June 7, 2023

Berita Teknologi Terkini

Bisakah Teknologi Menyelamatkan Kita Dari Serangan Hiu?

itechnobuzz.com – Dengan meningkatnya serangan hiu di banyak negara, kita tahu bahwa cara paling efektif untuk mencegah serangan hiu adalah dengan menggunakan penolak hiu.

Pada pertengahan Januari, di tengah musim panas Australia yang terik, ilmuwan hiu Charlie Hubenairs terbang ke Kepulauan Neptunus Australia Selatan.

Terletak 250 km dari Adelaide, kawasan ini merupakan habitat utama hiu putih.

Selama lebih dari 18 hari, Juvenir memimpin dewan hiu di Universitas Flinders, menguji pengusir hiu dalam jumlah besar.

Timnya kemudian melihat hiu dari kapal dan kamera bawah air

– Foto-foto mengerikan kecelakaan pesawat dan bangkai kapal di dasar laut
– Laut Salton yang Hilang di California
– Mengapa bajak laut menjadi daya tarik utama masyarakat

Menguji perangkat 300 kali, ia mempelajari perilaku hiu saat mendekati mangsa 1500 kali.

Penting untuk menguji apakah alat ini dapat mengusir hiu. Hal ini disebabkan semakin banyaknya hiu di Australia.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak perangkat penolak hiu yang dijual tanpa ada yang membuktikan kebenaran klaim yang dibuat oleh penjual produk ini.

“Alat penolak hiu yang dapat digunakan siapa saja adalah jawaban atas pertanyaan bagaimana mencegah serangan hiu,” kata Karl Meyer, pakar hiu di Hawaii Institute. Saya ragu,” pikirnya. Amerika.

Alat tersebut tentu berguna selama orang menggunakannya pada tingkat efektivitas yang dijamin oleh alat tersebut, Juveniers mengakui.

Namun dia memperingatkan bahwa teknologi tersebut dapat mengarahkan orang ke “perilaku buruk, terlalu percaya diri, dan akhirnya membahayakan”.

Jumlah orang yang terbunuh oleh serangan hiu di Australia meningkat dua kali lipat setiap tahun, tetapi jumlah orang yang digigit hiu juga meningkat dua kali lipat. Setidaknya 15 orang tewas dalam serangan hiu di Australia Barat sejak tahun 2000.

Situasi tersebut mendorong pemerintah memberikan subsidi untuk mendorong warga membeli Perisai Hiu, KEBEBASAN7.

Jadi, apakah perangkat itu benar-benar berfungsi? Huveneers mengatakan mendukung keputusan Pemerintah Australia Barat untuk mendanai satu-satunya pengusir hiu yang diuji secara independen oleh para ilmuwan.

Shark Shield FREE telah diuji di Afrika Selatan pada tahun 2016

Pengguna cukup menempelkan elektroda ke kaki mereka.

Menurut pengujian yang dilakukan di perairan yang dipenuhi ikan hiu di Hohojiro, kemampuan alat tersebut untuk mengusir hiu mencapai 90%. Namun, alat ini hanya efektif dalam radius 1 meter.

Alat tersebut bekerja menggunakan alat indera di dekat mulut hiu yang disebut Ampullae Lorenzini. Dengan menggunakan organ ini, hiu mendeteksi mangsanya dengan memanfaatkan sinyal listrik lemah yang dipancarkan oleh mangsanya.

Namun, karena perisai hiu memancarkan gelombang dengan intensitas yang berlebihan, hiu tersebut merasa tidak senang dan pergi.

– Rekor selancar di ombak tertinggi dunia
– Terapung 32 jam di laut, peselancar ‘luar biasa mujur’ ditemukan selamat
– Sinterklas ‘melatih’ main selancar di Bali

Menggunakan sinyal listrik adalah salah satu cara untuk mengusir hiu

Ada kemungkinan lain juga. Namun Meyer sependapat bahwa perangkat bertenaga listrik itu lebih dari sekedar bertenaga.

