July 19, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Toyota Alphard Terbaru Lebih Mewah dan Senyap

itechnobuzz.com – Minivan mewah (multi purpose vehicle) terbaru Toyota Alphard diluncurkan dengan sejumlah ubahan. Kembar Vellfire-nya juga mendapat modifikasi, keduanya lebih elegan.

Menurut Carscoops pada Rabu (22/6), model MPV ini masih sangat populer di Asia, terutama di Jepang, di mana TMC (Toyota Motor Corporation) mempertimbangkan untuk meluncurkan Alphard dan Vellfire versi terbaru di negara asalnya.

Seperti pendahulunya, Toyota menggunakan dua model baru tersebut pada platform TNGA-K. Bahkan, desainnya telah dioptimalkan untuk digunakan pada pengangkut orang.

Ada tambahan seperti lengan ayun lurus dan komponen suspensi baru yang meningkatkan kekakuan kendaraan hingga 50%.

Disebutkan juga bahwa tingkat keheningan di dalam kabin ditingkatkan untuk menambah kenyamanan penumpang di dalam kabin. Selengkapnya, berikut sederet ubahan Toyota Alphard dan Vellfire terbaru.

Dimensi

Alphard generasi sebelumnya memiliki panjang 4945mm, lebar 1850mm, dan tinggi 1895mm, sedangkan Vellfire memiliki panjang 4935mm, lebar 1850mm, dan tinggi 1895mm.

Sedangkan Alphard dan Vellfire versi terbaru memiliki dimensi panjang 4995mm, lebar 1850mm, dan tinggi 1945mm.

Interior Toyota Alphard

Kesan mewah dan berkualitas jelas menjadi ciri utama kedua minivan ini. Mobil ini memiliki konfigurasi tempat duduk tiga baris 6 tempat duduk yang hadir dengan berbagai fitur modern.

Di dasbor, terdapat cluster instrumen 12,3 inci, layar head-up berwarna, dan infotainment layar sentuh 14 inci.

Kontrol pencahayaan interior dan AC telah dipindahkan ke samping di konsol tengah, yang disebut Toyota sebagai konsol super panjang.

Dengan demikian, ruang kaki sedikit lebih lebar sebesar 5 mm untuk baris tengah dan 10 mm untuk baris belakang. Kursi baris kedua memiliki tambahan opsional berupa kursi kapten dengan sandaran kaki, meja lipat, kontrol layar sentuh, pemanas dan ventilasi, serta fitur seperti kursi pijat.

Eksterior

Meski mendapatkan ubahan identitas Toyota Alphard dan Vellfire tetap bisa terlihat jelas dari ukuran bodinya yang besar dan paling mudah diingat yakni desain grilnya.

Pembeda utama bisa langsung terlihat pada model barunya yakni pola garis berbentuk Z di bawah jendela pintu samping, menjadi ciri utama generasi terbaru kedua MPV mewah ini.

Bagian headlightnya dibuat lebih menyatu dengan gril dan terlihat lebih gelap, menambah nuansa minimalis nan elegan di fascia.

Kedua model dibekali pelek bergaya lebih sporti berwarna gelap.

Mesin

Trim Alphard yang menggunakan 3.5 liter V6 digantikan mesin bensin 2.5 liter empat silinder dapat menghasilkan tenaga 180 hp.

Sedangkan Vellfire memboyong mesin bensin 2.4 liter turbocharger empat silinder, menghasilkan tenaga maksimum lebih tinggi di 275 hp.

Uniknya lagi Alphard dan Vellfire terbaru juga tersedia dalam pilihan hybrid, menggabungkan mesin 2.5 liter dengan satu atau dua motor listrik bertenaga 274 hp. Ke depannya ada kemungkinan Toyota menambah varian PHEV.

Harga

Sayangnya model terbaru ini baru meluncur untuk pasar Jepang saja. Harga Alphard ada di kisaran 5.4 juta yen sampai 8.7 juta yen (Rp569 jutaan – Rp919 jutaan) sementara Vellfire mulai dari 6.5 juta yen sampai 8.9 juta yen, setara Rp685 jutaan – Rp940 jutaan dalam kurs rupiah.

Di Tanah Air modelnya masih tersedia. Berikut daftar harga Toyota Alphard dan Vellfire berdasarkan informasi di laman resmi.

  • Vellfire 2.5 G AT (non premium color), Rp1.3 miliaran
  • Vellfire 2.5 G AT (premium color, spot order), Rp1.4 miliaran
  • Alphard 2.5 X AT (spot order), Rp1.2 miliaran
  • Alphard 2.5 G AT, Rp1.3 miliaran
  • Alphard 3.5 Q AT & 2.5 X AT (spot order), Rp1.6 miliaran