February 26, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

The Crown, R 18 Custom Radikal Untuk Merayakan 100 Tahun BMW Motorrad

itechnobuzz.com – Memperingati hari jadinya yang ke-100, BMW Motorrad menggelar festival tahunan bertajuk “BMW Motorrad Days” di Berlin, Jerman, mulai 7 hingga 9 Juli 2023. Namun tahun ini menjadi sangat istimewa karena pada saat yang sama diluncurkan modifikasi R 18 bertajuk “The Crown”. Bentuknya mewakili masa lalu, sekarang, dan masa depan merek dalam bentuk visual yang realistis.

Mahkota dibuat oleh Dirk Oehlerking dari Kingston Custom, sebuah perusahaan kustomisasi sepeda motor Jerman. Ini bukan karya pertama Dirk. Dia sebelumnya mengerjakan R 18 yang dipesan lebih dahulu yang disebut Spirit of Passion. Karyanya diperlihatkan ke publik pada awal tahun 2021. Mereka menampilkan estetika art deco, desain ramping dan penampilan yang memukau.

Dirk’s Iron Horse kali ini masih menampilkan desain yang elegan dengan champagne platinum dan lapisan mutiara. Itu juga dilengkapi dengan emblem merek BMW yang dihiasi mahkota kecil.

Berbeda dengan pengerjaan Spirit of Passion

Pria asal Jerman ini mengubah struktur dasar R 18 secara signifikan. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan visinya membangun The Crown. Seluruh bodi didesain ulang dari lembaran aluminium setebal 2 mm, termasuk tangki bahan bakar 8 liter. Ia juga merevisi suspensi roda depan dengan lengan ayun ganda dan penyangga pegas tengah.

Kopling dan rem tangan Magura. Fender belakang dan braket menggunakan Wunderkind. Selain itu, joknya dilapisi kulit asli dan didesain agar pas dengan lekukan bodi. Ini adalah fitur unik yang dibuat oleh Dirk. Namun jangan terlalu berharap untuk bisa mengendarainya dalam waktu yang lama. Lalu tidak ada pijakan kaki untuk penumpang.

Selain mesin, komponen asli suspensi roda belakang, lampu depan, panel instrumen, unit sakelar,

dan sistem pijakan kaki telah dipertahankan dari R 18. Untuk memungkinkan mesin 1.800cc bernafas, ada dua manifold knalpot baja tahan karat buatan tangan.

“Mahkota adalah inti dari kreasi saya sebelumnya. Saya mulai dengan BMW R 18 baru, lalu saya melepas semuanya.

Seperti biasa saya bekerja dengan busa dan karton untuk membuat bentuk, garis, dan desain. Tujuannya adalah “kuat, elegan,

dan cepat dipadukan dengan tampilan yang inovatif,” kata Dirk Oehlerking, pendiri Kingston Custom, seperti dikutip dari MCN.

BMW R 18 dikenal sebagai sepeda motor cruiser yang diproduksi oleh BMW Motorrad dan

resmi diluncurkan pada April 2020 dan diluncurkan di Jerman pada September 2020. Namun karena pandemi COVID-19,

peluncuran resmi di dealer BMW tidak dapat dilakukan dan akan disajikan secara virtual di Internet.