September 27, 2023

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Aturan Baru Twitter Tak Lagi Wajibkan Pengguna Login untuk Lihat Twit

itechnobuzz.com – Twitter membuat keputusan untuk mencabut aturan login wajib pada bulan Juli. Aturan sebelumnya mengharuskan pengguna untuk mendaftar dan masuk ke akun sebelum mereka dapat melihat tweet atau kiriman.

Namun, pengguna kini dapat mengakses tweet tanpa harus log in, selama mereka memiliki link langsung ke tweet yang ingin mereka lihat.

Selain itu, dengan mengklik nama akun yang membuat postingan, pengguna kini dapat melihat jumlah orang yang diikuti akun tersebut,

jumlah pengikut, dan jumlah orang yang mereka ikuti.

Twits juga dapat diintegrasikan ke dalam platform perpesanan seperti Slack atau aplikasi Pesan Apple. Beberapa aplikasi obrolan seperti Discord juga menampilkan tweet.

Namun, beberapa tweet tetap tidak dapat diakses oleh pengunjung yang tidak memiliki akun Twitter. Saat beranda terbuka, pengguna akan melihat munculan yang meminta mereka untuk membuat akun atau masuk. Selain itu, menu “Jelajahi” tidak dapat dibuka dan menu tren akan terlihat kosong.

Pengguna juga tidak boleh mengakses profil pengguna lain melalui tautan. Saat membuka profil dengan mengklik nama akun, pengguna tidak dapat melihat tweet, balasan, sorotan, media, atau postingan yang disukai dari akun tersebut.

Muncul pesan “Telah terjadi kesalahan teknis. Coba muat ulang”. saat diklik. Selain itu, pengguna tidak dapat melihat siapa yang me-retweet, mengutip (mengutip Tweeted), dan menyukai tweet tersebut. Balasan ke tweet tidak terlihat.

Jika tweet yang diakses adalah balasan untuk tweet lain, pengguna hanya dapat melihat balasan tersebut, bukan postingan sebelumnya atau berikutnya. Hal ini menyebabkan pengguna kehilangan seluruh konteks percakapan.

Pembatasan Akses untuk Akun Twitter Gratisan

Sebelumnya, Twitter mulai memblokir pengguna tanpa akun pada Jumat (30/6/2023) untuk menghentikan web scraping yang mengumpulkan data dari situs Twitter.

juga membatasi jumlah tweet yang dapat dibaca pengguna. Pelanggan layanan Twitter Blue dapat membaca hingga 10.000 tweet sehari, pengguna biasa hanya 1.000 tweet sehari, dan non-pelanggan baru hanya dapat membaca 500 posting sehari.

Pada 4 Juli 2023, Twitter mengumumkan bahwa pengguna gratis tidak akan dapat menggunakan TweetDeck, layanan membaca umpan desktop resmi Twitter.

Untuk mengakses TweetDeck, pengguna harus berlangganan layanan Twitter Blue. Pembatasan ini diiklankan sebagai sementara, dengan pengecualian TweetDeck.

Meskipun alasan pasti untuk membuka kunci pengguna tanpa akun tidak diketahui, keputusan ini kemungkinan terkait dengan rilis Meta dari aplikasi Threads oleh Meta.

Selain itu, lalu lintas Twitter juga turun sebesar 62% dalam beberapa hari terakhir, kemungkinan karena penurunan jumlah halaman yang dapat diakses melalui pencarian Google.

Dengan dihapusnya aturan akses wajib, mengakses tweet di Twitter kini lebih mudah bagi pengguna tanpa akun, meski masih ada beberapa batasan.