April 18, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Advan Tab VX Lite: Rp 2 Juta Bisa Gaming, Layar Keren

itechnobuzz.com – Inilah Advan Tab VX Lite, tablet terbaru dari Advan yang baru-baru ini mendapat permintaan tinjauan singkat. Ya, saatnya mempelajari lebih dalam apa yang ditawarkan tablet layar lebar ini dengan harga terjangkau.

Tablet ini memiliki layar besar 10,4 inci dengan resolusi “2K”. SoC masih cukup baik di kisaran harganya. Menariknya, sistem operasinya sudah menggunakan Android 13!

Dari namanya, tablet baru ini terlihat seperti versi “Lite” atau versi lebih murah dari Advan Tab VX. Tab VX sendiri akan dirilis pada akhir tahun 2021 dengan harga Rp 3 jutaan.

Kartu VX Lite baru akan diluncurkan pertengahan 2023 dengan harga murah Rp 2 juta. Padahal, saat video review produk ditayangkan, tablet tersebut masih tersedia dengan harga promosi Rp 1 jutaan.

Tapi ada yang terpotong dari Tab VX, kan? Apa yang mendorong penurunan harga untuk tablet baru ini? Kami akan membahasnya dalam ulasan ini. Sebelum itu, mari kita lihat apa saja yang ada di dalam paket penjualan tablet ini.

Paket Penjualan

Isi dari box kemasan paket penjualannya adalah:

  • Unit Tab VX Lite
  • Charger, hanya 10 W.
  • Kabel USB Type C
  • Screen Protector, sudah terpasang ke layar smartphone
  • SIM Tray Ejector
  • Paket Dokumen
  • Bundling XL, dengan bonus kuota sampai 60 GB

Jadi, menurut informasi dari toko online resmi Advan, tablet ini hadir dengan flip case di dalam retail box-nya. Tapi itu keluar dari kotak. Jadi, sebagai paket penjualan, tablet ini terbilang cukup lengkap.

Desain

Dari segi desain, tablet baru ini sangat berbeda dengan Tab VX. Advan telah menggunakan gaya yang benar-benar datar dari tablet ini. Bodi belakang dan rangkanya rata. Berbeda dengan Tab VX yang memiliki punggung melengkung dan rangka bulat.

Tablet ini berukuran lebar 24,8cm, tinggi 15,9cm, dan tebal sekitar 0,8cm. Tablet 10,4 inci ini cukup terjangkau.

Beratnya 466 gram, tapi tidak terlalu berat. Warna abu-abu atau abu-abu saja.

Untuk di setiap sisinya terdapat diantaranya:

  • Sisi Kanan: speaker, USB Type C, audio jack 3.5 mm. Ya, ada audio jack dengan posisi di sudut kanan atas, dengan posisi jack menghadap ke kanan.
  • Sisi Atas: SIM Tray, sayangnya ini Hybrid (2 Nano SIM atau Nano SIM + Micro SD). Micro SD mendukung sampai 128 GB. Ada juga microphone di sisi atas ini.
  • Sisi Kiri: tombol power, tombol volume up/down, speaker
  • Sisi Bawah: kosong

Ini juga perbedaan antara Tab VX Lite dan Tab VX dalam hal speaker. Di sini hanya ada dua speaker yang disebut Advan sebagai speaker true stereo. Omong-omong, Tab VX memiliki empat speaker.

Bagaimana dengan kualitas audionya? Tidak sebagus Tab VX, tapi seharusnya cukup bagus untuk titik harga ini.

Advan Tab VX Lite memiliki layar 10,4 inci dengan panel IPS di bagian depan. Menariknya, layarnya sudah menggunakan resolusi “2K” (2000 x 1200 piksel). Kecepatan penyegaran adalah 60Hz.

Bisa mencapai 330 nits, sesuai dengan janji Advan.

