June 15, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Resmi Dijual Mulai Rp34 Jutaan, Ini Spesifikasi Dan Fitur TVS Ronin untuk Jegal Yamaha XSR155

itechnobuzz.com – Yamaha XSR155, Memanfaatkan momentum Jakarta Fair Kemayoran (JFK) atau Pekan Raya Jakarta, PT TVS Motor Company Indonesia meluncurkan motor terbaru bergaya retro modern. Diberi nama TVS Ronin, motor ini dijual on the street (OTR) di Jakarta seharga Rp 34,9 juta hingga Rp 38,9 juta.

Banderol harga yang ditawarkan perusahaan tumpang tindih dengan Yamaha XSR155. Pasalnya, Yamaha Indonesia menjual XSR155 mulai Juli dengan harga Rp 37,77 juta OTR Jakarta. Jadi, aset apa yang dimiliki TVS Ronin untuk melawan XSR155?

Desain

Dari segi desain, sektor ini adalah salah satu yang menonjol dari TVS Ronin. Secara keseluruhan, desain Ronin menghasilkan sepeda motor bergaya tracker. Konsep ini juga identik dengan Yamaha XSR155 yang menawarkan gaya tracker retro modern.

Lampu depannya menggunakan model bulat dengan pemanis Daytime Running Light (DRL) menyerupai huruf “T”. Semua pencahayaan, termasuk lampu depan, lampu rem, dan indikator sudah dilengkapi dengan teknologi LED.

Penggunaan suspensi upside-down dengan diameter 41 mm memperlihatkan konstruksi kokoh pada fasad. Ukuran fender depan yang minimalis mempertegas DNA tracker yang diusung motor ini.

Dari samping, tata letak tetap dipertahankan dalam gaya klasik. Tidak banyak garis padat namun tampil dengan kesan sederhana. Komponen pelindung dari knalpot hingga bagian bawah mesin juga menyatu dengan tema motor “custom” yang diusungnya. Komponen crash bar juga tersedia dalam paket standar.

Mundur dan coba gambarkan kembali tema mesin pelacak. Gunakan lampu rem minimalis, cover dan fender yang seolah menyatu dengan komponen rangka.

Spesifikasi mesin

TVS Indonesia menawarkan dua varian. Yang pertama Ronin SS (single tone) seharga Rp 34,9 juta dan Ronis TD (triple tone) seharga Rp 38,9 juta OTR. Keduanya dibekali mesin 225 cc, 1 silinder, 4 katup, SOHC, berpendingin cairan, dan alat penyemprot injeksi.

Di atas kertas, desain mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 20,1 hp pada 7.750 rpm dan torsi maksimal 19,93 Nm pada 3.750 rpm. Seluruh tenaga kemudian disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 5-percepatan.

Untuk menyeimbangkan tenaga dan torsi yang dihasilkan, TVS Ronin dilengkapi dengan rem cakram tunggal 300mm di depan dan rem cakram tunggal 240mm di belakang. Varian TD memiliki rem ABS 2 kanal, namun versi SS hanya memiliki 1 kanal di bagian depan.

dimensi dan kaki

Bicara soal dimensi, TVS Ronin memiliki panjang 2.040 mm, lebar 805 mm, dan tinggi 1.170 mm. Tinggi jok kini 795 mm, jarak sumbu roda 1.357 mm, volume tangki 14 liter, dan bobot total 160 kg.

Kaki depan dipasang pelek terbalik 41mm dengan pelek 17″ dan profil ban 110/70. Di bagian belakang, digunakan peredam monoshock dengan pelek 17 inci dengan profil ban 130/70.

Kelengkapan fungsi

Selain mengintegrasikan fungsi sensor ABS-2, trim TVS Ronin termahal ini telah dilengkapi perangkat konektivitas atau yang oleh pabrikan disebut sistem TVS SmartXonnect. Pemilik dapat menghubungkan smartphone ke sepeda motor untuk memantau informasi penting dari kendaraan.

Selain itu, sistem TVS SmartXonnect juga memiliki fungsi navigasi belokan demi belokan. Nantinya, informasi arah atau navigasi akan ditampilkan di panel gauge. Kemudian pemilik dapat menggunakan fungsi notifikasi/penerimaan untuk panggilan masuk. Analisis mengemudi, suara terintegrasi hingga bantuan pengemudi yang cerdas. Untuk menggunakannya, Anda harus mendownload terlebih dahulu aplikasi SmartXonnect TVS Ronin 225 di Play Store dan App Store. Lihat lebih banyak fitur di bawah ini.

  • ABS 2 saluran (mode hujan dan mode kota)
  • Kopling bantu dan slipper
  • Lampu depan LED
  • Lampu rem LED
  • lampu lari siang hari
  • Sinyal belok LED
  • Meter panel sepenuhnya digital
  • Konektivitas SmartXonnect
  • Navigasi belokan demi belokan
  • Suspensi depan terbalik
  • Pengaturan untuk pegangan rem dan kopling