June 12, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Review Jabra Elite 4 Active: Fitur Lengkap Dan Tahan Air

itechnobuzz.com – Jabra kembali meluncurkan TWS terbarunya, Jabra Elite 4 Active untuk pasar Indonesia. Seperti namanya, TWS ini ditujukan untuk pengguna yang mencari TWS multifungsi untuk penggunaan sehari-hari yang juga bisa digunakan untuk olahraga.

Karena tahan debu dan air, TWS ini cocok untuk segala jenis aktivitas luar ruangan termasuk olahraga. TWS juga dilengkapi fungsi ANC dan dukungan codec aptX, memberikan kesan unik.

Di bawah ini kita akan melihat Jabra Elite 4 Active TWS.

Paket Penjualan

Pembelian Jabra Elite 4 Active akan mendapatkan:

  • Charging Case
  • Dua unit Earphone
  • Tiga pasang Eartips tipe silikon
  • Kabel USB Type A to Type C untuk pengisian ulang

Desain dan Spesifikasi

Ini dapat digunakan dalam IEM di True Wireless Stereo-Stilo Kabel dan tidak dapat dipisahkan dari link dan rechten Einheiten. Headphone TWS tersedia di telinga dan di telinga. tws

Kasing pengisi daya relatif kecil, tetapi agak tebal. Bentuknya kotak dengan sisi membulat dan bagian atas dan bawah rata. Port USB-C ada di belakang. Saat terbuka, lampu indikator hijau pada unit TWS dan casing pengisi daya akan menyala.

Jabra Elite 4 Active tersedia dalam tiga pilihan warna: navy blue (in device test), black dan mint. Unit utama TWS dan casing pengisi daya memiliki lapisan matte yang mencegah sidik jari dan mencegah tergelincir saat dipegang.

Ringan hanya dengan 5 gram per buah. Kami sendiri merasakan keberadaan TWS Human yang tidak membebani liang telinga. Berat total termasuk wadah pengisi daya hanya 47,5 gram.

Koneksinya sangat modern dan menggunakan Bluetooth 5.2. Dukungan codec yang tersedia adalah SBC dan aptX. Yang mengejutkan saya, ternyata TWS tidak mendukung codec AAC.

Saat menguji pada smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra dan ASUS ROG Phone 3, codec AAC tidak dapat dipilih di menu opsi pengembang. Namun, mengingat codec aptX menawarkan bitrate yang lebih baik daripada AAC, ini bukan masalah.

Sayangnya, hal ini menyebabkan smartphone yang tidak mendukung codec aptX macet di SBC, seperti halnya perangkat dengan Mediatek SoCs. SoC Exynos tidak memiliki masalah ini.

TWS ini juga dilengkapi mode mono, memungkinkan pengguna untuk menggunakan hanya satu perangkat sambil menyimpan perangkat lain di dalam wadah pengisi daya. Sempurna untuk digunakan sebagai alternatif panggilan bebas genggam.

Jabra Elite 4 Active menggunakan driver 6mm. Respons frekuensi pengemudi adalah 20 Hz hingga 20.000 Hz.

Fitur-Fitur

TWS ini dilengkapi dengan teknologi Active Noise Cancellation yang menggunakan 4 mikrofon (2 untuk setiap TWS) untuk mendeteksi kebisingan eksternal.

Di Jabra Elite 4 Active, fitur ini disebut HearThrough. Fitur ini memungkinkan Anda mendengar sekeliling tanpa harus melepas TWS. Penggunaan TWS relatif aman saat berjalan atau beraktivitas di area ramai.

Menariknya, pengguna bisa mengatur volume untuk fitur ini. Terkadang sedikit lebih keras dari aslinya, terkadang lebih pelan. Pada saat yang sama, kualitas suaranya seperti mendengarkan di lapangan.

Mikrofon yang tersedia sudah menggunakan teknologi beamforming. Ini memungkinkan Anda untuk fokus hanya merekam suara yang keluar dari mulut Anda.

TWS ini juga bersertifikat IP57, tetapi ini hanya berlaku untuk perangkat TWS, bukan casing pengisi daya. Hal ini tetap menarik karena merek dengan standar kualitas IP yang sudah dikenal pun belum tentu dimiliki oleh TWS.

Alhasil, TWS tidak hanya tahan debu, tapi juga bisa terendam air hingga kedalaman 1 meter. Namun, kami tidak menyarankan menggunakan TWS saat berenang. Oleh karena itu, TWS aman digunakan saat kehujanan atau berkeringat saat berolahraga.