February 23, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Review MacBook Air M1: Ringan, Kuat, Dan Tahan Lama

itechnobuzz.com – Chip M1 adalah peningkatan paling menonjol dalam ingatan orang. Desain MacBook Air M1 tidak jauh berbeda dari MacBook sebelumnya, tetapi chip baru ini sudah habis di pasaran.

Jika Anda ingin tahu tentang MacBook Air M1, lihat ulasan kami di sini!

Desain Ultra Modern

Meskipun desain MacBook Air M1 tidak terlalu berbeda dengan pendahulunya, bukan berarti tidak banyak yang memujinya.

Bodi MacBook Air M1 memiliki desain minimalis berbahan aluminium. Semua port dan colokan mirip dengan pendahulunya. Jadi, jika Anda menyukai desain minimalis MacBook Anda, Anda akan menyukai MacBook Air M1.

Selain desain minimalis, MacBook Air M1 hadir dalam warna baru: Space Grey, Silver, dan Gold. Pasalnya, warna-warna yang dipilih Apple tak hanya minim, tapi juga terlihat elegan dan berkelas.

MacBook Air M1 2020 memiliki lapisan sandblasting, termasuk penutupnya, yang memberikan tampilan unik. Namun, logo Apple mungkin memiliki tekstur akhir yang berbeda karena logo tersebut menggunakan lapisan krom.

Jika Anda seseorang yang suka melihat logo Apple “hidup” saat Anda menyalakan laptop, laptop ini mungkin bukan untuk Anda. Karena MacBook Air M1 2020 tidak memiliki fitur ini.

Namun jangan khawatir, hilangnya logo yang menyala tidak mengurangi kesan minimalis dan elegan laptop ini. Laptop ini tetap terlihat keren dan kokoh berkat bezel yang cukup tebal. Keyboardnya juga terlihat modern dengan gaya chiclet yang memberikan jarak antar tombol yang cukup jauh.

Secara keseluruhan, desain MacBook AirM1 2020 cukup keren. Tidak banyak perubahan, namun Apple mampu menciptakan desain elegan yang konsisten dan menyenangkan pengguna.

Performa Ciamik Chip M1

Dari semua perubahan yang dilakukan Apple, chip prosesor M1 adalah yang paling mengejutkan yang membuat semua orang bersemangat. Pasalnya, performa M1 sangat efisien dan melebihi ekspektasi banyak orang.

Yang membuat chip M1 unik adalah memiliki komponen yang berbeda. M1 ditenagai oleh 3.2GHz quad-core Firestorm, 2.06GHz quad-core Icestorm dan dilengkapi dengan 8GB LPDDR4x 4266Mhz.

M1 dilengkapi dengan quad-core lain untuk melakukan berbagai tugas secara efisien dan cepat. Firestorm diinstal khusus untuk tugas-tugas berat (mis. Rendering) sedangkan icestorm digunakan untuk aplikasi ringan.

hasil? Anda bisa mendapatkan kinerja yang luar biasa. Anda pasti akan melihat perbedaannya, terutama jika Anda memutakhirkan dari prosesor lama. Apa yang biasanya membutuhkan waktu berjam-jam untuk dirender sekarang dapat dilakukan dalam hitungan menit dengan M1.

Tentunya MacBook Air M1 juga memiliki beberapa kekurangan. Pengguna Air M1 tidak dapat memutakhirkan RAM karena RAM terintegrasi dengan prosesor M1 itu sendiri. Hal yang sama berlaku untuk SSD. Bahkan jika Anda mendapatkan SSD 256GB, Anda tidak dapat menukarnya karena sudah menjadi satu dengan M1.

Namun, kekurangan ini merupakan kekurangan kecil yang tidak mengurangi penggunaan Air M1 2020. Jika Anda tidak memiliki masalah dengan SSD dan RAM, jangan ragu untuk membeli laptop ini.

Layar dan Audio

MacBook Air M1 2020 dilengkapi dengan layar khusus. Meski hanya berukuran 13,3 inci, layar Air M1 2020 memiliki banyak fitur untuk digunakan beraktivitas.

Pertama, layar Air M1 2020 terdiri dari layar LCD Retina dengan LED (Light Emitting Diodes) yang menampilkan gamut warna P3. Hasilnya adalah layar imersif, warna cerah dan pekat yang membantu Anda melakukan berbagai tugas terkait media, seperti rendering atau streaming.

Selain itu, layar Air M1 2020 memiliki fitur True Tone yang dapat mengatur warna layar sesuai dengan suhu di sekitar kita, sehingga kita dapat melihat layar dengan nyaman.

Selain layar yang bagus, Air M1 2020 memiliki suara yang bagus. Air M1 2020 sudah dilengkapi dengan dua speaker yang mendukung Dolby Atmos. Dengan Dolby Atmos, Anda mendapatkan suara yang jernih, keras, dan bervolume. Sehingga Anda dapat menggunakan speaker tersebut untuk beraktivitas tanpa menggunakan headset.

Anda juga dapat mendengarkan musik menggunakan speaker. Tapi jangan berharap lebih karena tidak membuat semua instrumen musik tajam. Anda dapat mendengar instrumen dan bas, tetapi mungkin tidak setajam speaker khusus musik.