April 22, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Apple Hadirkan Aplikasi Editing Video Final Cut Pro ke iPad

itechnobuzz.com – Apple telah secara resmi merilis aplikasi pengeditan video andalannya, Final Cut Pro, untuk iPad. Selain itu, aplikasi komposisi musik Logic Pro juga akan hadir di tablet Apple. Keduanya akan tersedia di App Store iPadOS mulai 23 Mei 2023.

Final Cut Pro hanya dapat diinstal pada perangkat iPad dengan chipset M1 atau M2, sedangkan Logic Pro mendukung spesifikasi minimum chipset A12 Bionic. Namun, Anda memerlukan iPadOS 16.4 untuk dapat menginstal kedua aplikasi ini.

Berbeda dengan versi macOS yang memiliki sistem redemption, kedua aplikasi eksklusif Apple tersebut ditawarkan dengan sistem berlangganan di iPadOS. Biaya berlangganannya sendiri $4.99 (Rp75.000) per bulan atau $49 (Rp727.000) per tahun, dengan free trial satu bulan bagi Anda yang menginginkannya.

Fiturnya tetap sama, tetapi Apple telah menambahkan beberapa fitur baru ke versi iPadOS, terutama untuk mengakomodasi penggunaan di perangkat layar sentuh. Misalnya, di Final Cut Pro, ada roda baru untuk memudahkan navigasi, memindahkan klip, dan lainnya.

Ada juga fitur Live Draw yang memungkinkan pengguna menggambar dan menulis langsung di video menggunakan Apple Pencil. Kini, khusus di iPad dengan chipset M2, Apple Pencil juga bisa digunakan untuk melihat pratinjau rekaman video tanpa menyentuh layar.

Sementara itu, Logic Pro di iPadOS juga mendukung multi-touch gestures dan Apple Pencil. Anda juga dapat merekam vokal atau instrumen langsung melalui mikrofon bawaan iPad untuk diedit langsung di aplikasi komposisi musik.

Secara tidak langsung, kehadiran Final Cut Pro dan Logic Pro merupakan respon Apple setelah Davinci Resolve, software edit video profesional,

merilis aplikasi iPadOS di tahun 2022. Mau pilih yang mana untuk edit video di iPad?