April 18, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

iPhone14 Kelas Flagship: Desain Baru Dengan Spesifikasi Tinggi

itechnobuzz.com – Apple kembali menghadirkan dua smartphone andalan baru dari keluarga iPhone14. Ada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, keduanya menawarkan banyak peningkatan dibanding iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max generasi sebelumnya. Apakah hanya spesifikasinya saja yang naik atau harganya juga naik?

Gunakan Apple A16 Bionic

Kedua iPhone flagship ini dibekali SoC baru, yakni Apple A16 Bionic. Produksinya di 4 nm SoC ini menawarkan kinerja lebih tinggi dari SoC sebelumnya, A15 Bionic yang digunakan di keluarga iPhone 13, iPhone 14, dan iPhone 14 Plus.

Konfigurasi CPU masih berupa 2 core performa tinggi dan 4 core performa tinggi, namun ada core yang ditambahkan oleh Apple yang meningkatkan performa secara keseluruhan. GPU pada SoC ini juga memiliki 5 core dan tentunya performa yang lebih baik.

Selain SoC baru, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max menampilkan RAM LPDDR5. Lebih dari sebelumnya “hanya” dengan LPDDR4X. Kapasitasnya masih 6GB, tapi cukup untuk sebuah iPhone.

Sedangkan untuk penyimpanan, Apple saat ini menawarkan empat ukuran: 128GB, 256GB, 512GB, dan 1TB. Kedua smartphone memiliki penyimpanan melalui NVMe.

Kamera Baru, Sensor 48 MP

Berikutnya adalah peningkatan kamera. Apple saat ini menggunakan kamera 48MP untuk kamera utama di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, namun sebelumnya menggunakan sensor 12MP untuk kamera utama di smartphone andalannya. Kamera 48 MP ini juga dikatakan mendukung “2x optical zoom” dan menggunakan teknologi yang berbeda dari Apple.

Konfigurasi kameranya berbeda dengan iPhone 14 atau iPhone 14 Plus kamera ganda sederhana. Selain kamera utama 48MP yang disebutkan di atas, ada kamera ultra lebar 12MP dan kamera telefoto 12MP dengan resolusi optik 3x. Ada juga sensor LIDAR atau 3D TOF untuk deteksi kedalaman.

Peningkatan kamera pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max mencakup 48MP ProRAW, stabilisasi gimbal untuk perekaman video, dan mesin fotonik yang meningkatkan kualitas secara keseluruhan.

Kamera selfie akan sama 12 MP seperti sebelumnya ditambah kamera 3D SL. Sehingga kamera selfie ini membuat desain smartphone flagship ini sedikit berbeda.

Desain: Kini Tanpa Notch

Apple menghilangkan takik pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Kamera selfie dan komponen lain yang biasanya terletak di takik terletak di lekukan di bagian tengah atas layar yang disebut “pulau dinamis”.

Ini akan menjadi perubahan yang cukup besar pada desain iPhone. Hingga saat ini, kamera selfie buatan Apple sudah ada sejak iPhone.

Menariknya, Apple sengaja mendesain pulau dinamis ini sebagai bagian dari UI iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.Akibatnya, beberapa komponen UI iOS tampak mendekati batas, tidak hanya di aplikasi Apple, tetapi juga di aplikasi pihak ketiga.

IPhone 14 Pro berukuran 147,5 x 7,85 x 71,5 mm dan berat sekitar 206 gram, sedangkan iPhone 14 Pro Max berukuran 160,7 x 77,6 x 7,85 mm dan berat 240 g.

Lalu Bagaimana dengan Layarnya?

Untuk layar, Apple menggunakan ukuran layar yang sama dengan generasi sebelumnya, 6,1 inci untuk iPhone 14 Pro dan 6,7 inci untuk iPhone 14 Pro Max.Kecerahan maksimumnya harus mencapai 2000 nits. Tentu saja, OLED digunakan sebagai panelnya. Panggil saya masih Super Retina XDR

Dengan teknologi ProMotion, kecepatan refresh layar hingga 120Hz. Tentu saja, ini adalah tampilan HDR yang mewujudkan ruang warna lebar hingga standar P3.

Fitur Always On Display juga hadir di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.Yang unik di sini adalah always-on display tidak hanya hitam putih, tapi juga berwarna, dengan kecerahan redup dan refresh rate. sebesar 1Hz.

Spesifikasi Lain

Sistem operasi yang digunakan kedua smartphone ini adalah iOS 16. Face ID tetap ditawarkan demi alasan keamanan. Apple ingin memanfaatkan berbagai sensor di smartphone untuk memberikan kemampuan deteksi tabrakan di seri iPhone 14.

Utilitas koneksi untuk pengisian daya tetap Lightning, dan USB Type-C belum ada. Dukungan pengisian kabel yang sama seperti sebelumnya. Untuk pengisian daya nirkabel, kami masih memiliki MagSafe 15W.

Konektivitas, tentunya kedua smartphone ini sudah 5G. Ada juga Wi-Fi 6, Bluetooth 5.3, NFC dan UWB. Konektivitas via satelit juga tersedia, namun ini lebih ditujukan untuk situasi darurat.

Sebagai perangkat flagship, Apple tentu saja membekali kedua smartphone ini dengan sertifikasi IP68. Artinya keduanya tahan air, tidak hanya terhadap cipratan air, tetapi juga terhadap perendaman smartphone di dalam air.

Untungnya, spesifikasi untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, yang hingga saat itu adalah $999 untuk iPhone 14 Pro dan $1099 untuk iPhone 14 Pro Max, emas, perak, dan hitam pekat.

Tidak, selain kedua Tahun ini, Apple mengganti iPhone 14 dan iPhone 14 Plus sebagai smartphone andalannya, tapi itu belum semuanya. Kami telah menerima beberapa spesifikasi smartphone yang telah kami buat untuk artikel ini.