April 22, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Daihatsu Produksi Mobil Listrik Mulai Tahun Depan

itechnobuzz.com – Produksi mobil listrik Daihatsu akan dimulai tahun depan. Hal tersebut disampaikan Matsubayashi Sunao, Chairman Daihatsu Motor Co., Ltd. kepada Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian Republik Indonesia

Ia mengatakan, produksi mobil listrik tidak bisa dilakukan sembarangan. Menurutnya, dibutuhkan banyak pekerjaan untuk menyiapkan lini produksi yang sesuai dengan daya beli masyarakat.

“Selain itu, Daihatsu belum memproduksi kendaraan listrik di Jepang. Rencananya produksi kendaraan listrik akan dimulai tahun depan,” kata Matsubayashi.

Daihatsu saat ini tertinggal dari persaingan karena belum memiliki lini kendaraan listrik. Meski mereka menghadirkan konsep Daihatsu Ayla EV di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Agus Gumiwang saat ini berkunjung ke Jepang untuk mengajak produsen otomotif mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik Salah satu tempat yang dikunjunginya adalah, karena mereka memiliki pasar yang cukup besar di Indonesia.

Dia juga meyakinkan bahwa pemerintah membantu perusahaan dengan berbagai insentif. Mereka pun menunjukkannya ke beberapa pabrikan mobil lain yang menerima pemasangan ini.

“Kami berharap Daihatsu bisa berpartisipasi, karena hanya dua perusahaan yang berhak mengikuti program ini,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga merinci adanya Peraturan Presiden (Inpres) nomor 7 tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan listrik baterai sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perseorangan untuk pelayanan lembaga negara pusat dan daerah. Regulasi ini diharapkan dapat menumbuhkan ekosistem EV di tanah air.

“Dengan adanya regulasi yang memaksa kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah membelanjakan anggaran untuk kendaraan listrik, permintaan kendaraan listrik di Indonesia berpotensi untuk dipenuhi oleh Daihatsu,” ujarnya.

Tak hanya itu, Agus juga mengatakan akan mengevaluasi program Low Cost Green Car (LCGC). Padahal, segmen ini memiliki segmen EV yang berbeda.

Padahal boleh dikatakan disana merupakan lumpung penjualan dari Daihatsu di Indonesia. Sigra misalnya merupakan model terlaris mereka.

“Jadi kita sudah menetapkan standar kadar maksimal emisi yang keluar dari mobil. Jelas akan kita nilai kadar maksimalnya, kalau perlu disesuaikan,” kata Agus.