April 18, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Hoverboard, Skateboard Yang Bisa Terbang

itechnobuzz.com – Teknologi Skateboard terbang hanya bisa ada dalam film fiksi ilmiah Robert Zemeckis Back to the Future, yang menjadi hit box office pada 1980-an. Skateboard terbang yang disebut hoverboard ini dapat terbang di udara dan membantu orang dalam beraktivitas. Namun, bermain skateboard bukan lagi sekadar impian. Siapa sangka tiga puluh tahun setelah film hit “Back to the Future”, skateboard terbang yang diimpikan banyak orang akan menjadi kenyataan.

Ark Pax, sebuah perusahaan kecil yang berbasis di Los Gatos, California, berdedikasi untuk menghadirkan hoverboard ke dunia nyata. Hoverboard, yang disebut Hend Hoverboard, adalah skateboard terbang yang dibuat oleh ilmuwan Amerika Greg Henderson, yang juga pemilik Ark Pax.

Di dalamnya ada empat motor berbentuk cakram yang menghasilkan medan magnet khusus yang saling menekan agar papan tetap mengapung. Teknologi ini menggunakan teknologi yang sama dengan kereta magnet yang beroperasi di Asia saat ini. Hoverboard Hedo saat ini dalam tahap prototipe dan beratnya 40 kg.

Skate ini hanya bisa terbang di permukaan non-ferrous seperti tembaga atau aluminium. Hendo Hoverboard memiliki panjang hingga 3 cm dan dapat menahan beban hingga 140 kg selama 15 menit. Prinsip kerja teknologi ini mirip dengan kereta maglev, yaitu kendaraan lepas landas tanpa menyentuh rel.

Hendo merupakan brand yang mengklaim produknya sebagai hoverboard pertama di dunia

Begitu pemain skateboard pro, Tony Hawk, bergabung, kualitas itu menjadi semakin nyata. Untuk melayang, tangan menggunakan medan elektromagnetik untuk menciptakan medan magnet, yang berinteraksi dengan penggerak hoverboard.

Elektromagnet ini bekerja dengan mengubah medan elektromagnetik yang terdapat pada permukaan logam di bagian bawah hoverboard. Listrik kemudian menciptakan medan magnetnya sendiri. Tujuannya adalah untuk mengusir elektromagnet pada hoverboard. Hend memang bisa terbang, namun perangkat ini masih memiliki beberapa kelemahan.

Perangkat ini menunjukkan bahwa itu hanya dapat diterbangkan jika ada pemandu. Oleh karena itu, karyawan tidak diizinkan mengemudi di bawah air atau di tempat lain. Selain itu, cara mengendarainya tidak berubah seperti skateboard.

Tidak seperti skateboard biasa, Hendo Hoverboard tidak memiliki roda. Papan hover Hendo melayang sekitar satu inci dari tanah, memberikan kesan halus atau bebas radang. Tidak terpaku pada sumbu gerak (bolak-balik seperti roda skateboard), sehingga mudah dan aman digunakan oleh siapa saja.

Rahasia hoverboard Hendo terletak pada empat motor suspensi berbentuk cakram di dalamnya. Serangkaian disk terjepit bersama dan menciptakan medan magnet khusus yang mengangkat papan. Sistem ini dimaksudkan untuk menstabilkan hoverboard dalam penerbangan, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk digunakan sebagai alat penggerak juga.

Hendo Hover menjelaskan bahwa modelhoverboard modern membutuhkan konduktor non-feromagnetik yang disediakan dalam lembaran biasa. Namun grup tersebut juga bereksperimen dengan desain dan konstruksi baru untuk meningkatkan teknologi dan mengurangi biaya produksi. Pabrikan yakin bahwa produkhoverboard mereka akan melakukan apa yang orang pikirkan, tetapi mereka membutuhkan lebih banyak waktu dan sumber daya untuk mengembangkannya.

Hedo Hover mengupayakan desain yang ramping dan sederhana yang diharapkan dapat dengan mudah menavigasi berbagai kondisi jalan, terintegrasi dengan gerakan alami pengguna, dan dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan. Ark Pax berencana membuat taman terapung di mana siapa saja bisa menyewa skateboard terbang dan terbang seperti di film Back to the Future.

Mungkin cukup tentanghoverboard, skateboard yang bisa terbang.