February 27, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Review HyperX Alloy Origins 60: Ringkas dan Nyaman Buat Gamer FPS

itechnobuzz.com – Keyboard mekanik tentu saja menjadi pilihan utama banyak gamer karena tombol mekanisnya yang nyaman dan durabilitas yang tinggi. Ukuran keyboard juga bervariasi dari ukuran biasa (TKL) hingga 60% ukuran penuh. Kali ini kita punya keyboard tipe 60% yaitu HyperX Alloy Origins 60.

Mungkin Anda belum mengetahui keyboard dengan ukuran sekecil ini. Pengalaman pengguna apa yang ada dan pengguna mana yang cocok untuk faktor bentuk seperti itu?

Buat kamu yang penasaran dan mungkin juga sedang mencari keyboard semacam itu, simak review HyperX Alloy Origins 60. Dan tentunya kita membahas kemampuan dan fitur dari keyboard ini.

Desain dan Spesifikasi

HyperX Alloy Origins 60 adalah keyboard mekanis yang, seperti namanya, memiliki faktor bentuk 60%.

Berbeda dengan keyboard ukuran penuh atau keyboard TKL (Ten Keyless) dengan ukurannya yang sangat ringkas yaitu 296 mm x 105,5 mm x 36,9 mm. Ini biasanya digunakan oleh pengguna yang membutuhkan dekorasi meja lebih luas, terutama untuk aktivitas gaming.

Bahan casingnya adalah solid aircraft-grade aluminum yang membuatnya terasa sangat kokoh saat digenggam. Meski ukurannya kecil, bobotnya tetap besar, yakni 781,5g. Hal ini membuat keyboard ini dapat diletakkan dengan stabil di atas meja pengguna tanpa mudah tergelincir.

Keycaps terbuat dari plastik menggunakan proses PBT double-shot. Alhasil, huruf/angka pada keyboard tidak cepat aus, meski digunakan dalam waktu lama. Tulisan pada keycaps transparan untuk memungkinkan penerangan dari bawah.

Bagian mekanis dari kunci menggunakan teknologi milik HyperX, yaitu HyperX Red Switch, yang menampilkan mekanisme perpindahan linier. Umur tombol keyboard cukup tinggi hingga 80 juta klik.

Ikon untuk fungsi keyboard sekunder yang dapat diaktifkan melalui tombol Fn tercetak di muka beberapa tombol. Ya, karena ini adalah keyboard 60 persen, banyak tombol telah diganti dengan fungsi sekunder melalui kombinasi tombol Fn.

Didesain khusus untuk kebutuhan gaming, keyboard ini juga dilengkapi N-key rollover dan 100% anti-ghosting. Ini memungkinkan untuk menekan beberapa tombol secara bersamaan dan dikenali oleh sistem tanpa masalah.

Keyboard HyperX Alloy Origins 60 menampilkan lampu latar RGB dengan lima tingkat kecerahan dan efek pencahayaan. Dengan cara ini, Anda tidak hanya dapat menampilkan warna-warna khusus, tetapi juga menciptakan warna-warna lembut. Ini juga cocok untuk pengguna yang menyukai tampilan keyboard yang apik atau tidak menyukai tampilan yang terlalu mencolok.

Keyboard memiliki memori untuk menyimpan profil pencahayaan RGB

Yang dapat diakses dengan kombinasi tombol Fn + J/K/L. Untuk mengatur pencahayaan RGB dapat diakses melalui aplikasi HyperX NGENUTIY yang akan kami jelaskan nanti pada halaman selanjutnya.

Keyboard HyperX Alloy Origins 60 dapat diputar ke bawah dan ke samping, serta dilengkapi pengatur sudut di bagian bawah yang memungkinkan pengguna menyesuaikan kemiringan keyboard dengan tiga opsi. Hal ini memudahkan pengguna untuk menentukan ergonomi yang optimal saat mengoperasikan keyboard.

Terdapat port USB-C di bagian atas, yang tentunya berperan sebagai koneksi keyboard utama ke perangkat PC. Kabel yang disertakan memiliki desain jalinan yang membuatnya cukup kuat di ketinggian 1,8m.

Namun kabel ini terlihat kurang lentur sehingga terlihat agak kusut dan banyak lipatan. Ini tidak memengaruhi kinerja keyboard, hanya terlihat berantakan secara estetika.

Selain kabel, keyboard ini juga dilengkapi dengan keycap puller untuk mengganti keycap pada tuts. Ada juga dua tombol pengganti untuk bilah spasi dan tombol ukuran penuh.