April 15, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme Mampu Tundukkan Intel Core i9-9900K

itechnobuzz.com – Tentu Anda masih ingat betul dengan prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme yang terintegrasi ke dalam ROG Ally. Namun, siapa sangka prosesor yang dirancang khusus untuk platform seluler dapat dengan mudah mengalahkan Intel Core i9-9900K?

AMD Ryzen Z1 Extreme vs Intel Core i9-9900K

Kemampuan komputasi prosesor mobile yang tidak kalah dari desktop

Prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme dirancang khusus untuk menemani keberadaan handheld baru Asus, yakni ROG Ally. Dimana perangkat ini bertujuan agar performa dan daya tahannya tidak kalah dengan kompetitornya, termasuk Steam Deck.

Ryzen Z1 Extreme hanya tersedia untuk platform seluler. Konsumsi daya hanya sekitar 15W. Namun, siapa sangka kekuatan prosesor Red Stronghold bisa mengalahkan Intel Core i9-9900K dengan begitu mudah?

Kemampuan laten dari prosesor mobile

Dengan dirilisnya Wccftech, kemampuan prosesor ROG Ally jauh melebihi ekspektasi. Menurut hasil Cinebench R23, prosesor mobile tersebut mampu mengalahkan prosesor bintang medan biru pada masanya, meski selisihnya sangat kecil.

Meskipun perbedaan antara keduanya minimal, perlu dicatat bahwa prosesor Z1 Extreme hanya membutuhkan 15W, sedangkan Intel Core i9-9900K membutuhkan daya sekitar 95W, tidak termasuk komponen lainnya.

Lompatan Generasi yang Nyata

Dapat kita simpulkan bahwa gap generasi di dunia tekno memang ada, dan itu bukan hanya gadget. Bisa dibayangkan bagaimana prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme yang mengiringi keberadaan ROG Ally bahkan tidak kalah dengan prosesor desktop dengan selisih daya 80W?

Yang menarik bukan hanya konsumsi dayanya saja, namun jika kita bandingkan prosesor-prosesor AMD tersebut via Passmark, kemampuan prosesor Kubu Merah ini bahkan bisa menyaingi saham Intel Core i9-11900K.

Adu mekanik antara prosesor mobile dengan desktop

Tentunya hal di atas dapat menjadi gambaran realita lompatan generasi prosesor yang dirilis satu atau dua tahun lalu dengan rilis hari ini. Selain lebih kuat, efisiensi energinya juga bukan isapan jempol belaka.