September 29, 2023

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Data Dukcapil Bocor, 337 Juta Data Berisikan NIK dan No. KK Diduga Tersebar

itechnobuzz.com – Setelah sekian lama, belum ada kabar kebocoran data dalam negeri tersebut. Beberapa hari lalu dikabarkan data Dukcapil bocor pada Sabtu (15/7) dan diduga tidak kurang dari 337 juta titik data bocor.

Data milik Home Office tentunya berisi data-data krusial berupa NIK, No KK dan berbagai data privasi lainnya. Mirip dengan kasus bocoran sebelumnya, data penduduk Indonesia dijual di situs Darkweb.

Data Dukcapil Bocor, Sejumlah 337 Juta Data Tersebar

Kebocoran data di darkweb

Melalui cuitan Teguh Aprianto, pendiri Ethical Hacker Indonesia, menyebutkan bahwa data berisi NIK, No KK, tanggal lahir, alamat, nama bapak, nama ibu, NIK bapak, NIK ibu, akte kelahiran/nikah, dll. . berjumlah 337 juta data.

Data Dukcapil tersebut dijual di situs Darkweb oleh seorang pengguna bernama RRR. Data 337 juta tersebut dapat diasumsikan sebagai kumpulan data yang mencakup mereka yang telah meninggal dunia.

Darkweb menjadi tempat jual-beli data yang bocor

Dirut Dukcapil Teguh Setyabudi mengklarifikasi kebocoran data tersebut. Ia mengatakan data Breachforums tidak sama dengan data Dukcapil.

Sebelum Data , Data Paspor Indonesia Juga Bocor

Maraknya terjadi, data bocor di Indonesia

Data nasional sering bocor. Beberapa waktu lalu, data paspor Indonesia juga bocor sebanyak 34 juta data. Berbagai pihak mulai dari netizen hingga tokoh ternama seperti Teguh Aprianto mengecam kejadian tersebut.

Padahal yang dibocorkan adalah data publik dan yang dibocorkan adalah masyarakat. Bahkan rekomendasi pun tidak diberikan.

Teguh Aprianto, pendiri Ethical Hacker Indonesia

Tentunya banyak juga netizen yang menyambangi kicauan Teguh dan memberikan kritik pedas. Ada juga yang menyarankan untuk tidak menggunakan nama ibu kandung sebagai verifikasi bank.

Apa pendapat Anda tentang kebocoran data ini?