April 17, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Review Canon EOS R8: Kamera Mirrorless FullFrame 4K60 Termurah Terbaik

itechnobuzz.com – Banyak yang penasaran kamera apa saja yang digunakan Jagatreview? Selama ini kami menggunakan Canon Canon EOS R8. Kamera ini dipilih untuk menghasilkan video dengan warna yang tidak membutuhkan banyak editing, sehingga bisa langsung digunakan dalam proses editing. Namun, setelah menggunakan kamera selama beberapa tahun, kami mulai mencari kamera yang lebih baik. Dan itulah mengapa kami tertarik untuk mencoba EOS R8.

EOS R8 adalah keluarga kamera mirrorless terbaru dari Canon. Kamera ini memiliki properti warna klasik khas Canon, tetapi dilengkapi dengan sensor full-frame besar dan prosesor pengolah gambar terbaru DigicX. Dalam artikel ini, kami akan mengulas EOS R8 dari sudut pandang kita yang membutuhkan kamera untuk merekam konten sehari-hari.

EOS R8 menempati posisi unik dalam jajaran kamera mirrorless Canon. Sensor dan kekuatan pemrosesan kamera ini serupa dengan EOS R6 Mark II yang kami gunakan sebelumnya, yang ditujukan untuk pengguna semi-profesional. Namun, harga EOS R8 masih berada di kisaran 20 jutaan. Meskipun bagi sebagian orang ini mungkin tampak mahal, harga EOS R8 adalah salah satu yang paling terjangkau untuk kamera dengan sensor full-frame dan kemampuan merekam video hingga resolusi 4K60!

Salah satu alasan kami tertarik pada EOS R8 adalah kemampuannya untuk menggunakan berbagai jenis lensa. Selain lensa khusus untuk EOS seri R, dengan adaptor dari Canon kita bisa menggunakan semua jenis lensa EF, baik lensa zoom maupun lensa prime, dari seri standar hingga seri L. Ini sangat fleksibel!

Mari kita lihat spesifikasinya secara detail:

  • EOS R8 adalah kamera tanpa cermin dengan dudukan lensa Canon RF.
  • Sensor kamera tersebut mampu merekam hingga resolusi maksimal 6000 x 4000 piksel, menggunakan sensor CMOS dengan resolusi 24,2 megapiksel.
  • Ukuran sensor full frame berukuran 36mm x 24mm.
  • EOS R8 menggunakan prosesor Digic-X.
  • Kamera ini mampu merekam video pada 4K dan 60 frame per detik tanpa pemotongan apa pun. Artinya kita tidak perlu repot menghitung konversi lensa ke ekuivalen berapa milimeter.
  • Uniknya, video 4K60 ini dihasilkan dengan oversampling 6K sehingga menghasilkan kualitas gambar yang sangat tinggi.
  • Fungsi fokus otomatis EOS R8 canggih dan responsif, dengan 1053 titik fokus otomatis.
  • Fungsi penguncian R8 juga sangat andal. Kecepatan rana minimum adalah 30 detik sedangkan kecepatan rana maksimum adalah 1/4000 detik. Dengan daun jendela elektronik,
  • kecepatannya bisa mencapai 1/6000 detik. Kecepatan bingkai kontinu adalah 6 bingkai per detik, tetapi jika Anda menggunakan rana elektronik, kecepatannya dapat mencapai hingga 40 bingkai per detik.
  • EOS R8 menawarkan pilihan rana elektronik pertama atau rana elektronik.
  • Metering mode kamera ini sangat lengkap, spot dan multi mode dapat digunakan sesuai kebutuhan pengguna.

EOS R8 juga memiliki rentang ISO yang lebar, yaitu 100 – 102.400, yang dapat ditingkatkan menjadi 50 – 204.800. Untuk perekaman video, rentang ISO yang dapat digunakan adalah dari 100 hingga 25.600, dengan kemungkinan meningkat hingga 102.400. Selain itu, kami dapat menyesuaikan kecepatan rana dan apertur dengan peningkatan 1/3 stop, membuatnya lebih mudah untuk melakukan penyesuaian yang tepat.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Canon EOS R8, mari simak ulasan lengkapnya dalam video di bawah ini.