September 27, 2023

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Bedah Spesifikasi dan Fitur Moto Guzzi V100 Mandello, Kombinasi Apik Gaya Moge Roadster dan Tourer

itechnobuzz.com – Untuk merayakan kehadirannya di pasar roda dua global, Moto Guzzi telah meluncurkan V100 Mandello. Moge bergaya roadster dan tourer ini resmi diluncurkan untuk kawasan Asia-Pasifik pada 22-25 Juni 2023 mulai di Malaysia.

Moto Guzzi V100 Mandello juga diperkirakan akan mendarat di Indonesia dalam waktu dekat. Moge ini akan mengisi segmen atas lini produk Moto Guzzi yang sudah ada atau melengkapi V85 TT, V7 Stone dan V7 III Racer.

Dari segi desain, Moto Guzzi V100 Mandello terlihat visioner. Produsen sangat memahami lahirnya produk khusus yang dibutuhkan konsumen. Tampilannya yang kuat dilabur dengan fokus roadster, namun sisi kenyamanannya berasal dari gaya tourer.

Agar lebih ekslusif, pabrikan motor asal Italia ini juga telah memboyong V100 Mandello ke pasaran dengan berbagai edisi. Misalnya, V100 Mandello reguler, V100 Mandello S, dan Moto Guzzi V100 Mandello Aviazione Navale hasil kerja sama dengan Angkatan Udara Italia.

Detail desain pada V100 Mandello Aviazione Navale menampilkan skema warna yang terinspirasi dari jet tempur F-35B di mana cat disimulasikan secara realistis. Menurut beberapa informasi, unit khusus ini hanya diproduksi sebanyak 1900 unit.

Spesifikasi Mesin

Inti dari Moto Guzzi V100 Mandello berisi mesin DOHC 1042cc, konfigurasi V-twin 90 derajat, pendingin cairan dan injeksi bahan bakar penyemprot. Desain mesin yang digunakan pada V100 merupakan pengembangan terbaru yang seharusnya berbeda dari model yang sudah ada.

Kombinasi bore dan stroke adalah 96mm x 72mm, menghasilkan tenaga puncak 115PS pada 8.700rpm dan torsi puncak 104Nm pada 6.750rpm. Kemudian seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang dengan sistem 6-speed drive-by-wire.

Rancang Bangun

Merujuk situs resmi Motor Guzzi Global, V100 Mandelo mengusung suspensi depan terbalik 41mm dengan fitur kontrol preload dan rebound. Sedangkan shock belakang menggunakan shock tunggal dengan sistem kontrol preload dan rebound.

Sedangkan variannya yakni V100 Mandello S dan Mandello Aviazione Navale sudah disuntikkan peredam yang lebih canggih. Komposisi depan menggunakan investasi 43mm yang dibuat oleh Ohlins Smart EC.2.0 dengan kompresi semi aktif dan fungsi redaman rebound.

Lengkungan belakang dipersenjatai dengan monoshock Ohlins TTX Smart EC2.0 lengkap dengan kompresi semi-aktif dan redaman rebound, serta pengatur preload jarak jauh.

Moto Guzzi V100 Mandello disebut-sebut akan menjadi varian yang akan dijual dalam waktu dekat di Indonesia. Varian yang terletak di pusat dengan fungsionalitas dan teknologi lengkap.

Varian ini juga dilengkapi dengan paket rem Brembo. Di bagian depan kami menemukan 2 cakram radial monobloc 4-piston 320mm. Sementara di bagian belakang menggunakan cakram tunggal 2-piston 280mm yang semuanya berfungsi sebagai anti-lock braking system (ABS) saat menikung.

Kelengkapan Fitur

Soal karakteristiknya, Moto Guzzi V100 Mandello menggabungkan sederet fungsi penting dan canggih. Paket teknologi yang dihadirkan untuk mendukung keselamatan pemiliknya. Di bawah ini adalah ikhtisar lengkap fitur V100 Mandello.

  • Penerangan Full LED
  • Daytime Running Light (DRL)
  • Cornering Lights
  • Cornering Anti-lock Braking System
  • Traction Control
  • Cruise Control
  • Riding Modes: Road, Tour, Rain, dan Sport
  • Panel Meter TFT
  • Adaptive Aerodynamics
  • Electronically Adjustable Windscreen
  • Tire Pressure Monitoring System
  • Heated Grip
  • Quick Shifter Up and Down
  • Konektivitas MIA.

Berbicara tentang harga jualnya, Moto Guzzi V100 Mandelo standar dibandrol dengan harga US$15.490 atau Rs 233 crore dan V100 Mandello S dengan harga US$17.490 atau Rs 263 crore.