April 15, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

5 Produk Gagal dari Produsen Teknologi yang Sudah Dilupakan Publik

itechnobuzz.com – Inovasi teknologi terus terjadi setiap saat. Berbagai produk canggih seperti smartphone, kamera digital, dan televisi ultra tipis bisa kita nikmati. Ini adalah hasil inovasi selama puluhan tahun yang terakumulasi menjadi satu produk jadi.

Tidak jarang para inovator mencoba hal-hal yang awalnya terasa aneh dan janggal untuk menyiasati apa yang ada saat ini. Banyak yang berhasil, namun banyak pula yang gagal. Akibatnya, inovasi-inovasi tersebut banyak yang kemudian terlupakan oleh masyarakat.

Produk Gagal yang Tidak Diterima Publik dan Jadi Teknologi Terlupakan

Diyakini Gagal, 8 Produk Teknologi Berikut Ini Justru Sukses di Pasar

Dibawah ini adalah beberapa produk yang gagal dipasaran walaupun awalnya sangat ramai, namun entah kenapa terlupakan oleh masyarakat:

1. Google Glass

Para qué podemos usar las Google Glass | Computer Hoy

Disaat dunia sedang heboh dengan kecanggihan Apple Vision Pro, ternyata Google juga pernah mencoba hal serupa di masa lalu. Melalui kacamata yang mampu melihat augmented reality, Google mencoba memperkenalkan sebuah teknologi yang dianggap canggih saat itu, sayangnya banyak yang mengira itu adalah gadget murahan dan terlupakan.

2. Windows 8

Windows 8 - Wikipedia

Popularitas Windows 10 saat ini bukannya tanpa pengorbanan dari pihak Microsoft. Sebelum sistem operasi ini hadir, mereka merilis Windows 8 yang memiliki desain yang sangat berbeda dari Windows kebanyakan. Lebih ditujukan untuk perangkat layar sentuh, ini dianggap sebagai produk Windows yang gagal setelah Vista.

3. Teknologi Microsoft Zune

The Microsoft Zune. Reflection point: Assumptions and… | by Timothy Boros |  Medium

Apple meluncurkan iPod dan sukses besar di pasar. Microsoft juga memiliki tujuan yang sama dengan meluncurkan produknya sendiri bernama Zune. Hanya saja, alih-alih bertahan hingga saat ini, Zune justru tak lagi populer dan menjadi salah satu produk terbengkalai Microsoft.

4. Google Stadia

Google's Stadia looks like an early beta of the future of gaming - The Verge

Cloud gaming masih belum terlalu populer di kalangan gamer. Google sendiri mencoba peruntungan di sektor ini dengan meluncurkan Stadia. Namun seperti yang kita ketahui bersama, Google menutup divisi gaming tersebut 4 tahun setelah layanan cloud gaming tersebut diluncurkan.

5. HD-DVD

Pada tahun 2000-an, persaingan dalam media optik adalah masa ketika cakram HD-DVD dan Blu-Ray saling bersaing. Kontes ini dimenangkan oleh Blu-Ray dan pesaing ini berhenti memasarkan produk lainnya pada tahun 2008, 2 tahun setelah produk tersebut mulai dijual di pasaran. Alasan mengapa banyak orang berpihak pada Blu-Ray adalah salah satu alasan mengapa Sony mengadopsi disk Blu-Ray di konsol PS3-nya dan masyarakat lebih memilih untuk membeli PS3, dan hal ini berlanjut hingga saat ini.

Oleh karena itu, ini adalah teknologi gagal yang telah dilupakan oleh masyarakat. Apakah Anda masih mengetahui produk-produk yang disebutkan di atas?