Sedangkan untuk bidang warna, untuk sRGB cakupan bidang warna 85% dan volume bidang warna 89,4%. Bahkan tidak mendekati sRGB 100%, tapi masih cukup bagus.

Saya sudah mencobanya dan cukup mulus hanya dengan 10 jari. Apakah layar ini mendukung stylus?Anda dapat memajukannya, tetapi tentu saja tidak ada fitur seperti level tekanan.

Di bagian atas layar terdapat kamera selfie 5MP dengan kemampuan merekam video. Hingga 720p30. Masih belum 1080p, tapi 720p sebenarnya cukup bagus. Selain itu, di tablet, kamera selfie ini bisa lebih banyak digunakan untuk panggilan video.

Selanjutnya kami memiliki kamera utama 8 megapiksel dengan perekaman video hingga 1080p30. Fitur yang tersedia seperti Panorama, Portrait, Pro (foto kamera utama saja), Time Lapse, Night mode.

Spesifikasi

SoC: UniSOC Tiger T618

Ini SoC yang sama dengan yang ada di Tab VX. SoC ini memiliki CPU Octa Core, dengan 2 Cortex A75 dan 6 Cortex A55, serta dibekali GPU Mali-G52 MP2 dan menggunakan fabrikasi 12 nm.

RAM & Storage: 6 GB/128 GB

Storage: eMMC 5.1

RAM di Tab VX Lite ini sedikit lebih kecil dari Tab VX yang punya RAM 8 GB. Tapi, setidaknya sudah 6 GB ya, bukan 4 GB. Sudah mencukupi.

Baterai: 6000 mAh

Sayangnya, itu tidak cukup besar untuk sebuah tablet dengan layar 10,4 inci. Namun tentunya Anda tidak akan mengetahuinya sebelum langsung menguji daya tahan baterainya. Untuk pengisian daya, sayangnya hanya mendukung hingga 10 watt.

Sensor: Accelerometer, Light Sensor

Konektivitas:

  • 2G, 3G, 4G. Ya, ini adalah tablet yang mendukung koneksi seluler 4G. Apakah hanya untuk internet atau bisa dilakukan melalui telepon juga? Tablet ini memiliki fungsi dialer. Ya, ini berfungsi di telepon juga.
    Namun, perlu diketahui bahwa tablet ini tidak dilengkapi dengan headphone. Saat saya menggunakan telepon, suara keluar dari speaker. Jika tidak ingin terdengar oleh sekitar, sebaiknya gunakan headset.
  • Wifi5
  • Bluetooth 5.0
  • USB OTG. Dapat digunakan untuk berbagai perangkat USB.

Keyboard & mouse? Kalau butuh pasang keyboard dan mouse, bisa. Tinggal pakai USB Type C Hub, kita bisa pasang keyboard – mouse, dan ya keduanya bisa dipakai. Selain pakai USB Hub, kita bisa juga pakai keyboard dan mouse berbasis Bluetooth juga. Mau pakai kombinasi Bluetooth + USB bisa juga.
Storage? Bagaimana kalau misalnya mau pasang flash disk? Bisa juga. Kalau ada flash disk USB Type C, bisa langsung pasang. Tapi kalau pakai flash disk USB Type A, bisa pakai USB Hub.
Network adapter? Ternyata bisa juga. Jadi, kemampuan USB di sini sudah lengkap.
Display output lewat USB Type C? Sayangnya tidak bisa. Tapi ini karena ini tablet dengan layar 10.4”. Layarnya seharusnya sudah cukup besar. Atau kalau memang butuh tampilan yang lebih besar, masih bisa menggunakan fitur Chromecast. Ini bisa untuk casting konten saja ke layar besar yang mendukung Chromecast, atau bisa juga untuk screen mirroring juga.

Keamanan: Hanya screen lock saja, dengan pin, pattern, atau password.

OS: Android 13. Ya, ini sudah menggunakan Android 13, bukan Android 12 atau bahkan Android 11. UI yang digunakan terbilang ringan dan responsif.