“Hiu memiliki sistem penerimaan listrik yang sangat sensitif. Ketika distimulasi secara berlebihan, mereka membuat banyak kesalahan,” katanya.

Namun masalah utama alat ini adalah isolasi. Perangkat ini dapat secara efektif menghilangkan listrik dalam jarak 1 meter.

Peralatan pencegah hiu yang diuji di Pulau Neptune termasuk magnet dan perangkat berbahan dasar minyak untuk menutupi bau peselancar dari hiu.

Misalnya, perangkat genggam magnetik yang disebut Shark Buns juga memancarkan sinyal untuk menakut-nakuti hiu.

Tapi alat magnet ini memiliki jangkauan yang sangat pendek, kata Meyer. “Jika Anda memakai gelang, hiu mungkin tidak akan menggigit lengan Anda, tetapi bagian tubuh Anda yang lain masih rentan.”

Cara lainnya adalah dengan membuat alat yang dapat memanggil paus pembunuh (hiu putih besar). Beberapa orang membenci hiu putih besar dan membuat pakaian dan papan selancar dengan motif ular laut dan hewan berbisa lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penolak suara hiu tidak efektif. Ini karena hiu terbiasa dengan suara.

“Hiu mendengar lebih baik dalam frekuensi rendah, itu buruk. Mereka tidak bisa mendengar frekuensi tinggi seperti paus pembunuh,” kata Meyer.

Selain itu, penelitian di Queensland menunjukkan bahwa ular laut umumnya ditemukan di dalam perut hiu putih besar. Oleh karena itu, ular masih menjadi makanan yang menarik bagi hiu.

Selain itu, papan catur yang digunakan pemain ski hanya dapat dilihat oleh hiu di lautan, yang merupakan bayangan.

Tidak bisa mengenali pola ular atau apapun

– Keterampilan hebat di balik selancar dan ombak
– Pemain ski naik turun di bawah lampu megah lampu utara
– Gempa Jakarta-Batheen: Apakah Baik Mengirim Kenangan dan Candaan Saat Krisis?

Dia juga menunjukkan bahwa tidak ada penolak hiu yang 100% efektif.

Saya tidak akan mempertaruhkan hidup saya untuk alat itu. Itu tergantung pada motif hiu. Jika Anda menjadi sasaran hiu setinggi 10 kaki yang lapar, yakinlah: tidak ada alat yang dapat menggerakkan hiu.” Jauhi hiu.

Selain itu, banyak orang bertanya-tanya apakah hiu besar akan berhenti menyerang dari jarak dekat saat terkena alat ini.

Suku Hubenia mengaku tidak bisa menghentikan hiu yang sudah begitu lama mencintai mangsanya.

Namun, eksperimen di Afrika Selatan mengungkap humor mengejutkan dan kesediaan hiu untuk berhenti menyerang ketika tiba-tiba merasa frustrasi.

Dia juga menekankan bahwa alat itu hanya akan melayani tujuan khusus. Misalnya, perangkat yang berhasil menghentikan serangan hiu pada peselancar kehilangan efeknya saat peselancar menggunakannya.

Namun demikian, Hubenia dikatakan sebagai alat paling ampuh untuk mendidik dan memahami orang.

Misalnya, ada penemuan baru-baru ini yang mengungkapkan pola perilaku hiu di lautan, yang memungkinkan kita mengetahui waktu terbaik untuk keluar, berenang, dan berselancar ketika kemungkinan kecil kita diserang oleh hiu.

Sementara jumlah gigitan hiu di Australia Barat meningkat baru-baru ini, penelitian menunjukkan bahwa Perth masih memiliki 1 dari 30 juta gigitan hiu. Ngomong-ngomong, orang 100 kali lebih mungkin tersambar petir daripada digigit hiu.

Namun, jika tujuan utama penggunaan pengusir hiu adalah untuk membuat orang nyaman memasuki air, itu akan berhasil.