February 23, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Ducati Recall Panigale V2s Karena Masalah Lampu Depan Dan Instrument Cluster

itechnobuzz.com – Ducati Recall Panigale V2s Amerika Utara telah memulai penarikan keselamatan pada semua Panigale V2 2020-2023 karena bug perangkat lunak. Ada kerusakan di area pencahayaan dan di kluster instrumen. Sekitar 3.315 unit atau sekitar lima persen dari populasi yang ada terkena dampaknya.

Rideapart menyatakan bahwa unit yang terpengaruh diproduksi antara 4 Desember 2019 dan 23 Mei 2023. Nomor identifikasi kendaraan atau VIN yang terpengaruh berkisar dari ZDMHAATW0LB000230 hingga ZDMHAATWXPB012777 dan tidak berturut-turut.

Diketahui ada bug pada software yang mengontrol lampu depan otomatis. Saat berkendara di malam hari, ternyata hanya lampu daytime running yang menyala. Sedangkan lampu utama yang seharusnya bisa menyala secara otomatis saat berkendara di malam hari, mati berkali-kali dan dapat membahayakan pengguna jalan.

Masalah ini pertama kali diketahui pada Februari 2023. Saat itu, salah satu pengguna Panigale V2s hanya menyalakan bagian DRL saat mengoperasikan lampu otomatis di malam hari. Masalah ini telah dilaporkan ke US National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Dan memang, keluhan ini sudah ada di banyak pasar di seluruh dunia, termasuk China, Spanyol, Jepang, AS, dan Inggris.

Selain itu, pengguna Ducati mencatat bahwa saat digunakan pada malam hari

Lampu latar panel instrumen terkadang beralih ke mode siang saat disetel ke mode otomatis. Misalnya mode siang dan malam yang seringkali tidak berfungsi. Demikian pula, kecerahan di kluster instrumen tidak konsisten. Hal ini tentunya akan mengganggu pengemudi karena akan terjadi silau pada malam hari.

Setelah menganalisis keluhan tersebut, Ducati melakukan penyelidikan internal dan menemukan kesalahan dalam kalibrasi perangkat lunak fotodioda dasbor. Selain lampu siang hari, fotodioda yang relevan juga mengontrol lampu latar dasbor.

Karena fotodioda tersebut juga mengontrol warna lampu latar dasbor, ini juga berfungsi sebagai peringatan bagi pengendara bahwa situasi ini dapat terjadi pada Panigale V2 mereka.

Untuk mengurangi risiko kecelakaan, Ducati merekomendasikan pengguna untuk mengubah setelan menjadi manual menggunakan shifter yang terletak di stang kiri. Dan pihaknya telah melakukan proses recall sejak Juni dan akan terus berlanjut hingga seluruh unit dapat diperbaiki dengan baik. Ducati nantinya akan memperbarui perangkat lunak sistem lampu otomatis.

Berdasarkan ketentuan penarikan ini, Ducati Amerika Utara akan menginstal revisi perangkat lunak secara gratis pada semua model Panigale V2 2020-2023 yang terkena dampak. Penggantian komponen tidak diperlukan untuk menyelesaikan penarikan ini. Sementara itu, sepeda Ducati Panigale V2 yang diproduksi pada atau setelah 24 Mei 2023 telah menerima perangkat lunak terbaru dan masalah ini seharusnya tidak terjadi.