December 7, 2023

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Apple Kembangkan Chatbot AI Pesaing ChatGPT, Namanya Ajax

itechnobuzz.com – Ajax Apple adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Perusahaan ini dikenal dengan berbagai inovasi produknya yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Beberapa produknya yang sukses di pasaran adalah iPhone, MacBook, Apple Watch, iPad, Apple iMac dan banyak produk lainnya.

Seiring berjalannya waktu, perusahaan teknologi Apple pun semakin berkembang dengan berbagai teknologi yang bermunculan yang saat ini sedang digunakan oleh masyarakat. Salah satu produk yang sedang dikembangkan Apple saat ini adalah kecerdasan buatan generatif.

Apple Mengembangkan Produk Generative Artificial Inttelligece Ajax

Apple saat ini sedang mengembangkan AI generatif menggunakan kerangka bahasa pemodelannya sendiri yang disebut ‘Ajax’. telah menggunakan Ajax untuk mempercepat penelitian pembelajaran mesin yang sangat dibutuhkan. Selain itu, Ajax digunakan untuk membuat model bahasa besar atau LLM dan untuk membangun dan menguji AI generatif Apple yang disebut “Apple GPT”.

Menurut laporan Bloomberg, proyek Kecerdasan Buatan melibatkan beberapa tim. Tim tersebut dipimpin oleh John Giannandrea, kepala pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan, dan Craig Federighi, manajer senior rekayasa perangkat lunak Apple. Menurut laporan yang sama, pengembangan produk ini dilakukan karena kekhawatiran perusahaan akan kehilangan potensi perubahan signifikan pada cara kerja perangkat.

Selanjutnya, produk ini akan menghasilkan teks, foto, video, serta meringkas dan menjawab pertanyaan sesuai petunjuk dan petunjuk yang telah ditentukan. Selain itu, produk ini akan digunakan secara internal untuk pembuatan prototipe. Intinya, produk yang sedang dikembangkan sebenarnya adalah replika dari produk AI generatif lainnya seperti ChatGPT OpenAI, Bard, dan Bing AI.

Meski begitu, Apple sendiri belum menentukan strategi yang akan digunakannya untuk menghadirkan produk ini ke konsumen. Namun, Apple berencana untuk mengumumkan informasi terkait perkembangan Artificial Intelligence yang akan terjadi pada tahun 2024 mendatang. Kehadiran informasi tersebut tentunya membuat masyarakat semakin bersemangat untuk mengembangkan produk baru yang akan diperkenalkan oleh perusahaan ini.

Dari munculnya informasi ini, Apple GPT diharapkan dapat mengubah dan meningkatkan persaingan di antara produk AI generatif lainnya seperti ChatGPT OpenAI, Bard dan Bing AI. Buktinya adalah saham Apple yang naik 2,3% sejak berita ini tersiar. Sementara itu, Microsoft Corp, mitra dan sponsor utama OpenAI, melihat harga sahamnya turun sebanyak 1%.

Produk Apple yang Telah Berkolaborasi dengan Artificial Intelligence

Meski terlihat berada di belakang perusahaan teknologi lain, Apple perlahan berinovasi untuk membuat produknya ditenagai oleh kecerdasan buatan. Dari alat SMS, Foto Apple, mesin pencari, dan penampil campuran Vision Pro yang baru diluncurkan.

Meski begitu, masih banyak orang yang percaya bahwa perubahan ini tidak bisa datang ke Apple dalam penggunaan kecerdasan buatan. Hal ini ditunjukkan oleh produk kecerdasan buatan utama Apple, Siri, yang mengalami stagnasi dalam beberapa tahun terakhir. Namun, CEO Apple tersebut mengatakan bahwa teknologi kecerdasan buatan telah dikaitkan dengan berbagai produk buatan Apple.

Alasan Apple Berhati-Hati Menggunakan Artificial Intelligence Pada Produknya

Dalam sebuah wawancara, Tim Cook selaku CEO Apple mengungkapkan bahwa AI merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Ia prihatin dengan maraknya layanan kecerdasan buatan yang kini merajalela di pasaran dan banyak digunakan masyarakat.

Menurut Cook, penggunaan kecerdasan buatan memerlukan pertimbangan yang cermat demi keamanan dan kenyamanan konsumen. Drinya juga mengatakan Apple memiliki potensi besar dalam penggunaan AI, namun masih ada sejumlah masalah yang harus diselesaikan sebelum AI digunakan secara luas oleh perusahaan Apple.