July 19, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Apa Perbedaan Antara Mouse Gaming Dan Mouse Biasa?

itechnobuzz.com – Mouse gaming adalah perangkat penting bagi pengguna PC. Karena hampir setiap masukan di komputer memerlukan mouse, alat kecil ini selalu tersedia.

Jika Anda seorang gamer pasti memiliki mouse gaming yang harganya tidak murah. Tapi, bagi yang belum tahu, kenapa perlu mouse gaming untuk bermain? Tidak bisakah kita bermain dengan mouse biasa? Apakah ini semua hanya gimmick pemasaran?

Jawaban singkatnya adalah tidak.  memiliki banyak keunggulan dibandingkan kebanyakan mouse tradisional. Apa yang kamu lakukan, saudara? Mari kita bahas satu per satu.

Perbedaan Mouse Gaming Dan Mouse Biasa

Setidaknya ada beberapa perbedaan utama yang membedakan sebuah mouse untuk disebut sebagai  atau bukan. Terlepas dari merek mana yang menawarkannya, jika kriteria berikut ini ada pada sebuah mouse, bisa dipastikan itu adalah mouse gaming.

1. DPI yang lebih tinggi dan dapat Disesuaikan

What is a DPI Mouse? (Everything you need to Know) - How to Type Anything

Kebanyakan Mouse normal memiliki DPI (titik per inci) yang rendah, berkisar antara 200 hingga 600 DPI saja. Sedangkan mouse gaming, terutama yang high-end, memiliki angka DPI yang sangat tinggi, mencapai 20.000 atau lebih. Semakin tinggi DPI, maka mouse akan semakin sensitif terhadap gerakan. Jadi jika Anda membutuhkan sesuatu yang spesifik, carilah mouse dengan nilai DPI yang tinggi.

2. Tombol tambahan yang dapat diatur

Ketahui 7 Perbedaan Mouse Macro dan Biasa Sebelum Membelinya! | News+ on  RCTI+

Mouse desktop biasanya hanya memiliki 3 tombol. Dua tombol dari kiri ke kanan dan satu tombol tengah pada roda gulir. Sedangkan umumnya memiliki lebih banyak. Setidaknya dalam banyak kasus, mouse gaming memiliki setidaknya 5 tombol; dua tombol di sisi kiri mouse dan beberapa memiliki hingga 12 tombol atau lebih. Selain itu, semua tombol pada biasanya dapat dipetakan ulang ke fungsi lain saat bermain game.

3. Sensor yang lebih baik

Core Sensor

Jika Anda memainkan game FPS yang membutuhkan tingkat presisi yang sangat presisi, maka mouse gaming adalah pilihan yang tepat. Jika Anda teliti dan membaca reviewnya terlebih dahulu, biasanya mereka akan memberi tahu Anda bahwa sensor mouse juga banyak berpengaruh dalam hal pergerakan. Sensor yang baik dapat melacak dan merekam segala arah pergerakan secara akurat.

4. Desain Mouse Feet yang Lebih Diperhatikan

Logitech G305 Lightspeed Wireless Gaming Mouse 2.4Ghz/BT EWR2 Black | بسعر  الجملة | تريدلنغ

Tidak hanya DPI yang tinggi dan sensor yang baik, tingkat kenyamanan dalam menggunakan mouse gaming pun semakin meningkat dengan pemilihan kaki mouse yang baik. Biasanya jika ingin merogoh kocek lebih dalam, Anda bisa membeli Feet Mouse licin yang terbuat dari bahan PTFE atau bahkan kaca. Tingkat gesekan yang jauh lebih rendah membuat mouse lebih mulus saat digunakan.

Kesimpulan

Nah, kalau sudah paham apa yang membedakan kedua jenis mouse ini, pasti Anda akan berkata pada diri sendiri: kalau iya, lebih baik dibawa kemana-mana dengan mouse gaming, bukan? Kenyataannya hipotesis ini tidak sepenuhnya benar.

Beberapa orang lebih memilih mouse non-game karena alasan ergonomis atau karena alasan tertentu tidak dapat menggunakan. Ada yang mengalami kesemutan di tangan dan harus menggunakan mouse vertikal, misalnya.

Kalau iya, mousenya pakai apa gan? Apakah penting untuk memiliki  khusus di meja Anda atau bolehkah menggunakan mouse kantor biasa? Coba cerita sedikit, oke?