datar berkinerja tinggi: Rp. 43.721.590.

6. Harga Internet Paket Maritim Starlink

Paket Maritim memiliki fitur-fitur inti termasuk semua fitur layanan seluler global, penggunaan perjalanan dan navigasi, prioritas jaringan dan dukungan prioritas. Cocok untuk layanan maritim, tanggap darurat atau bisnis non stasioner, paket ini dibanderol dengan harga:

Prioritas Seluler: 50 GB: Rp 4.345.000 per bulan

Kapasitas tambahan-1 TB: Rp 17.160.000 per bulan

Dan untuk ukuran Maxnya -5TB: Rp 86.130.000 per bulan

Perangkat keras datar berkinerja tinggi: Rp. 43.721.590.

Cara Berlangganan Starlink Internet Indonesia

Masyarakat yang berminat menggunakan layanan Internet ini dapat melakukan pemesanan melalui situs resminya. Berikut cara berlangganan paket Internet Starlink:

  • Buka situs https://www.starlink.com/id
  • Gulir halaman ke bawah dan isi kolom “Alamat Layanan”, misalnya dengan “Indonesia”.
  • Klik “Pesan Sekarang” dan halaman akan menampilkan ketersediaan Starlink pada wilayah yang anda tujukan sebelumnya.
  • Isi informasi kontak dan alamat yang ingin anda tujukan dengan jelas, lalu kemudian pilih “Perbarui Alamat Pengiriman”
  • Halaman situs akan berisi biaya layanan bulanan dan harga perangkat keras yang dipilih oleh pengguna.
  • Situs tersebut juga akan menampilkan biaya pengiriman dan penanganan sebesar Rp 345.000.
  • Kemudian pilih “Pesan”.
  • Pemesanan hanya dapat dilakukan menggunakan kartu kredit atau debit Mastercard atau Visa.
  • Perkiraan waktu pengiriman saat ini adalah 1-2 minggu. Khusus untuk “Starlink for Home”, paket yang disertakan sudah termasuk router Wi-Fi, kabel Starlink sepanjang 15 meter, kabel power dan base station untuk menghubungkan perangkat.

Pengguna dapat melakukan instalasi secara mandiri tanpa teknisi dengan mengikuti panduan yang tersedia di aplikasi Starlink. Pada 30 hari pertama pengguna akan diberikan kemudahan atau akses uji coba gratis yang mana jika pengguna tidak puas dapat meminta pengembalian penuh atas biaya yang sudah dikeluarkan untuk pembelian perangkat keras, dan beban tagihan bulanan akan dikeluarkan setelah melewati masa 30 hari ini.

Itulah informasi harga paket Internet Starlink dan cara berlangganannya. Apakah Anda tertarik menjadi pelanggan Starlink?