July 23, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Review Itel P40: Smartphone Rp 1 Jutaan

itechnobuzz.com – Memperkenalkan ponsel cerdas ini adalah itel P40. Ini adalah smartphone bernilai jutaan dolar pertama yang sangat mengejutkan kami. Bayangkan, dengan harga segitu Anda mendapatkan RAM 4 GB dan storage 64 GB, dan bisa ditambah lagi dengan MicroSD. Kameranya sangat bagus untuk harganya, dengan baterai 6000mAh dan prosesor 8-core. Dan yang lebih hebatnya lagi, ada bonus TWS atau Powerbank bagi yang membeli smartphone ini, jadi kalau dihitung-hitung, smartphone ini bisa berharga kurang dari Rp 1 jutaan.

Smartphone seperti ini jarang ada, tapi apakah benar-benar layak dibeli? Apa yang harus Anda pertimbangkan?

Silakan coba bayangkan. Untuk harga itu Anda mendapatkan RAM 4GB dan penyimpanan 64GB yang dapat Anda tambahkan dengan MicroSD. Kamera ini sangat bagus untuk harganya, dengan baterai 6000mAh dan prosesor 8-core. Dan yang lebih mengejutkan lagi, ada bonus TWS atau Powerbank bagi siapa saja yang membeli smartphone ini. Jadi, jika dihitung-hitung, smartphone ini bisa dibanderol kurang dari Rp 1 jutaan.

Smartphone seperti itu jarang terjadi, tetapi apakah mereka benar-benar layak dibeli? Apa yang harus diperhatikan?

Secara historis, Aitel sendiri didirikan pada tahun 2013. Kami awalnya memulai bisnis kami di pasar Timur Tengah dan Afrika dan kemudian memperluas bisnis kami ke Asia Tenggara dan bahkan Eropa Timur Tengah seperti Rusia. Jika Anda belum banyak mendengar tentang merek tersebut dari media Amerika atau YouTuber, itu karena Aitel belum datang.

Untuk Indonesia sendiri, itel baru resmi hadir di Indonesia pada tahun 2020, jadi wajar jika banyak orang yang belum mengetahuinya.

Secara historis, Aitel sendiri didirikan pada tahun 2013. Kami pertama kali memulai bisnis kami di Timur Tengah dan Afrika dan kemudian memperluas bisnis kami ke Asia Tenggara dan bahkan Eropa di Timur Tengah seperti Rusia. Jika Anda belum banyak mendengar tentang merek tersebut dari media Amerika atau YouTuber, itu karena Aitel masih menunggu kami.

Untuk Indonesia sendiri, itel resmi hadir di Indonesia pada tahun 2020, jadi wajar jika banyak yang belum mengetahuinya.

Sedangkan untuk lini smartphone, Aitel biasanya memiliki tiga lini. Ada lini A-series, S-series, dan P-series. Dan ternyata Itel menjual lebih dari sekadar smartphone. Kami memiliki berbagai macam produk seperti audio, smartwear, power bank, elektronik konsumen, laptop dan banyak lagi.

Dalam hal pusat layanan, Itel milik layanan CarlCare, serta merek lain dari Transsion Holding. Sehingga jika smartphone mengalami kerusakan, pengguna cukup menghubungi service center yang sangat populer di Indonesia ini. Menurut informasi terakhir, saat ini terdapat 165 pusat layanan perawatan landak di seluruh Indonesia, meliputi Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Lokasi service center dapat dengan mudah ditemukan di website resmi carcare.com atau melalui aplikasi Carlcare di smartphone Anda.

Jadi Anda bisa melihat Itel bukanlah merek yang baru dimulai dalam satu atau dua tahun terakhir. Menurut itel, perusahaan tersebut cukup dikenal di beberapa negara. Apalagi kalau tahu ini Transition Holdings Group, tidak salah lagi kualitas produknya.

Ini adalah smartphone Itel P40.

Isi Box:

  • Unit
  • Charger 18W. Masih ada chargernya! 3x
  • Kabel Micro USB
  • Case
  • Screen protector pun masih ada, tapi memang kita mesti pasang sendiri
  • Dan yang unik lagi, kita masih dapat earphone di dalam boksnya. Untuk harga Rp 1 juta, menurut kami ini smartphone yang paling banyak isi boxnya.

Desain

Desain smartphone ini didasarkan pada desain bodi persegi, dan saya suka bingkainya memiliki permukaan yang halus dan tidak ada tepi tajam pada bodinya.

Rangka dan punggung terintegrasi dan bahannya plastik. Desain penutup belakang menampilkan tekstur bergaris dan lapisan matte yang tidak hanya memberikan rasa nyaman, tetapi juga bebas sidik jari. Bagian modul kamera ditutupi dengan kotak hitam besar, dan permukaannya sedikit mengkilap dan mudah kotor.

Dimensi: 164.4 x 75.8 x 9.2mm
Bobot: 209gram

Jadi smartphone ini tergolong besar dan tidak ringan, namun mengingat baterainya yang besar 6000mAh, sepertinya wajar.

Pilihan Warna: kuning, biru, hitam

Secara keseluruhan, menurut kami desainnya solid untuk harganya. Tidak ada bagian yang longgar seperti sasis atau mungkin tombolnya terasa tipis. Desain ini terlihat tidak lebih elegan dari smartphone Rp 1 jutaan lainnya.

  • Sisi-Sisi
  • Sisi Kanan: tombol power, tombol volume
  • Sisi Atas: kosong
  • Sisi Kiri: Slot SIM Tray Triple Slot, bisa pasang 2 SIM + 1 MicroSD up to 512GB
  • Sisi Bawah: headphone jack, microphone, port microUSB, speaker mono.

Di sisi layar, kita melihat ada earphone di bezel atas dan kamera selfie di bawahnya. Ini adalah kamera selfie 5 MP dengan perekaman video 1080p 30 FPS.

Layar

  • 6.6 inci waterdrop display
  • Resolusi HD+
  • Refresh Rate 60Hz
  • Dari segi kecerahan layar menurut kami memang kurang, saat disetel 50% sampai 80% masih pas saja untuk penggunaan indoor. Pemakaian outdoor saat terik, meskipun sudah disetel di 100% layarnya terasa agak gelap.

Ada 1 catatan penting terkait layarnya yaitu tidak adanya sistem Auto Brightness akibat tidak adanya light sensor. Jadi pengaturan kecerahan layar harus selalu dilakukan manual.
Tidak ada masalah dengan kualitas gambar dari layar itu sendiri. Namun, menurut saya 720p sangat bagus mengingat harganya. Sudut pandangnya bagus, warna yang dihasilkan tidak pudar, dan harganya sangat bagus. Menurut kami, meski dengan 2 juta smartphone, warna layarnya tidak begitu bagus.

Kita beralih ke Sisi Belakang, ada modul kamera, dan LED flash.

Specs Kamera:

Kamera utama 13 MP
Perekaman video: 1080p 30FPS
Sepertinya ada kamera yang berbeda di sini, tapi anggap saja itu bonus untuk penampilan.

Dan ada juga pemindai sidik jari di sini, yang merupakan keuntungan yang disambut baik, meskipun banyak smartphone dalam kisaran harga ini tidak memiliki sidik jari.