February 26, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Manfaat Teknologi Drone Di Bidang Pertanian

itechnobuzz.com – Teknologi Drone tidak dapat dipisahkan dari zaman sekarang. Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi mendominasi hampir setiap aspek kehidupan, termasuk pertanian. Penggunaan teknologi modern membuat pertanian lebih efisien dan kompetitif. Salah satu inovasi teknologi baru adalah teknologi drone.

Teknologi drone merupakan teknologi berupa robot terbang dengan kemampuan kendali jarak jauh yang dapat membawa kargo untuk berbagai keperluan dan tujuan. Awalnya, teknologi drone digunakan di bidang militer. Namun seiring berjalannya waktu, teknologi drone tampaknya mulai mempengaruhi sektor pertanian. Ada berbagai kegiatan pertanian yang menggunakan teknologi drone. Apa yang kamu? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Penanaman

Penanaman pohon menggunakan teknologi drone biasanya mencakup area lahan yang luas. Ini adalah solusi ketika petani berjuang untuk menanam di lahan yang luas.

Penaburan biasanya melibatkan penaburan benih. Salah satu cara penyemaian benih dengan menggunakan teknologidrone adalah dengan menyemai benih di area tertentu dengan menggunakan drone.

2. Analisis lahan

Sebelum masuk ke seeder perlu dilakukan pengecekan dan analisa kondisi tanah yang akan ditanami. Ini karena kita umumnya tahu keadaan.
Teknologidrone dapat memetakan medan dalam tiga dimensi sehingga dapat digunakan untuk analisis medan. Analisis tanah menggunakan teknologidrone mempermudah pemahaman pola tanam.

3. Penyemprotan pupuk dan pestisida

Teknologidrone cocok untuk menyemprotkan pupuk dan pestisida, terutama jika digunakan di area yang luas. Hal ini karena aplikasi pupuk dan pestisida dapat efektif dan tepat sasaran, menghemat tenaga kerja.
Kemampuan menyemprot dengan teknologidrone bergantung pada kemampuan drone tersebut. Misalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa drone dapat menyebarkan pupuk dan pestisida di area seluas 0,6 hektar dengan kapasitas tangki 10 liter.

4. Menilai kesehatan tanaman

Tidak hanya kesehatan manusia, kesehatan tanaman juga harus diperhatikan. Penting untuk memeriksa kesehatan tanaman. Kalau tidak, kondisi tanaman tidak dapat dikenali selama pengembangan tanaman. Namun, petani petak besar terkadang mengalami kesulitan dalam memastikan kesehatan tanaman.
Teknologidrone dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Teknologidrone dengan kemampuan kamera dan kamera infra merah dapat memantau tanaman pembunuh (OPT) yang berdampak negatif terhadap kesehatan tanaman dan mengendalikan hama.

5. Sensor irigasi

Kita perlu tahu apakah ada air di tanah. Ketersediaan air mempengaruhi jumlah cairan dan unsur hara yang dapat memenuhi kebutuhan tanah dan tanaman.
Teknologidrone dapat digunakan sebagai alat sensor irigasi. Drone yang dilengkapi dengan sensor termal, hiperspektral, atau multispektral dapat melihat area yang kering dan membutuhkan akses air.