February 26, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Hyundai Santa Fe 2024 Berubah Total, Tampilan Gagah Serba Boxy

itechnobuzz.com – Hyundai Santa Fe generasi terbaru telah resmi diperkenalkan. Dibandingkan model sebelumnya yang terakhir disegarkan pabrikan pada 2018, tampilannya berubah drastis.

Hyundai telah meninggalkan bahasa desain elegan dan modern yang telah mendarah daging selama beberapa waktu. Kini, Santa Fe 2024 lahir dengan tampilan boxy mirip SUV Land Rover Discovery dan Defender.

Eksterior Dirombak Total

Hampir setiap bidang telah berubah. Bagian depan menampilkan identitas kontemporer baru seperti lampu depan LED empat titik yang sekilas menyerupai siluet huruf ‘H’. Hal yang menarik dari grilnya adalah masih belum diketahui apakah akan menggunakan list chrome atau membalut LED horizontal. Namun, desain fascia cukup menarik.

Sebaliknya jika dilihat dari samping terlihat dimensinya yang jauh lebih panjang. Seperti SUV, Santa Fe 2024 juga memiliki roof rail dan sunroof. Overfender depan dan belakang dibangun dengan kelongsong hitam untuk menciptakan kesan lapang. Desain ramping semakin ditingkatkan dengan pelek berukuran 21 inci. Border visual yang digunakan juga terlihat dinamis dengan perpaduan dua warna (two-tone) hitam dan silver.

Mundur ke buritan, desain boks semakin dipertegas. Kesan boxy mengalir hingga ke stop lamp yang letaknya rendah sehingga emblem Santa Fe bisa ditempatkan. Lampu belakang menampilkan teknologi LED yang menampilkan siluet ‘H’ yang tidak salah lagi.

Interior Makin Mewah

Memasuki interiornya, Hyundai Santa Fe 2024 mencoba memberikan unsur kemewahan. Hal tersebut bisa dikatakan telah ditingkatkan dengan menerapkan berbagai teknologi canggih seperti layar melengkung panorama dan pengisian nirkabel ganda.

Layar melengkung menghubungkan cluster digital 12,3 inci dan panel hiburan untuk meningkatkan visibilitas dan kenyamanan pengemudi. Jok dan atap berwarna cerah juga memberikan kesan lapang pada SUV ini. Dengan pemilihan aksen kayu, area dashboard pun dilabur agar lebih mewah.

Selain itu, dekorasi interiornya dibordir dengan bahan nappa yang padat sehingga menambah kesan mewah. Yang kurang menarik adalah beberapa komponen interior Santa Fe terbaru ini mengandung berbagai bahan daur ulang. Misalnya atap suede, karpet dasar, bahkan sandaran kursi baris kedua dan ketiga. Selain itu, penutup doortrim juga terbuat dari bahan kulit buatan sehingga dikatakan ramah lingkungan.

Hyundai Motor menjelaskan bahwa ide desain interior dan eksterior Santa Fe terinspirasi dari ‘cahaya alami’. Hyundai ingin menonjolkan gaya baru yang khas dan memberikan visibilitas untuk kehidupan sehari-hari dan petualangan di kota dan luar ruangan.

Bocoran Spesifikasi Mesin

Mengenai alat pacu jantung, sayangnya belum ada pengumuman dari pabrikan. Namun, melihat visual yang dihadirkan oleh Hyundai Motor Company, kemungkinan besar akan dipasang mesin 2.5L turbocharged dan sistem penggerak empat roda HTRAC milik Hyundai Motor Company. Mesin tersebut diyakini mampu menghasilkan tenaga hingga 277hp dan torsi 421Nm.

Juga akan ada pilihan mesin bensin 2.5L naturally aspirated, 1.6L T-GDi empat silinder hybrid dan 1.6L plug-in hybrid (PHEV), menurut bocorannya. Spesifikasi, harga, dan fitur resmi akan diumumkan oleh Hyundai saat kendaraan tersebut debut pada Agustus 2023.