June 12, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Review Cooler Master ML360 SUB-ZERO (+ Overclocking Core i9-10900K @ 6 Ghz )

itechnobuzz.com – Cooler Master, Pendingin komputer biasanya menjaga suhu perangkat komputasi dalam batas aman,

memungkinkan komponen ini beroperasi di atas suhu ruangan. Prosesor biasanya memerlukan pendinginan ekstrem untuk beroperasi pada suhu di bawah suhu ruangan, atau bahkan saat suhu mencapai suhu di bawah nol (di bawah 0 derajat Celsius). B. Dengan es kering atau nitrogen cair. Sayangnya, pendingin ekstrem seperti ini sulit digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan digunakan oleh overclocker ekstrem hanya untuk tujuan pengujian atau untuk memecahkan rekor benchmark.

Cooler Master meluncurkan konsep pendinginan prosesor baru dengan berkolaborasi dengan Intel untuk memperkenalkan Extreme Cooler yang dapat menjalankan prosesor Anda dengan aman 24/7. Pendinginnya adalah Cooler Master ML360 SUB-ZERO dengan Intel Cryo Cooling Technology.

Melihat Lebih Dekat : Cooler Master ML360 SUB-ZERO

Apa itu ML360 SUB-ZERO?

Seperti terlihat di atas, bentuk fisik ML360 SUB-ZERO tidak berbeda dengan sebuah unit Watercooling AIO(All-in-one) dengan radiator 360mm, bedanya adalah unit ini bisa menghasilkan suhu pada range sub-ambient (dibawah suhu ruang), bahkan sub-zero (dibawah 0 C).

Komponen Penting ML360 SUB-ZERO: Thermoelectric Cooling (TEC)

Salah satu komponen utama yang bisa membuat ML360 SUB-ZERO bisa beroperasi di bawah suhu ruang adalah adanya modul Thermoelectric Cooling (a.k.a ‘Peltier’).

Sederhananya, TEC adalah pelat yang mentransfer sejumlah panas dari satu sisi ke sisi lain saat arus diterapkan. Saat TEC beroperasi, satu sisi sangat panas (sisi panas) dan satu sisi sangat dingin (sisi dingin).

Dalam beberapa skenario, sisi dingin bahkan bisa membeku saat suhu di bawah 0°C. Penggunaan modul TEC ini sangat penting untuk pengoperasian ML360 SUB-ZERO pada suhu ruangan.

Sederhananya, TEC adalah pelat yang, ketika diterapkan, mentransfer sejumlah panas dari satu bagian ke bagian lainnya. Saat TEC beroperasi, satu sisi sangat panas (sisi panas) dan satu sisi sangat dingin (sisi dingin).

Dalam beberapa skenario, sisi dingin dapat membeku saat suhu di bawah 0°C. Penggunaan modul TEC ini sangat penting untuk pengoperasian ML360 SUB-ZERO pada suhu ruangan.

Sayangnya, TEC memiliki beberapa masalah mendasar, seperti :

TEC hanya dapat mentransfer panas secara optimal dalam kapasitas tertentu. Nilai ini disebut QMax dan biasanya diukur dalam watt.
Biasanya Anda memerlukan modul TEC dengan peringkat daya yang lebih tinggi daripada TDP/daya termal komponen yang Anda jalankan (mis. prosesor Anda memiliki peringkat TDP 100W, jadi Anda memerlukan modul TEC dengan peringkat daya yang jauh lebih tinggi). 100 W atau lebih untuk menurunkan performa prosesor ini hingga batas optimal).

Jika modul TEC kurang bertenaga daripada komponen yang didinginkannya, kinerja pendinginan tidak akan optimal (atau lebih buruk daripada kipas heatsink biasa).
Untuk modul TEC berdaya tinggi, sisi dingin dapat beroperasi di bawah 0°C, menghasilkan kondensasi yang dapat menyebabkan kerusakan.
Panas yang perlu dihilangkan pada sisi panas TEC adalah kombinasi dari kinerja termal komponen dan modul TEC (mis. prosesor memiliki TDP 100W dan kami menggunakan TEC dengan nilai 150W). Kami mengambil 250W di sisi panas. Saya harus pergi, yang sulit ditangani untuk heatsink normal dan membutuhkan pendingin air)
TEC meningkatkan konsumsi daya keseluruhan sistem dan membuat sistem relatif intensif energi dibandingkan dengan pendingin tradisional.

Ada upaya pengguna untuk mengurangi kelemahan TEC dengan membuat pengontrol yang menggerakkan TEC pada kisaran suhu tertentu atau pada watt tertentu, tetapi solusi ini jarang digunakan di perangkat konsumen.

Untuk menangani sebagian kelemahan ini, ML360 SUB-ZERO menerapkan Intel Cryo Cooling Technology.

Apa itu Intel Cryo Cooling Technology ?

Intel Cryo Cooling adalah KOMBINASI hardware, software, firmware untuk menghasilkan pendingin dengan temperature sub-ambient yang dikontrol dengan ketat.