April 18, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Mercedes-Benz Indonesia Meluncurkan 4 Model Baru Di Star Drive

itechnobuzz.com – Jadwal harian Star Drive menjadi ajang peluncuran empat mobil baru Mercedes-Benz Indonesia. Ada satu model generasi baru, satu model penyegaran, dan dua atau lebih kendaraan listrik baru. Yakni EQA dan EQB yang mengisi jajaran model keluarga Mercedes-EQ menyusul EQS dan EQE. Kemudian New GLC merupakan generasi terbaru dari salah satu model terlaris di jajaran SUV. Sementara itu, A-Class mendapat penyegaran untuk menopang segmen sedan entry-level pabrikan Jerman tersebut.

“Sebagai merek mobil mewah terkemuka di Indonesia, salah satu aspek terpenting dari bisnis kami adalah memberikan layanan terbaik kepada setiap pelanggan, yang kami sebut sebagai pengalaman pelanggan terbaik. Star Drive 2023 adalah kendaraan kami untuk itu. Deok-Jun Choi, CEO PT MBDI

Keempat model baru ini bisa disaksikan secara live di Star Drive 2023 yang berlangsung di main atrium Senayan City pada 15-18 Juni 2023. Selain menampilkan 12 kendaraan display, ada juga 10 model yang tersedia untuk test drive. Berbagai program penjualan menarik juga disiapkan selama periode pameran.

EQA 250

EQA, yang memiliki eksterior yang sama, merupakan versi elektrik dari model GLA. Model ini merupakan penawaran entry-level Mercedes-EQ, terdiri dari empat model yang saat ini tersedia sebagai varian EQA 250 Electric Art Line. Berbeda dengan GLA, EQA memiliki fasia depan di mana gril tertutup khas kendaraan listrik telah diganti dengan panel hitam. Grafik lampu utama juga berbeda, dan DRL (daytime running light) terhubung antara kiri dan kanan.

Siluet crossover dihiasi dengan velg 19 inci warna-warni dan memiliki lima palang dalam tiga warna berbeda, termasuk aksen biru yang unik. EQA juga memiliki pilihan warna yang menarik seperti Digital White, Rose Gold, dan Cosmos Black. Di bagian buritan terdapat strip LED panjang yang menghubungkan kedua lampu belakang.

Aksen rose gold menjadi ciri khas EQA 250 yang juga tampak pada interiornya. Tepatnya pada ventilasi AC tipe turbin jet. Trim jok dilapisi kulit buatan Artico dalam kombinasi dua warna. Sistem hiburannya sama dengan GLA yang ditenagai oleh MBUX dengan sistem operasi terbaru.

Powertrain EQA 250 terdiri dari baterai lithium-ion bersusun dengan kapasitas 66,5 kWh. Baterai adalah sumber energi untuk motor listrik dengan total output 190 tenaga kuda, yang mampu memberikan jangkauan hingga 300 mil (486 km). Baterai dapat diisi dari 10% hingga 80% dalam 32 menit menggunakan pengisian cepat 100kW DC. EQA 250 Electric Art Line ditawarkan dengan harga Rp1,54 miliar (off-road).

EQB 250

Format serupa dihadirkan pada versi listrik EQB to GLB. SUV 7-seater all-electric pertama di Indonesia. Menambahkan kepraktisan adalah puncak dari EQB. Perbedaan visualnya sama dengan EQA, dengan front grillless fascia dan grafis headlight seragam EQA.

Eksteriornya terlihat lebih dewasa dengan mengaplikasi velg berukuran 18 inci dengan desain aero spoke. Lampu belakang juga memiliki strip LED yang menghubungkan lampu samping kanan dan kiri. Di dalam masih tipikal GLB, tapi dengan tambahan atap geser panoramik.

Berbicara tentang powertrain, identik dengan EQA 250. Kedua EQB dilengkapi dengan baterai lithium-ion 66,5kWh untuk menggerakkan motor listrik 190hp dan 385Nm. Tapi itu besar dan berat dan hanya menempuh jarak 448 km. EQB 250 progressive line dengan kemampuan pengisian cepat DC yang sama tersedia off-road seharga Rp 1,655 miliar.

All New GLC

GLC adalah salah satu tulang punggung penjualan terbaik. Generasi baru ini melewati varian lini GLC 300 AMG. Di kelas yang sama, persaingan dengan BMW X3 dan Audi Q5 semakin sengit.

Model terbaru memiliki wajah baru, mulai dari gril visual dan lampu utama. Grille merupakan bagian dari garis AMG, semakin besar dengan detail logo mikro dan gril inline yang tebal. Lampu utama tampil dalam desain yang lebih dinamis dan kini didukung teknologi Digital Light yang lebih canggih. Velg AMG multi-spoke 20 inci meningkatkan gaya eksterior yang sporty. Sedangkan di belakang, visual lampunya masih mirip dengan generasi sebelumnya.

Perubahan paling signifikan terjadi di kabin. Sistem infotainment berukuran 11,9 inci secara diagonal dan mendominasi dasbor seperti C-Class terbaru. MBUX versi terbaru juga telah diimplementasikan di layar lebar ini. Interiornya dilapisi trim kulit nappa. Penumpang dapat merasakan keleluasaan melalui panoramic sliding sunroof saat beraktivitas.

Lini GLC 300 AMG hadir dengan penggerak semua roda Alias ​​standar 4Matic dengan menu mode off-road. Mesinnya berkapasitas 2.0 liter turbo dan menghasilkan tenaga 258 tenaga kuda dan output 400 Nm, serta dilengkapi dengan transmisi otomatis 9G-Tronic. Powertrain dilengkapi dengan sistem hybrid ringan dengan alternator starter untuk tambahan 22 tenaga kuda. Harga yang ditawarkan GLC 300 AMG Line adalah Rp 1,4 miliar.

New A-Class

Sedan terkecil Mercedes-Benz ini disegarkan setelah hampir empat tahun beredar. Kini dilengkapi dengan panoramic sunroof yang bisa dibuka untuk memberikan pengalaman baru bagi penghuninya. Sistem pencahayaan di bagian depan dan belakang menawarkan visual baru yang sporty, termasuk teknologi bantuan high-beam adaptif. Trackpad di konsol tengah menghilang menyusul pembaruan desain roda kemudi yang mendukung integrasi dengan MBUX terbaru. Tidak ada perubahan yang dilakukan pada konfigurasi mesin dan transmisi A 200. Harga yang ditawarkan adalah Rp 825 juta off-road. (Mengapa/ODI)