March 3, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Spesifikasi Apple Vision Pro yang Dibanderol Rp 55 Juta

itechnobuzz.com – Apple baru saja meluncurkan Vision Pro, sebuah teknologi komputer spasial berupa headset mixed reality. Harga teknologi ini mulai dari $3.500 atau setara dengan Rp55 jutaan.

Menurut CEO Apple Tim Cook, harga yang dipatok tersebut sejalan dengan fitur-fitur yang ditawarkan Vision Pro, yang dianggap sebagai teknologi masa depan saat ini.

“Ini adalah teknologi masa depan, itulah yang saya pikirkan. Kami memiliki 5.000 paten untuk produk ini. kata Tim Cook dalam program Good Morning America yang dikutip 9to5mac, Minggu (4/2/2024).

Dilaporkan pada Senin (2/5) di situs resmi Apple, Vision Pro merupakan teknologi yang mengubah cara orang terhubung, bekerja, berkolaborasi, dan bermain. Perangkat ini menggabungkan konten dari dunia digital dengan dunia nyata dalam visionOS.

Perangkat ini juga hadir dalam bentuk kacamata ski yang hadir dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang membantu pengguna untuk mendapatkan pengalaman baru di dunia luar angkasa.

Vision Pro adalah perangkat yang dilengkapi aspek augmented reality (AR) yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat menggunakan mata, tangan, dan suara. Perangkat ini memiliki berat sekitar 600-650g.

Melalui perangkat ini, Apple memberikan akses ke lebih dari satu juta aplikasi dan 600.000 pengalaman baru yang terdapat dalam aplikasi dan game yang dirancang khusus di Apple Vision Pro.

Spesifikasi Apple Vision Pro

Apple Vision Pro menggunakan sistem tampilan 23 juta piksel yang menggunakan teknologi Micro-OLED dengan ukuran piksel 7,5 mikron.

Perangkat ini juga dilengkapi layar 3D dan mendukung kecepatan refresh 90Hz, 96Hz, dan 100Hz untuk meningkatkan pengalaman menonton.

Selain itu, Vision Pro juga mendukung pencerminan AirPlay hingga 720 konten untuk memberikan kesempatan kepada pengguna untuk berbagi pengalaman.

Vision Pro juga hadir dengan fitur aksesibilitas yang dapat membantu penyandang disabilitas mendapatkan hasil maksimal dari perangkat ini.

Dengan dukungan terintegrasi untuk penglihatan, pendengaran, mobilitas dan pembelajaran. Fitur-fitur ini mencakup voice over, zoom, filter warna,

dukungan headphone, teks tertulis, kontrol sakelar, kontrol tidur, kontrol suara, kontrol penunjuk,

dukungan headphone dua arah Made for iPhone, dan dukungan pengontrol Made for Switch.

Pengguna juga dapat menikmati hiburan di berbagai platform, termasuk Disney+, Warner Bros, dan Discovery’s Max.

Selain itu, ada juga Apple TV yang menawarkan audio spasial.

Audio  Vision Pro dilengkapi dengan audio spasial dengan pelacakan kepala dinamis, audio spasial khusus,

dan audio ray-traced yang bertujuan untuk memberikan pengalaman mendengarkan yang imersif.

Rangkaian enam mikrofon dengan beamforming terarah memastikan komunikasi yang jelas.

Perangkat ini mendukung berbagai format audio dan video, termasuk Dolby Atmos, HEVC, MV-HEVC, H.264, dan HDR.

Baterai

Apple Vision Pro hadir dengan baterai yang mampu bertahan hingga 2 jam dalam penggunaan penuh dan 2,5 jam untuk menonton video. Meskipun demikian, Apple Vision Pro memiliki kemampuan untuk menggunakan perangkat saat mengisi daya, memastikan penggunaan terus menerus.

Dari segi konektivitas, perangkat ini hadir dengan Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.3. Vision Pro mengutamakan transfer data dan konektivitas berkecepatan tinggi.

Vision Pro menawarkan tiga kapasitas berbeda, mulai dari 256 GB, 512 GB, dan hingga 1 TB, dengan harga berbeda untuk setiap kapasitas.

Dengan segudang fitur dan spesifikasi detail,  Vision Pro menawarkan kemudahan bekerja dan terhubung melalui mixed reality yang menggabungkan augmented reality (AR) dan virtual reality (VR), terutama di bidang hiburan dan tugas.