April 18, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Selain Irit, Inilah Keunggulan Mesin Daihatsu Rocky WA-VE 1.2L

itechnobuzz.com – Generasi baru Daihatsu Rocky 1.2L ini memang menarik karena telah mengalami perombakan total. Kini menggunakan sasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA) mengikuti model Daihatsu terbaru. Bersamaan dengan itu, mesin anyar WA-VE 3 silinder 1.2 liter juga dibenamkan. Artinya, banyak kesamaan komponen dengan kakak SUV tersebut, yakni Daihatsu Rocky.

Ya, jika Anda membutuhkan mobil perkotaan berkaki panjang, Rocky bermesin non-turbo adalah pilihan yang kami rekomendasikan. Meski minim perangkat penguat daya, namun tetap memiliki banyak keunggulan untuk digunakan sebagai moda transportasi sehari-hari.

Misalnya dalam hal perangkat keamanan. Daihatsu Rocky 1.2L memiliki fitur yang sangat memadai. Mulai dari varian M sudah dilengkapi dual SRS airbag, ABS, EBD, VSC, HSA, 3 point seatbelt, seatbelt warning untuk semua penumpang. Kemudian kelengkapan lainnya berupa antena sirip hiu, kombinasi LED belakang, optitron MID 4 inci, AC digital, power mode pada transmisi CVT. Sedangkan untuk sektor hiburan, tersedia head unit layar sentuh berukuran tujuh inci. Sudah terhubung dengan Android Auto dan Apple Carplay.

Tipe teratas, Rocky X ADS juga memiliki perlengkapan dasar seperti pada trim M. Namun ditambah dengan perangkat yang lebih lengkap. Anda mendapatkan tambahan berupa headlamp LED, kaca spion electric adjustment, full digital meter cluster, setir dicat, audio steering switch, tombol engine start stop, paket ADS plus subwoofer. Jika berminat, tersedia 10 tipe.

Rocky mengusung mesin 1.2 liter WA-VE tiga silinder 12 katup, DOHC Dual VVT-i. Torsi maksimum dicapai pada 113 Nm pada 4.500 rpm. Tenaga naik menjadi 88 PS pada 6.000 rpm. Pilihan penyaluran energi kinetik melalui D-CVT atau Dual mode Continuously Variable Transmission. Gearbox manual lima kecepatan juga tersedia.

Menurut Daihatsu, power booster ini memiliki banyak keunggulan dibanding Sigra 1.2 liter empat silinder.

Formulasi di dalamnya sangat berbeda karena menyesuaikan dengan platform DNGA terbaru. Meski begitu, besaran tenaga yang disalurkan ke roda depan sama dengan Sigra, 88 hp. Mereka ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda dan membawa tren baru. Menurut Daihatsu, torsi yang lebih kuat dapat menghasilkan serat dengan efisiensi tinggi dan lebih responsif. Meski hanya tiga silinder, berkat teknologi baru mesin tetap mulus. Ini terkait dengan pengembangan mesin. Mengenai stigma getaran tiga silinder, Rocky jauh lebih halus karena keseimbangan yang baik.

Efisiensi Rocky 1.2L dapat mengimbangi city car kecil. Klaim pabrikan bisa menyentuh 19 km/liter. Itu berdasarkan pengujian di jalan kombinasi. Artinya, sayatan ini mirip dengan asupan bahan bakar pada kendaraan jenis LCGC. (ALX/ODI)