June 23, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Dijual Rp163,2 Juta, Simak Ubahan Utama Vespa GTS Super Tech 300 Terbaru

itechnobuzz.com – PT Piaggio Indonesia (PID) belum lama ini meluncurkan keluarga Vespa berbadan besar, yakni GTS Series. Dari 3 varian yang disodorkan, Vespa GTS Super Tech 300 jadi model yang dibanderol paling mahal.

Vespa GTS Super Tech 300 terbaru dijual dengan banderol Rp163,2 juta on the road (OTR) wilayah Jakarta. Bila dihitung, versi pembaruan ini mengalami kenaikan harga Rp6,9 juta dibanding model lawasnya.

Nah dengan peningkatan harga yang terjadi, Vespa GTS Super Tech mengalami beberapa ubahan. Revisi yang dilakukan terbilang banyak, dari eksterior hingga penambahan fitur baru. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini, ya.

Ubahan Tampilan

Pertama ubahan terlihat dari sektor desain. Kini front tie atau dasi depan dibuat lebih tebal dengan warna kisi-kisi kuning cerah yang baru. Lalu lampu depan berubah sedikit, perbedaannya ada di garis pemisah headlamp.

Kemudian mika dari lampu sein juga berubah, desainnya memang masih terlihat identik namun kini memakai motif kristal yang menambah intensitas terang ketika lampu berkedip. Ubahan pun terjadi pada spion, tak lagi pakai desain bulat seperti di model terdahulu.

Revisi paling kentara ada di bagian buritan, tepatnya desain stoplamp. Sekarang menggunakan siluet DRL mengkotak, desain seperti membuat tampilannya lebih segar.

Komponen pelek tak luput dari ubahan, bila generasi sebelumnya pakai palang 5, maka sekarang menggunakan palang yang mirip dengan kepunyaan Primavera. Laburan warna hitam dengan finishing polish membuatnya kian atraktif. Dia juga kedapatan handgrip baru, revisi desain grid samping, dan penggunaan sadel atau jok motif anyar dengan lapisan kulit yang premium.

Tambah Modern

Dari segi fitur, tambahan peranti keyless membuat Vespa GTS Super Tech makin modern. Sejatinya bukan cuma Super Tech saja, varian Classic dan Super Sport 150 juga kebagian teknologi tersebut.

Fungsi remote bukan cuma untuk memudahkan pengoperasian kunci kontak saja, lebih dari itu bisa digunakan untuk fungsi bike finder (answer back system) dan membuka jok bagasi utama. Oh iya, di dalam bagasi terdapat lampu penerangan LED yang akan menyala secara otomatis ketika terbuka.

Vespa GTS Super Tech 300 terbaru memiliki fitur penunjang lain, seperti USB Port, peranti konektivitas MIA, pengereman Anti-lock Braking System (ABS) 2-channel, traction control/ASR (Anti Slip Regulation), Anti-dive System, Anti-Theft Immobilizer, Tilt Sensor.
Selanjutnya tetap menggunakan panel meter TFT (Thin Film Transistor) dengan revisi interface dan kecerahan yang diklaim lebih baik. Di situ Anda bisa memanfaatkan fungsi navigasi berupa turn-by-turn yang akan aktif ketika dikoneksikan dengan smartphone via aplikasi MIA.

Mesin Sama Sekali Tak Berubah


Berbeda dengan Vespa GTS Classic 150 dan Super Sport 150 yang kedapatan pembaruan minor di mesin, Vespa GTS Super Tech faktanya masih mengusung jantung pacu yang identik dengan versi terdahulu.

Lantas dengan rancang mesin itu, output dari GTS Super Tech masih sama. Dia mengemas mesin 78 cc HPE (High Performance Engine), 4-tak, 1-silinder, 4-katup, pendingin cairan, dan pengabut injeksi.Adapun tenaga maksimalnya 23,4 Hp pada 8.250 rpm dan torsi puncak 26 Nm pada 5.250 rpm.

Rancang Bangun dan Suspensi

Mengacu data resmi, dimensi dari GTS Super Tech mengalami ubahan. Kini panjang keseluruhan motor berada di 1.980 mm (sebelumnya 1.950 mm), lebar 795 mm, dan memiliki jarak sumbu roda 1.380 mm (sebelumnya 1.375 mm). Adapun untuk tinggi jok berada di 790 mm, bisa dipastikan untuk tinggi badan 170 cm kedua kaki akan menjinjit ke tanah.

Urusan suspensinya, Vespa terbuas ini mengadopsi peredam depan jenis pegas spiral yang mana kerapatan Anti-dive System. Tambahan komponen berupa link di peredam ini diklaim akan memaksimalkan handling dan kestabilan. Sementara di haluan belakang pakai suspensi tunggal dengan 4 tingkat setelah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengendaranya.

Vespa GTS Super Tech 300 khusus pasar Indonesia hadir dalam 2 pilihan warna, yakni Grey Quarzo Matt dan Blue Deep. Status niaganya di Tanah Air adalah CBU (Completely Built Up) alias diimpor utuh dari Vietnam.