July 18, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Harley-Davidson Rilis X440, Lihat Spesifikasi Lengkapnya

itechnobuzz.com – Harley-Davidson akhirnya merilis X440. Ini adalah produk kolaborasi dengan Hero MotoCorp.

Model ini dikembangkan, diproduksi, dan dijual khusus untuk pasar India. Unit yang baru dirilis adalah unit terkecil dan paling terjangkau dari merek Milwaukee. Harga berkisar dari Rs 2,29 lakh (Rp 41 juta) hingga Rs 2,69 lakh (Rp 49 juta).

Harley-Davidson mengejar penjualan melalui jalur perakitan selama 10 tahun sebelum akhirnya menyerah dan menarik diri dari India. Sebulan setelah pengumuman tersebut, Harley menandatangani kesepakatan distribusi sepeda motor dengan Hero MotoCorp India. Dia juga melisensikan Hero untuk mengembangkan dan memasarkan berbagai sepeda motor premium dengan merek Harley-Davidson. Hal itu dilakukan untuk merebut kembali posisinya di pasar sepeda motor Tanah Air.

Hal itu diwujudkan dengan diluncurkannya Harley-Davidson X440. Persis seperti bocoran foto sebelumnya. Sportsters berpendingin udara Harley dan banyak lagi. Bobot kering 190,5 kg, tinggi jok 805 mm, ground clearance 170 mm dan tangki bahan bakar 13,5 liter.

Tiga varian ditawarkan: Denim, Vivid, dan S. Semuanya dibangun di atas fondasi yang sama

Tetapi dengan isyarat gaya dan opsi trim yang berbeda. Harga Rs.229.000 (hanya Rp.41 juta) untuk model dasar Denim dan Rs.249.000 (hanya Rp.45 juta) untuk model Vivid mid-range. Terakhir, model S top-of-the-line dibandrol dengan harga Rs 269.000 (hanya Rp 49 juta).

Ciri khas yang membedakan ketiga varian tersebut adalah warna tangki dan velg. Denim adalah versi paling dasar. Menampilkan pelek jari-jari dan jalur warna monoton (Mustard Denim/Yellow). Mesinnya juga dicat hitam, menyembunyikan sirip pendingin udara dan memberikan tampilan ramping pada motor.

Sedangkan versi Vivid dilengkapi dengan velg alloy dan dibalut dengan warna two tone (dark silver dan dark red). Versi S yang merupakan spesifikasi tertinggi memiliki border two tone, selain itu dilengkapi dengan cat yang lebih mewah (matt black) dan stiker 3D. Dan sirip pendingin mesin memberikan estetika yang benar-benar premium.

Dari segi performa, X440 ditenagai oleh mesin 440cc, berpendingin udara, injeksi bahan bakar, katup dua silinder. Bore dan stroke adalah 79.6mm x 88.4mm dan rasio kompresi 9.5:1. Kemungkinan untuk berjalan dengan lancar pada variasi oktan bahan bakar yang lebih luas. EFI bernafas sebagai knalpot satu sisi melalui rangkaian katup yang tidak ditentukan.

Tenaganya bisa mencapai 27 hp pada 6.000 rpm dan torsi 36 Nm pada 4.000 rpm

Klaimnya sekitar 90% torsi dicapai pada 2.000 rpm. Ini membawa angka performa mesin 400cc bergaya retro lainnya dari Jawa dan Royal Enfield. Tenaga dikirim ke roda belakang melalui transmisi manual enam percepatan. Menariknya, Harley menambahkan assist slipper clutch untuk pengendaraan yang lebih mulus dan nyaman.

Roadster kompak terbaru Harley memiliki fondasi modern yang kokoh. Dirancang untuk mengatasi kondisi jalan yang kurang sempurna di India. Oleh karena itu dilengkapi dengan garpu depan terbalik dengan diameter tabung 43mm dan peredam ganda bertenaga gas yang dapat disesuaikan di bagian belakang.

Kecepatan berhenti mengandalkan rem cakram depan dan belakang dengan ABS dua saluran dari anak perusahaan Brembo, ByBre. Terakhir, velg sport Harley X440 berukuran 18 inci di depan dan 17 inci di belakang. Dibalut ban MRF Zapper Hyke.

Harley-Davidson membuat paket teknologi X440 cukup sederhana. Selain ABS saluran ganda, cruiser kompak ini tidak memiliki alat bantu pengemudi. Jangan berharap kontrol traksi atau mode pengemudi. Dirancang dengan gaya tradisional. Namun di sisi lain hadir dengan pencahayaan all-LED, lampu depan otomatis, dan layar TFT monopod minimalis. Menampilkan Distance-to-Empty (DTE), jam, indikator jarak tempuh, indikator roda gigi, indikator baterai, dll.

Ini juga mencakup navigasi belokan demi belokan, kontrol musik, pemberitahuan pesan, dan lainnya melalui konektivitas Bluetooth (hanya varian tertinggi). Ada juga port USB 3.0 di dekat konsol.