April 15, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Suzuki Siap Produksi Mobil Listrik Di Indonesia

itechnobuzz.com – Suzuki Indonesia kembali menegaskan komitmennya untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi emisi karbon. Salah satunya peluncuran produk kendaraan listrik, yakni Ertiga, Grand Vitara, dan XL7 Hybrid.

Suzuki Ertiga dan XL7 Hybrid merupakan model produksi dalam negeri. Padahal komponen baterai harus diimpor.

Ketiga model yang disebutkan di atas masih menggunakan teknologi mild hybrid. Jadi jika fungsi hybrid kendaraan rusak dan garansi habis, mobil akan tetap berfungsi dengan mesin bensin.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan produk elektrifikasi yang dipasarkan telah melalui riset konsumen. Mereka yakin langkah tersebut tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.

“Pelanggan kami adalah pembeli mobil pertama yang mempertimbangkan biaya operasional. Pasar otomotif di segmen harga di bawah Rp 300 juta merupakan yang terbesar di Tanah Air, ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS di Jogja (04/07).

Ketika Suzuki Indonesia kemudian berbicara tentang mobil listrik murni atau EV (Electric Vehicle)

Ia menjelaskan bahwa belum ada tindakan lebih lanjut. Sejauh ini SIS masih fokus pada produk unggulannya sementara rumor peluncuran kendaraan listrik pada 2024 berhembus di India.

“Tentu saja kami masih menunggu suara terakhir dari kepala sekolah. Namun, kami masih dalam posisi negosiasi yang sangat baik karena pelanggan kami banyak dan melek teknologi,” kata Harold Donnel, Direktur Pengembangan Merek 4W di PT SIS.

Lebih lanjut ia mengatakan dengan keuntungan tersebut, Suzuki Indonesia mampu berpartisipasi dalam pengembangan mobil listrik global.

Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan kesanggupan pabrik untuk memproduksi pabrik bersimbol S dan menyatakan kesiapannya.

“Dari segi kapasitas, kami sudah siap (produksi EV). “Itu sangat mungkin, karena yang tersisa hanyalah transfer teknologi dan pengetahuan dan kami masih menyelaraskan secara internal,” jelas Harold.

Mobil Suzuki ramah lingkungan yang diperdagangkan di Indonesia disebut mendapat respon positif dari masyarakat. Bahkan, peluncurannya mencapai 80 persen dibandingkan varian non-hybrid dari XL7 baru.

Bahkan, penjualan Suzuki XL7 Hybrid sudah menembus angka 1.000 unit kurang dari sebulan setelah peluncurannya. Itu tentu catatan yang bagus untuk SIS.