May 20, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

7 Rekomendasi Power Supply PC Terbaik 2023, Jangan Asal Beli!

itechnobuzz.com – Bukan hanya prosesor dan kartu grafis, power supply pc atau yang mungkin paling Anda kenal adalah power supply yang merupakan salah satu komponen vital komputer yang tentunya tidak boleh Anda anggap remeh. Tugas mereka adalah memastikan aliran listrik ke seluruh komponen komputer tersalurkan dengan lancar.

Saat memilih PSU, kita harus memperhatikan beberapa faktor, mulai dari penggunaan komputer, jika kita membutuhkan fitur penting lainnya seperti kabel modular, termasuk sertifikasi yang sudah menjadi norma.

Apa itu Power Supply dan Mengapa Begitu Penting?

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya apa itu Power Supply dan mengapa komponen elektronik ini sangat vital? Namun, seperti yang kami tulis sebelumnya, Power Supply bertanggung jawab untuk menyediakan daya, bahkan ada yang memberikan perlindungan terhadap kelebihan listrik.

Jika Anda menginginkan alasan yang lebih sederhana, jika komputer Anda tidak memiliki Power Supply, jelas komputer Anda tidak mau hidup sama sekali. Oleh karena itu, power supply merupakan komponen yang mutlak tidak bisa Anda abaikan saat merakit komputer.

Rekomendasi Power Supply Terbaik di Tahun 2023

Jika Anda sedang mencari rekomendasi Power Supply PC yang sedang Anda buat atau pertimbangkan untuk dibuat, kami memiliki rekomendasi yang dapat Anda gunakan sebagai referensi:

1. DeepCool PF

Mari kita mulai dengan rekomendasi PSU PC dengan seri PF merek DeepCool. PSU form factor ATX ini tentunya cocok untuk Anda yang memiliki spesifikasi low to medium, karena kapasitas yang ditawarkan cukup bervariasi, mulai dari 450W hingga 750W.

Untuk harga cukup bagus. Termasuk nilai jualnya yaitu kabel pipih yang tentunya akan memudahkan Anda dalam mengatur kabel, karena kabelnya tipis dan mudah ditekuk. Dengan harga yang relatif murah, varian 450W bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 400.000.

2. Cooler Master MasterWatt Gold V2

Cooler Master adalah salah satu rekomendasi daya PC paling terkenal di komunitas. Seri MasterWatt Gold V2 menawarkan berbagai varian daya, mulai dari 550W hingga 750W, yang pasti cocok untuk pembuat komputer biasa.

Meski sudah bersertifikat Gold, banderol power supply ini masih cukup terjangkau. Belum lagi variasi jumlah daya yang ditawarkannya, menjadikan Power Supply ini mungkin alternatif terbaik untuk harga yang ditawarkannya, yaitu sekitar Rs 700.000 untuk 550W.

3. FSP Hidro M Pro

Bagi sebagian orang, rekomendasi power terbaik cenderung dimulai dari seri FSP yang cukup bandel. Dari kualitas build hingga daya tahan dan pemilihan komponen dalam Power Supply ini, ia menggunakan komponen pilihan. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp 900.000.

Untuk seri Hydro M Pro power supply ini menawarkan rentang daya yang cukup variatif mulai dari 650W hingga 1000W yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Belum lagi garansi yang cukup panjang, untuk memastikan komponen di dalam komputer Anda awet dan tahan lama.

4. Fractal Design ION+

Ini mungkin pertama kalinya Anda mendengar merek Desain Fraktal. Namun, ini adalah merek yang memiliki reputasi baik dan dicirikan oleh peluncuran penggemar dan kasing dengan kualitas dan kemewahan yang baik.

Power Supply ION+ Fractal menghadirkan Power Supply dengan berbagai kapasitas, mulai dari 550W hingga 860W dengan sertifikasi 80+ Emas, yang tentu saja akan lebih menghemat energi. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rs 1 crore untuk Power Supply bersertifikasi Emas.

5. Seasonic Focus Platinum PX

Jika Anda memiliki lebih banyak anggaran untuk menyimpan komponen di dalam komputer Anda, Anda mungkin baik-baik saja dengan seri Seasonic’s Focus. Seperti namanya, power supply ini memiliki sertifikasi Platinum yang akan memastikan kualitas power supply ini benar-benar murni dan terjamin.

Besaran daya power supply PC ini cukup besar, mulai dari 550W hingga 1000W yang tentunya akan memberikan Anda pilihan untuk memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan komputer Anda. Ingatlah untuk memperbaikinya lagi dengan isi dompet Anda, karena harganya mulai dari 2 crores.

6. 1STPlayer Armour

Rekomendasi lain untuk dipertimbangkan adalah 1SPlayer Armor, yang menawarkan kapasitas mulai dari 550W hingga 750W dan bersertifikat 80+ Emas. Mungkin ada yang meragukan merek ini, tapi kami yakin ini bisa menjadi alternatif yang bisa mereka pertimbangkan.

Bahkan, power supply ini menawarkan garansi lima tahun sejak pembelian yang tentunya membuat Anda cukup tenang saat menggunakan komputer, baik untuk gaming maupun sekedar produktivitas karena harganya juga cukup terjangkau yakni Rp 800 lakh. .

7. Adata XPG Pylon

Rekomendasi power supply terbaik yang sedang naik daun di masyarakat adalah Adata XPG Pylon. Ini mungkin pertama kalinya Anda mendengar Adata merilis PSU, tapi jangan salah, berdasarkan komunitas dan daftar tingkat PSU, memang benar bahwa XPG Pylon adalah salah satu Power Supply terbaik di kisaran harganya.

Daya yang ditawarkan Power Supply ini berkisar antara 550W hingga 650W dengan sertifikasi 80+ Bronze. Tentu saja hal itu tidak menjadi masalah,

karena tujuan dari PSU ini adalah menyasar mereka yang memiliki alokasi anggaran terbatas untuk merakit komputer. Ini dibuktikan dengan harga resmi Rs 700 lakhs.

Kata Terakhir

Ini adalah power supply PC terbaik untuk memastikan komputer favorit Anda selalu dalam kondisi baik. Kami merekomendasikan untuk mencocokkan power supply yang Anda beli dengan komponen yang sedang Anda gunakan.