February 27, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Xiaomi 12T vs 20+ Game Pilihan Kalian: Sekencang Apa? Sestabil Apa?

itechnobuzz.com – Kali ini kita akan tes mainkan ga kurang dari 20 game dengan Xiaomi 12T. Smartphone kelas atas yang hadir resmi ke Indonesia di akhir tahun 2022 ini. Review smartphone ini sudah kami tayangkan beberapa waktu lalu. Smartphone ini menggunakan Mediatek Dimensity 8100-Ultra, jadi seharusnya performanya tinggi. Tapi, apakah performa tinggi itu bisa dibawa ke dalam game? Ya, hal itulah yang akan kami bahas di video kali ini.

Nah sebagian dari game yang kami coba ini adalah masukan kalian sendiri lewat komentar yang ditulis di video review Xiaomi 12T. Mari kita lihat bagaimana kemampuan hape ini kalo diajak gaming. Di video review Xiaomi 12T, kami sempat menjanjikan akan membuat video untuk membahas gaming di smartphone tersebut.

Sebelum melanjutkan, mungkin kita bahas singkat saja ya spesifikasi Xiaomi 12T ini.

Spesifikasi

  • SoC yang digunakan adalah Dimensity 8100-Ultra. Ini adalah SoC Dimensity 8100 dengan optimasi khusus yang dilakukan Mediatek dengan Xiaomi, lewat program
  • DORA atau Dimensity Open Resource Architecture.
  • RAM 8 GB LPDDR5, dengan storage 256 GB UFS 3.1.
  • Baterai 5000 mAh yang mendukung 120W Wired Turbo Charging.
  • Layar, menggunakan AMOLED, dengan diagonal 6.67”. Resolusi sedikit di atas Full HD+, sementara refresh rate bisa sampai 120 Hz.
  • Ada Gorilla Glass 5 untuk pelindung layar.
  • Smartphone ini juga punya dual speaker atau stereo speaker, jadi saat dipakai main game di posisi horizontal, suara akan terasa lebih seimbang ya.
  • Kurang lebih seperti itu spesifikasi dari Xiaomi 12T. Buat spesifikasi lengkap dan hasil pengujian lain, langsung cek saja video reviewnya kalau belum nonton.

Gaming

Mari kita langsung masuk ke pengujian game. Sebagai catatan, kami pakai mode performance di setting baterai. Untuk me-refresh ingatan, di video review Xiaomi 12T lalu kami sudah coba beberapa game:

  • Genshin Impact, kalau dimainkan tanpa kipas, smartphone ini dapat rating A. Kita bisa dapat framerate rata-rata di 56 fps. Tapi setelah 25 menit, framerate jadi agak kurang stabil. Bisa turun sampai ke bawah 30 fps, ini sepertinya karena performa mulai ditahan. Sementara kalau pakai kipas, dia bisa dapat rating S. Mulus lancar, dengan rata-rata framerate di 58 fps. Penurunan performa seperti sebelumnya, sudah tidak lagi terjadi.
  • PUBGM, untuk setting Smooth, kita bisa dapat sampai 90 fps. Sementara setting HDR hanya bisa sampai Extreme atau 60 fps. Saat dicoba, ya framerate terbilang rata dengan batas maksimalnya di kedua setting itu.
  • Mobile Legends, kita bisa pakai setting Ultra dengan framerate Ultra juga, alias di 120 fps. Hasilnya, kita bisa dapat framerate di kisaran 110 – 120 fps. Kalaupun ada frame drop, itu tidak sampai ke bawah 100 fps. Lancar dan kekinian sekali rasanya, main game ini di Xiaomi 12T.
    Sekarang lanjut ke game-game yang belum kita tes. Terima kasih untuk yang sudah memberikan rekomendasi lewat komentar di video Xiaomi 12T. Tentu saja tidak bisa mengakomodasi semua rekomendasi game yang masuk. Karena ada keterbatasan waktu pengerjaan juga. Setidaknya, kita bisa tambahkan 20 pengujian game lagi.

Dalam pembahasan nanti, kami juga akan tunjukkan alasan kenapa beberapa jenis game tertentu memang tidak kami gunakan untuk pengujian kami.