April 17, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Lagi! Harley-Davidson Bikin Motor Murah, Kali Ini Buatan India

itechnobuzz.com – Bukan kabar lagi jika Harley-Davidson ingin menawarkan beragam produk dengan harga terjangkau. Sebelumnya, mereka telah bermitra dengan Qiangjiang Motors untuk memproduksi X350 dan X500 di China. Tiba-tiba motor HD termurah. Kali ini lebih bertenaga. HD dan Hero MotoCorp India juga membuat produk anggaran. Ini disebut Harley-Davidson X440. Roadster yang memiliki mesin lebih besar dari Royal Enfield ini tetap tak ternilai harganya. Estimasinya antara Rp. 2,5 lakh dan Rp. 3 lakh (Rp 48 juta – Rp 61,6 juta). Lebih murah dari X350 buatan Cina yang pada saat peluncuran harganya Rp. 74 juta

Padahal, kerja sama Harley-Davidson dengan Hero MotorCorp sudah terjalin sejak 2020. Pabrikan asal India itu ditunjuk sebagai diler resmi melalui jaringan dilernya dan menjual produk berlisensi HD. Namun melihat pertumbuhan pasar di India, mereka memutuskan untuk memproduksi X440 dan menjualnya di pasar lokal.

Spesifikasi Harley-Davidson X440

Spesifikasi mesin juga tidak diungkapkan. Namun terlihat jelas dari gambar yang beredar, serta nama kode yang digunakan. HD X440 menggunakan mesin 440cc satu silinder dengan sistem AC. Output daya harus sekitar 38PS dan torsi maksimum 30Nm. Tenaga disalurkan melalui transmisi 6 percepatan (kopling manual). Tidak menggunakan strap (ikat pinggang) tapi rantai ke roda belakang. Unit tenaga dan komponennya dibuat oleh Hero MotoCorp di India.

Meski dibuat di India oleh Hero MotoCorp, Harley-Davidson tampaknya masih terlibat dalam menentukan desain dan garis bodi X440. Tampilan keseluruhan tetap mirip dengan saudaranya seri X lainnya.Tangki bahan bakar gagah, lampu depan bulat, speedometer bulat di atas lampu depan, setang lebar, dan panel bodi minimalis.

Model Harley Davidson X440

Tampilannya mungkin klasik dan basic, namun lampu utama sudah mengadopsi lampu sorot LED berbentuk cincin dengan elemen berbentuk pil horizontal. Sangat modern. Tertulis Harley-Davidson di atasnya. Lampu sein berlogo Harley-Davidson. Perhatian yang baik terhadap detail pada kendaraan. Di bagian belakang terdapat lampu belakang, juga LED dengan bentuk ceper. Cluster instrumen melingkar tampak seperti unit LCD monokrom. Tapi mari berharap dalam peluncuran resmi ini menggunakan TFT dengan konektivitas Bluetooth yang memungkinkan navigasi, panggilan, dan notifikasi. Seperti memiliki Royal Enfield.

Jika Anda perhatikan, Harley-Davidson yang lebih murah ini terlihat seperti Iron 883 versi lebih kecil. Jadi joknya bisa dipakai berduaan. Komponen lain yang terlihat adalah garpu depan USD, pengaturan cakram tunggal di kedua ujungnya dengan ABS saluran ganda. Lalu shock belakang ganda, footpeg netral, belakang 17 inci dan depan 18 inci ban racing two tone. Keseluruhannya dipasang pada rangka teralis tubular. Ruang mesin yang dihitamkan, knalpot yang dihitamkan bisa jadi item penting agar terkesan gahar.

Posisi pijakan kaki mirip sepeda motor biasa, lebih ke tengah, tanpa condong ke depan. Sehingga posisi berkendara lebih tegak. Sudut kemiringan tidak begitu mengesankan dengan standar HD. Ground clearance tinggi, sekitar 200 mm lebih.