November 29, 2023

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Challenger SRT Demon 170, Muscle Car Terbuas Lansiran Dodge

itechnobuzz.com – Pembuat mobil Amerika Dodge secara resmi meluncurkan Challenger SRT Demon 170, disebut sebagai mobil Muscle Car gila. Mobil ini merupakan salah satu mobil generasi awal paling populer di AS, karena Dodge Challenger SRT Demon 170 mampu menghasilkan tenaga hingga 1025 HP dan torsi maksimum hingga 1281 Nm!

Tenaga dahsyat tersebut berasal dari mesin berkapasitas 6200cc dengan konfigurasi V8 supercharged yang disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi otomatis 8 percepatan.

Di laman media sosialnya, Dodge memamerkan performa luar biasa dari mobil ini. ada video singkat yang memperlihatkan Dodge Challenger SRT Demon 170 diajak melakukan drag race.

Beberapa saat setelah menarik diri, roda depan tampak mampu terangkat cukup untuk menunjukkan besarnya tenaga yang dihasilkan.

Dalam situs resminya, Dodge mengklaim bahwa Challenger SRT Demon 170 mampu berakselerasi dari posisi diam hingga 60 mph hanya dalam waktu 2,2 detik. SRT 170 bisa dibilang merupakan mobil terbuas yang pernah diproduksi Dodge.

Pelek yang di Gunakan Cukup Besar

Guna mengakomodasi tenaga besar, ban pelek yang digunakan menggunakan ukuran yang berbeda antara depan dan belakang.

Di depan, roda berdiameter 18 inci dan lebar 8 inci, dan di belakang lebarnya 17 inci kali 11 inci. Lebar pelek harus memberikan traksi yang sangat baik untuk akselerasi.

Selain itu, muscle car ini juga direkomendasikan untuk “minum” bahan bakar etanol E85. E85 ethanol sendiri merupakan campuran dari 85% ethanol dan 15% gasoline.

Bahan bakar ini juga merupakan bahan bakar dengan campuran etanol tertinggi di Amerika dan beberapa negara Eropa.

Hal ini juga diperkuat dengan tulisan “Alcohol Injected” di berbagai bagian bodi, seperti hood scoop, engine block, dan badge kuning yang menandakan E85 ethanol berasal dari jagung.

Di Juluki Pemabuk

Melihat performanya yang begitu merajalela, Dodge Challenger SRT Demon 170 pun langsung mendapat cap “pemabuk sejati”.

Pasalnya, mobil ini mampu menghabiskan seluruh bahan bakar di dalam tangki dalam waktu kurang dari 7 menit saat dikendarai dengan kecepatan penuh.

Ini karena penggunaan injektor berperforma tinggi untuk pengiriman bahan bakar. Menurut mereka, injektor tersebut mampu mengalirkan bahan bakar hingga 620 liter dalam waktu 1 jam.

Soal harga, muscle car modern yang disebut-sebut sebagai produksi terbaru ini dibanderol US$100.361 atau setara Rp. 1,5 miliar untuk versi standar, dan versi full aksesoris seharga Rp. 2 triliun.

FYI, Dodge hanya akan menjual 3.300 unit mobil ini. Jumlah ini terbagi menjadi 3000 unit untuk pasar AS dan 300 unit untuk pasar Kanada dimana mobil ini diproduksi.