February 27, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Awas! Jangan Unduh dan Buka Dokumen PDF dengan Format Ini

itechnobuzz.com – Dokumen PDF, Berkat teknologi Internet terkini, tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa Anda dapat dengan mudah menemukan semua informasi di dunia ini di Internet.

Dengan internet kita dapat mencari berbagai dokumen untuk mendukung aktivitas dan pekerjaan kita seperti dokumen pendidikan, tugas dan referensi makalah, artikel jurnal penelitian dan masih banyak lagi.

Meski begitu, bagi Anda yang sering mengunduh dan membuka dokumen dalam format Portable Document Format atau PDF perlu sangat berhati-hati dan waspada.

Pasalnya, jika tidak hati-hati, bisa jadi dokumen yang Anda unduh bukan dokumen sebagaimana mestinya dalam format *.pdf, melainkan dalam format berbeda dan sangat berbahaya. Apa formatnya dan mengapa mungkin sangat berbahaya?

Format dokumen yang dimaksud adalah dokumen berekstensi *.exe. Lantas mengapa bisa dikatakan sangat berbahaya?

Dokumen PDF Palsu

Dokumen yang diakhiri dengan *.exe adalah file palsu. Jadi jika Anda menemukan PDF yang diakhiri dengan *.exe, jangan langsung dibuka dan dihapus. karena kemungkinan besar itu adalah virus.

Hal itu diungkapkan Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Mabes Polri melalui akun Twitter resminya.

“Tahukah Anda? Jika Anda mengunduh file ‘PDF’ dan menghasilkan file ‘exe’, harap segera hapus karena itu adalah virus,” tulis akun SiberPolri.

Jika dokumen sudah terlanjur dibuka, virus dapat masuk ke perangkat Anda dan berpotensi merusak atau mencuri data pribadi

pemilik perangkat, atau bahkan menguasai perangkat Anda.