April 14, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Instagram Siapkan Sosmed Baru Pesaing Twitter, Begini Tampilannya

itechnobuzz.com – Meta, perusahaan di belakang Instagram, diketahui sedang mengembangkan aplikasi alternatif Twitter milik mereka sendiri. Nah, baru-baru ini bocor tampilan dari platform sosmed baru tersebut dan diperkirakan jadwal peluncurannya sudah semakin dekat.

Melansir dari The Verge, aplikasi itu secara internal disebut “Project 92” dan kemungkinan bakal diberi nama “Threads” ketika meluncur nanti. Threads sendiri akan menggunakan sistem akun milik Instagram, sehingga pengguna bisa dengan mudah login tanpa harus membuat akun baru.

Chief Product Officer Meta, Chris Cox, menjelaskan bahwa platform baru itu merupakan “tanggapan mereka terhadap Twitter”. Threads akan menjadi media sosial berbasis teks. Detail lain yang terungkap bahwa Meta juga akan mengintegrasikannya dengan ActivityPub, sebuah protokol media sosial terdesentralisasi.

Integrasi ini membuat pengguna dapat mentransfer akun dan pengikut mereka ke aplikasi lain yang mendukung ActivityPub. Salah satu yang cukup kita kenal mungkin adalah Mastodon, sebuah platform media sosial baru yang digadang-gadang sebagai alternatif Twitter.

Seperti diketahui, belakangan banyak orang ramai-ramai mencari pengganti Twitter setelah media sosial berlogo burung biru itu diambil alih oleh Elon Musk. Banyak kebijakan baru di bawah kepemimpinan pemilik Tesla itu menuai kontroversi, hingga tak sedikit pengguna yang memilih pindah ke platform lain.

Pengembangannya sendiri sudah berjalan sejak Januari tahun ini dan Meta berencana untuk merilis aplikasi tersebut “secepat mungkin”. Kita tunggu saja ya!