April 15, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Memori Selalu Penuh? Ini Tips Bersihkan WhatsApp Tanpa Hapus Chat

technobuzz.com – Penyimpanan penuh selalu mengganggu aktivitas pengguna smartphone, apalagi jika notifikasi masih terlihat setelah dibersihkan. Belum lagi aplikasi WhatsApp yang menjadi sumber segala full nya memori ponsel, ingin menghapus chat sayang rasanya.

Takutnya ada hal penting yang masih perlu disimpan.Nah jika iya maka anda tidak perlu khawatir karena ada cara cepat membersihkan WhatsApp tanpa menghapus chat termasuk membersihkan penyimpanan WhatsApp seperti foto, video dan stiker. Karena file media dapat dianggap sebagai sumber utama penyimpanan lengkap di WhatsApp.

Selain itu, pengguna juga dapat mengklasifikasikan obrolan penting dan tidak penting untuk dihapus. Seperti yang kita ketahui WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang banyak digunakan dan tepercaya. Di aplikasi ini, pengguna tidak hanya bertukar teks. Namun ada juga file sharing berupa dokumen, foto, musik dan video.

Dengan demikian, konten pertukaran pesan mengisi memori ponsel dan jelas hal ini dapat membebani ponsel hingga terkadang melambat saat digunakan.

Oleh karena itu, dengan menghapus file media yang dikirim di ruang obrolan pribadi atau grup, Anda dapat membersihkan ruang penyimpanan WhatsApp Anda tanpa harus khawatir menghapus obrolan yang Anda anggap penting. Jika pengguna tertarik untuk mencobanya, mereka dapat melihat informasi

Dibawah ini tentang cara membersihkan WhatsApp tanpa menghapus obrolan.

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan klik menu “Settings”
  2. Selanjutnya, pilih opsi “Penyimpanan dan Data” dan klik “Kelola Penyimpanan”
  3. Pada opsi “Kelola Penyimpanan”, terdapat terdapat tiga pilihan penghapusan media dari penyimpanan WhatsApp.
  4. Pertama, pengguna bisa menghapus media-media dengan besar file lebih dari 5 MB yang dikirimkan dari semua ruang obrolan, baik individu maupun grup.
  5. Kemudian, pengguna dapat menghapus media yang telah diteruskan berkali-kali.
  6. Ketiga, pengguna juga bisa menghapus media yang dikirimkan dari tiap ruang obrolan, baik individu maupun grup.
  7. Untuk ketiga pilihan tersebut, pengguna dapat menghapus semua media sekaligus atau memilih sebagian saja.

Setelah menghapus postingan media di ruang obrolan pribadi atau grup, ruang penyimpanan WhatsApp Anda akan berkurang secara signifikan. Oleh karena itu, sedikitnya ruang penyimpanan WhatsApp akan memengaruhi beban memori internal ponsel Anda, sehingga lebih nyaman digunakan.

Untuk menghindari hal tersebut, cara yang dapat dilakukan ialah dengan mengubah fitur auto-download, sebagai berikut.

Selain itu, kamu juga bisa menonaktifkan fitur auto download yang merupakan fitur untuk mendownload file secara otomatis. Cara kerjanya adalah ketika seseorang mengirim file melalui obrolan pribadi atau grup, WhatsApp secara otomatis mengunduhnya. Di sisi lain, fungsi ini memenuhi ponsel karena WhatsApp mengunduh konten multimedia yang terkadang tidak terlalu penting tanpa sepengetahuan pemilik akun.

  1. Pilih Setting
  2. Masuk ke Storage and Data
  3. Pilih Media Auto-Download
  4. Kemudian klik WiFi Only.

Anda juga dapat menonaktifkan tampilan media yang baru diunduh di galeri perangkat dengan memilih opsi default (tidak). Jika Anda termasuk orang yang rajin dan konsisten, penghapusan rutin bisa dilakukan sebagai opsi dengan menyortir thread yang menurut Anda tidak penting nilainya agar segera dihapus setiap hari.

Perhatikan stiker status, gif, dan video yang Anda kirim. Karena semua ini akan masuk ke arsip dan dapat membebani memori ponsel.

Bagaimana jika ini bukan trik sederhana dan cara membersihkan WhatsApp tanpa menghapus obrolan? Penting juga untuk diketahui bahwa selalu ada informasi tambahan dan cara yang berbeda untuk pengguna WhatsApp. Cara di atas hanya bisa diuji pada aplikasi WhatsApp di iPhone yang menjalankan iOS 16.4.1.

Perlu diingat juga bahwa jika Anda memiliki ponsel yang berbeda, langkah-langkah yang akan Anda ikuti mungkin juga berbeda. Jadi Anda dapat mencoba tergantung pada fitur yang tersedia. Semoga beruntung!