February 25, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Toyota GR Corolla Bakal Meluncur di GIIAS 2023

itechnobuzz.com – Toyota GR Corolla akan diluncurkan di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2023. Kendaraan ini akan menggoda para pecinta kecepatan di tanah air.

Merek asal Jepang itu pertama kali meluncurkan GR Corolla pada April 2022 untuk AS, sehingga sedan ini masuk ke ASEAN, tepatnya di Thailand pada akhir tahun lalu.

“GIIAS akan memberitahu kami bahwa kami berencana untuk membawa Corolla GR nanti. Itu akan melengkapi jajaran GR nanti,” kata Anton Jimmy, direktur pemasaran PT Toyota Astra Motor saat wawancara di Jakarta.

Menurutnya, kehadiran model terbaru tersebut dipengaruhi oleh banyaknya permintaan setia konsumen Toyota di Indonesia. Namun pencantuman nama model sejarah masih dipertimbangkan.

“GR Corolla dan GR Yaris memiliki produk yang mirip, meski memiliki nama yang berbeda. Karena permintaannya banyak, maka dianggap harus ada juga,” jelasnya kemudian.

Toyota Indonesia juga dikatakan membuktikan bahwa pasar mobil performa cukup besar. Bahkan populasi model Toyota diyakini masih sesuai dengan negara asalnya, yakni Jepang.

Ia sendiri mengatakan bahwa GR Corolla akan hadir di Indonesia dalam jumlah yang sangat terbatas. Ini mirip dengan situasi di Thailand karena tidak banyak unit.

“Setelah belajar, ternyata GR Corolla masih harus kita bawa ke Indonesia. Kami tidak tahu berapa banyak, tapi unitnya sudah dalam perjalanan,” katanya.

Spesifikasi Mesin Toyota GR Corolla

Toyota GR Corolla dipersenjatai dengan mesin 1600cc yang didukung oleh turbocharged intercooled inline 3 silinder. Tenaga kuda tersebut di atas kertas mampu menyemburkan tenaga 301 PS pada 6.500 rpm dan torsi 272.370 Nm pada 3.000 – 5.550 rpm.

Tenaga kendaraan disalurkan melalui girboks manual enam percepatan. Kemudian dia berakhir di keempat rodanya menggunakan sistem GR-FOUR AWD.

Sistem ini didasarkan pada model kopling elektronik multi-cakram. Teknologi tersebut mampu mendistribusikan tenaga ke keempat rodanya dengan cara yang berbeda.

Harga Toyota GR Corolla di Thailand adalah 3,949 juta baht atau setara dengan Rp. 1,7 miliar. Harganya lebih mahal dari GR Yaris yang hanya dibanderol 2,69 juta baht atau Rp 1,29 miliar.