February 26, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

AW 500 N dan 500 R, Pendatang Baru Pakai Mesin Mirip Honda

itechnobuzz.com – AW 500 N dan 500 R, Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan China tersebut telah memantapkan dirinya sebagai pusat produksi sepeda motor yang menjanjikan. Banyak merek baru bermunculan dari negeri kerai bambu. Beberapa bahkan bermitra dengan berbagai pabrikan Eropa untuk membantu mereka meningkatkan produksi dan keberadaan pasar mereka. Salah satunya adalah AW, brand baru yang bisa disebut mancanegara meski dari negara asalnya.

AW memulai debutnya di China Trade Fair pada tahun 2021. Ini menunjukkan model pertamanya, AW 500 R. Kemudian, pada Juli 2023, menunjukkan AW 500 N dan mulai dijual di negara asalnya. Produsen sepeda motor AW dikaitkan dengan grup industri Hangzhou Weite.

Ya, setelah dua tahun kemunculannya, AW kembali hadir dengan model barunya AW 500 N. Blok baru tersebut merupakan varian dari AW 500 R. Bentuknya memang tidak seutuhnya fairing melainkan menggunakan konsep neoklasik. Terlihat jelas di dasbor dengan lampu depannya yang bundar, semi-fairing, dan roda berjeruji. Tentunya versi ini identik dengan MV Agusta Superveloce, Triumph Speed ​​​​Triple 1200 RR atau Honda Hawk 11, namun tenaganya lebih kecil.

Spesifikasi AW 500 N dan 500 R

AW 500 N dan 500 R memiliki mesin dan komponen yang sama, satu-satunya perbedaan adalah gaya. Seperti banyak pabrikan sepeda motor Cina lainnya, AW menggunakan mesin kembar segaris berpendingin air dari Loncin. Baik dalam bentuk 471cc maupun 494cc, jelas arsitektur yang digunakan mirip dengan mesin 500 parallel-twin milik Honda.

Dalam hal performa, AW awal mengklaim 45hp hingga 48hp untuk seri 500. Kecepatan tertinggi 170 dan 180km/jam. Menempatkan Anda setara dengan pemain lain di ruang level awal. Dengan berat 186kg, motor ini cukup ringan dan mudah dikendarai, serta dapat diakses oleh lebih banyak pengendara. Informasi pasti tentang isi tangki belum tersedia.

AW selalu mengandalkan aluminium yang dibentuk dengan baik untuk rangkanya. Dimulai dengan filigree fork bridge, rangka bridge di bagian belakang yang dibaut dan swingarm roda belakang dua lengan. Ukuran ban sesuai standar kelasnya, 120/70-17 depan dan 160/60-17 belakang. Jarak sumbu roda 1375mm berkontribusi pada kemampuan manuver.

Menariknya, AW melengkapi motor seri 500 N dan 500 R dengan basis yang cukup premium. Garpu depan, misalnya, bisa disetel dengan batang terbalik. Bagian belakang menggunakan monoshock dengan penyetelan rebound. Kecepatan berhenti, sementara itu, bergantung pada rem cakram ganda dengan kaliper depan empat piston yang dipasang secara radial. Dan sistem pembuangannya mengadopsi 2 in 1 carbon tipped.

Untuk sektor teknologi, model AW baru mengikuti tren sepeda motor terkini. Mereka memiliki layar warna besar yang kemungkinan berkemampuan Bluetooth.

Soal harga dan ketersediaan, AW 500 R yang pertama kali muncul dibandrol dengan harga 31.800 Yuan China atau kurang lebih setara Rp 66 jutaan. Meskipun tidak ada harga untuk AW 500 N yang telah diumumkan, seharusnya serupa dengan AW 500 R. Dan perusahaan belum mengumumkan rencana ekspor untuk AW saat ini.