September 30, 2023

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Honda CBR150R Punya Warna Baru Ala Motor Sport Era 80-90an

itechnobuzz.com – Boon Siew Honda (BSH) adalah model baru untuk Honda CBR150R 2023 yang dibawa oleh Heraeus. Ini menampilkan warna luar biasa yang menyeimbangkan biru dan kuning. Model baru ini ditujukan khusus untuk pasar Malaysia dan akan menelan biaya RM 13.299 atau setara dengan Rp 42,6 juta.

Pilihan warna baru untuk CBR150R termasuk Pearl Nightfall Blue, Mat Charcoal Grey Metallic dan Candy Scintillate Red. Corak baru menampilkan aksen lokal biru dan kuning. Seperti halnya pelindung depan, bagian bawah lampu depan, panel seperempat bagian dalam, dan panel bodi atas memisahkan kursi pengemudi dari kursi penumpang.

Meski demikian, pewarnaannya menyenangkan, namun tidak mempengaruhi kesan sporty. Mengingatkan pada era motorsport tahun 80-an dan 90-an. Sayangnya, pabrikan hanya menawarkan penyegaran warna sebagai pilihan dan tidak menambah varian apapun.

Seperti yang kita ketahui, harga yang ditawarkan di Malaysia jauh lebih mahal dibandingkan di negara ini, karena perangkat tersebut didatangkan langsung dari Indonesia. Dan yang terpenting adalah varian ABS (anti lock braking system). Berbeda dengan Indonesia, secara opsional menawarkan versi tanpa ABS. Namun penggunaan ABS di kedua roda (depan dan belakang) CBR150R sama-sama memungkinkan di Malaysia dan Indonesia.

Demi kelengkapan, perlu juga disebutkan bahwa perlengkapan dan performa mesinnya identik dengan CBR150R yang kita kenal. Masih mengandalkan mesin berpendingin cairan, 4-katup, injeksi bahan bakar, DOHC, 4-tak, 150cc (PGM-Fi). Menampilkan desain bore x stroke: 57,3 x 57,8mm dan rasio kompresi 11,3:1. Mesinnya memuntahkan tenaga maksimal 17,1 hp pada 9.000 rpm dan torsi 14,4 Nm pada 7.000 rpm dari jantungnya. Outputnya melalui transmisi kopling manual 6-percepatan.

Peralatan termasuk panel instrumen digital

Memberikan informasi lengkap mengenai kondisi sepeda motor dan mudah dibaca oleh pengendara. Kemudian kopling bantu/balik. Fungsi Assist mengurangi tekanan saat mengoperasikan tuas kopling sekitar 15 persen dibandingkan dengan kopling konvensional. Berkat aplikasi ini, kopling menjadi jauh lebih ringan, yang sangat berguna baik untuk penggunaan sehari-hari maupun penggunaan di lintasan. Sedangkan manfaat sandal dapat meminimalisir gejala gigi selip. Jika pengemudi menurunkan gigi dari putaran tinggi, hindari risiko mengunci ban belakang.

Selain sistem pengereman anti-lock (ABS), juga dilengkapi sinyal rem darurat (ESS). Fitur tersebut sudah diterapkan pada beberapa sepeda motor model besar, yang fungsinya untuk menyalakan lampu sein kanan dan kiri secara bersamaan saat melakukan pengereman mendadak. Basis peredam kejut depan pada suspensi depan terbalik atau suspensi terbalik. Ini memiliki diameter 37 mm dan digunakan untuk meningkatkan kemiringan suspensi. Keuntungannya jelas, redamannya lebih baik dengan model teleskop biasa.

Suspensinya tegas, stabil dan didukung sistem pengereman yang cukup bertenaga. Kehadiran kaliper piston ganda menyiratkan bahwa kaliper piston tunggal digunakan. Penjepit mesin cuci bergelombang, juga disebut mesin cuci bergelombang. Cakram ini tidak hanya lebih sporty, tetapi juga menghantarkan panas lebih cepat daripada model konvensional. (BGX/ODI)