February 27, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Hyundai Exter Saingan Suzuki S-presso Mulai Produksi

itechnobuzz.com – Gambar eksterior lengkap Hyundai Exter yang bersaing dengan Suzuki S-presso yang sedianya meluncur di India pada Juli 2023, baru-baru ini beredar, sekilas terlihat seperti Hyundai Creta, namun lebih kecil.

Menurut AutoX, Senin (26/6), Hyundai mulai merakit mobil tersebut di salah satu fasilitasnya di Sriperumbudur, Tamil Nadu, India. Hyundai Exter akan menjadi SUV (sport utility vehicle) terkecil pabrikan Korea.

“Dengan Hyundai Exter, kami menjajaki segmen baru yang terus memperkuat posisi HMIL (Hyundai Motor India Ltd) sebagai produsen SUV,” ujar Unsoo Kim, Managing Director dan CEO HMIL.

Meski berukuran kecil, Hyundai menawarkan pilihan warna yang stylish dan sporty untuk modelnya, Ranger Khaki. Untuk color tone hampir sama dengan warna edisi khusus Honda HR-V, Sand Khaki Pearl.

Selain itu masih ada pilihan warna lainnya yaitu Atlas White, Fiery Red, Titan Grey dan Starry Night. Lalu ada dua pilihan mesin, 1.2 liter empat silinder dan 1.2 liter Kappa Bi-Fuel dengan opsi CNG.

Varian tertinggi bisa menghasilkan tenaga 80 PS dan torsi maksimal 114 Nm. Versi CNG hanya tersedia dalam opsi gearbox manual.

Desain Hyundai Exter

Desain eksteriornya kurang lebih sama dengan Creta namun sedikit lebih boxier. Absen dari Creta adalah identitas barunya, yaitu bar LED berbentuk H yang digunakan untuk Santa Fe terbaru.

Grille dibuat lebih kecil dan lebih minimalis dengan warna hitam, menekankan identitas desain terbaru Hyundai yang juga dikenal sebagai Parametric Dynamics.

Meski akan menjadi SUV budget seharga Rs 100 crore, interior Hyundai Exter simpel dan elegan dengan aksen dominan warna hitam. Model ini sudah terhubung dengan teknologi Hyundai BlueLink, Apple CarPlay atau Android Auto.

Tidak menjadi salah satu pesaingnya di segmen small SUV, Exter dilengkapi dengan power sunroof.

Dari segi keamanan juga cukup mumpuni dengan hadirnya dashboard terintegrasi, cruise control, ESC (Electronic Stability Control) dan rear view camera untuk bantuan parkir.

Hyundai Exter akan tersedia dalam tujuh varian di India. Belum ada pengumuman resmi mengenai harganya, namun bocoran dari berbagai pihak memperkirakan antara Rs 6 lakh hingga Rs 10 lakh (Rp 110/1 juta – Rp 183,5 juta).