July 19, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Review realme C55 NFC: realme C Series “Naik Kelas” Jadi “Champion”

itechnobuzz.com – Dimulai dengan Realm C55 NFC, ada perubahan besar dari jajaran Realms C-series. Mereka saat ini memposisikan seri C sebagai “juara”, yang artinya seri smartphone ini memiliki keunggulan tersendiri di kelas harganya.

Karena itu, realme C55 NFC dikatakan menawarkan banyak perubahan dari smartphone C Series sebelumnya.

Paket Penjualan

  • Unit realme C55 NFC
  • Charger 33W SUPERVOOC
  • Kabel USB Type C
  • Case transparan dengan warna abu-abu, khas realme
  • Screen protector yang terpasang ke layar smartphone
  • Paket dokumen

Paket penjualan smartphone ini masih terbilang lengkap. Ini memiliki pengisi daya yang cukup cepat dengan output 33W, dan juga memiliki casing dan pelindung layar.

Desain

Secara desain, smartphone ini memiliki bagian depan, belakang, dan rangka yang rata. Memang terasa “boxy”, tapi masih relatif nyaman untuk digenggam.

Bagian belakang dan rangka terbuat dari polikarbonat. realme menyebut smartphone ini menggunakan pola “sunshower” yang terinspirasi dari elemen alam. Sesuai dengan namanya, realme menggunakan pola garis vertikal seperti hujan yang dipadukan dengan warna yang menggambarkan matahari pada permukaan matte.

Menariknya, permukaan bodi belakangnya juga memiliki tekstur garis-garis vertikal yang disebut realme yang dibentuk dengan 13 lapisan.

Di sekeliling kamera, terdapat area desain lain yang mengkilat dan tidak berpola. Bodi belakang ini menarik. Sayangnya, casing berwarna abu-abu yang disertakan dengan paket penjualan mengaburkan daya tarik desain sunshower ini.

Sebagai variasi warna, selain Sunshower ini, ada juga warna gelap dengan motif serupa yang disebut Rainy Night. Dari segi dimensi, Realm C55 NFC memiliki tinggi 166,65 mm, lebar 75,89 mm, dan tebal 7,89 mm.

Sedangkan untuk bobotnya berada di kisaran 189,5 gram. Dengan kata lain, smartphone ini tergolong ringan namun tetap memiliki bodi yang terbilang ramping.

Port & Tombol

Untuk port dan tombolnya, terdapat:

  • Sisi Kanan: tombol power sekaligus fingerprint scanner, tombol volume up/down
  • Sisi Atas: kosong
  • Sisi Kiri: SIM Tray (2 Nano SIM + Micro SD), mendukung penggunaan Micro SD sampai 1 TB.
  • Sisi Bawah: audio jack, microphone, USB Type C, speaker

Sekarang, untuk speaker, Realm menyebutnya “200% UltraBoom Speaker”. Meskipun volume diatur ke 100%, Anda dapat mengakses mode “200%” dengan menekan kembali tombol volume naik.

Tentu saja, volumenya tidak dua kali lipat, tetapi bisa sedikit lebih keras. Sejauh kualitas suaranya, itu cukup baik untuk smartphone kelas menengah. Sayangnya ini hanya satu speaker saja.

Layar

Menengok ke depan, terdapat layar berukuran 6,72 inci yang dilengkapi dengan panel IPS. Resolusinya adalah FHD+ (2400 x 1080 px) dengan kecepatan refresh hingga 90 Hz dan kecepatan sampling sentuh 180 Hz.

Menariknya, setelah beberapa saat di layar beranda, kecepatan refresh turun menjadi 45 Hz, bukan 60 Hz jika pengaturannya diatur ke otomatis. Di sisi lain, setiap gerakan swipe atau slide di home screen akan membuat Anda merasakan refresh rate 90Hz. Gerakan tampaknya relatif lebih halus daripada 60Hz standar.

Sayangnya, tidak banyak aplikasi yang bisa berjalan di refresh rate 90Hz ini. Chrome dengan Realme UI dan App Market dapat berjalan pada 90Hz, tetapi Play Store, YouTube, dan banyak aplikasi lainnya hanya dapat berjalan pada 60Hz.

Untuk tingkat kecerahan, realme disebut mampu mencapai 680 nit HBM. Dalam pengujian kami, dapat mencapai sekitar 535 nits di dalam ruangan.