June 12, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

IDC: Pengapalan Tablet Secara Global Menurun 19% Di Kuartal Satu 2023

itechnobuzz.com – IDC mengumumkan pengapalan global produk tablet pada kuartal pertama 2023 tercatat 30,7 juta unit,

turun 19,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menurut IDC, penurunan pengiriman pada kuartal pertama 2023 berarti vendor ingin mengurangi inventaris produk mereka tepat waktu untuk peluncuran model baru di masa mendatang, itulah sebabnya pengiriman tablet tampaknya menurun selama periode tersebut. Periode dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Chromebook dan tablet tampaknya mengalami penurunan serupa, naik sebanyak 31% pada kuartal pertama tahun 2023. Pengiriman diperkirakan akan sedikit menurun pada paruh kedua tahun 2023 karena pesanan pemasok meningkat karena kenaikan biaya lisensi Chrome OS.

Di antara merek tablet yang masih mendominasi pangsa pasar selama periode ini, Apple memiliki pangsa pasar 32,5%, diikuti oleh Samsung sebesar 23,1%, dan Huawei masing-masing sebesar 6% dan 0,6%.

Antusiasme konsumen juga agak berkurang karena praktik seperti telecommuting dan pendidikan online telah menurun. Alasan lainnya adalah meningkatnya inflasi dan kesulitan ekonomi di seluruh dunia. Meskipun demikian, para ahli yakin akan masa depan pasar tablet.

Jitesh Ubrani, manajer riset di IDC Mobility and Consumer Device Trackers, tetap optimis meskipun pengiriman tablet menurun.

Dia juga mencatat meningkatnya minat dari vendor seperti masuknya kembali Google untuk berpotensi meningkatkan pengalaman tablet Android dan mengintegrasikan tablet dengan sistem rumah pintar.