July 19, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

IOS Luncurkan Fitur Baru Yang Potensial di WWDC 2023

itechnobuzz.com – Apple memperkenalkan serangkaian fitur baru untuk sistem operasi iOS di The Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023, mulai dari fitur kesehatan baru hingga dukungan untuk perangkat mixed reality (XR).
Secara historis, WWDC telah menjadi titik balik bagi iOS. Sementara WWDC 2023 mungkin merupakan pertanda dari pengumuman headset realitas campuran, iOS 17 dikatakan akan memperkenalkan beberapa “fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna”.

WWDC sendiri akan digelar mulai hari ini (5/6) hingga Jumat (9/6) di Apple Park, Cupertino, California, AS.
Fitur kesehatan
Fitur pertama yang akan diluncurkan Apple ke iOS keluaran terbarunya adalah fitur kesehatan. Menurut Wall Street Journal, Apple sedang mengerjakan proyek aplikasi penjurnalan yang memungkinkan pengguna merekam aktivitas mereka.

Catatan ini kemudian dianalisis untuk menentukan rutinitas sehari-hari seperti waktu yang dihabiskan di rumah dibandingkan dengan tempat lain dan apakah ada sesuatu yang tidak biasa pada hari tertentu.

Kemudian, menurut Mark Gurman dari Bloomberg, Apple juga akan menambahkan fitur ke aplikasi Kesehatan termasuk pelacak suasana hati yang mengajukan pertanyaan tentang hari pengguna dan menampilkan hasilnya dari waktu ke waktu, serta alat bantu untuk mengelola kondisi penglihatan seperti rabun jauh.

Apple sedang mengerjakan proyek layanan pelatihan digital Kesehatan dan Kebugaran yang akan didukung AI untuk tahun depan. Selain itu, aplikasi Kesehatan akan hadir di iPad tahun ini dengan fitur-fitur baru untuk diikuti. memantau suasana hati, emosi, dan manajemen penglihatan.

 

Layar rumah pintar

iOS 17 juga kemungkinan akan memberikan tampilan baru untuk layar iPhone. Menurut Gurman, Apple sedang mengerjakan integrasi layar kunci iPhone yang berfungsi sebagai tampilan rumah pintar dengan Google Next atau Amazon Echo. Saat diposisikan secara vertikal, antarmuka menampilkan informasi seperti janji temu kalender, cuaca, dan notifikasi yang terpasang di widget layar kunci.

Ada juga rumor tentang Pusat Kontrol yang dirubah yang belum diperbarui sejak 2017.

 

Pembaruan Dompet Apple

Dalam podcast, Gurman memperkirakan akan melihat pembaruan untuk Apple Wallet, meski detailnya masih belum jelas.
Apple telah melakukan banyak sekali daya upaya untuk menambahkan layanan keuangan ke perangkatnya, sehingga masuk akal jika Wallet mendapat perhatian khusus di WWDC.Pasalnya,
Apple Pay Later yang memungkinkan pengguna membayar produk dengan cara mencicil telah diluncurkan di Amerika Serikat (AS) pada Maret lalu. Lalu, ada fitur tekan untuk bayar yang memungkinkan transaksi tanpa perlu terminal pembayaran atau pembaca kartu seperti Square akan rilis pada tahun 2023 ini.

Dukungan perangkat lunak XR

Perangkat Apple XR yang disebut “Reality Pro” diharapkan menjadi acara utama WWDC tahun ini.
Perangkat ini akan dibundel dengan sistem operasinya sendiri yang disebut xrOS.
Berbasis Sea Mashable, headset ini dapat digunakan sebagai perangkat yang berdiri sendiri,
namun dapat dihubungkan dengan perangkat Apple lainnya seperti iPhone atau Mac untuk fungsi tertentu. Seandainya Apple resmi mengumumkan Reality Pro,
maka iOS 17 akan hadir dengan semacam fitur integrasi xrOS.

 

Fitur baru untuk pengembang

Untuk mematuhi UU Pasar Digital UE, Apple harus mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk diakses di luar App Store mulai tahun 2024.
Menurut laporan dari Gurman pada Desember 2022, Apple berencana menyelesaikan tugas ini dengan fitur visual. “sideload” di iOS 17. Bagi developer,
mereka tidak perlu membayar biaya komisi hingga 30 persen untuk menjalankan aplikasi mereka di perangkat Apple.
Tahun ini, WWDC dapat mengumumkan versi CarPlay yang akan didukung oleh iOS 17 setelah informasi tersebut dipublikasikan di WWDC 2022.

Selain itu, kami mungkin melihat sesuatu yang baru untuk Apple Music dengan lagu di layar kunci. Belakangan, Gurman menunjukkan peningkatan
SharePlay dan kemudahan penggunaan AirPlay di perangkat yang tidak memiliki akses ke pengguna, misalnya distribusi informasi di program hotel.