June 15, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Kelahiran Mitsubishi XFC Semakin Dekat, Paten Desain Sudah Diajukan

itechnobuzz.com – Kelahiran konsep Mitsubishi XFC versi produksi semakin dekat. Unit pantau tersebut sebelumnya telah menjalani uji jalan di Indonesia. Baru-baru ini, Mitsubishi mengajukan proyek paten ke Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, yang tidak dipublikasikan hingga 5 Mei 2023. Menurut gambar yang terekam, masih mirip dengan versi konsepnya. Pembangun juga menjanjikan versi produksi yang sedikit berbeda dari prototipe. Seperti saat pabrikan mengembangkan Xpander untuk Indonesia.

“Kami membangun XFC dengan suku cadang baru dan menggabungkannya dengan yang sudah ada. Karena masih dalam pengembangan. Banyak yang berasal dari Indonesia, mulai dari desain produk dan fitur hingga performa berkendara. Kami mendengar tentang calon pelanggan dari Indonesia, seperti ketika kami mengembangkan Xpander. Kami serius mendengarkan apa yang diinginkan konsumen di sini. Ini merupakan peningkatan dari konsep XFC. Banyak masukan dari konsumen dan masukan dari focus group discussion (FGD),” ujar Hikaru Mii, Manager Divisi Strategi Produk PT MMKSI pada IIMS 2023 beberapa waktu lalu.

Meski begitu, data teknis dan spesifikasinya belum terungkap. Menurut rumor yang beredar, mesin tersebut menggunakan penggerak yang sama dari keluarga Xpander. Itu 1,5 liter Mivec. Tanpa modifikasi, tenaganya 105 hp dan torsi 141 Nm. Disalurkan ke penggerak roda depan melalui CVT. Opsi girboks manual juga patut ditunggu.

Interior juga tanpa informasi. Tidak mengherankan, dasbornya mengadopsi tata letak tema horizontal. Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas ke depan. Sementara itu, desain dinamisnya memanjang mulai dari dashboard hingga door trim. Teknologi canggih dibangun ke dalam unit utama yang besar dan intuitif. Dengan demikian, Anda dapat sepenuhnya mengintegrasikan tampilan digital. Fungsinya bisa menampilkan navigasi, kondisi jalan dan informasi lainnya untuk pengemudi. Saat berkendara, Anda dapat memiliki rasa nyaman dan aman.

XFC akan memiliki banyak ground clearance. Lebih banyak dukungan untuk mode berkendara: Normal, Basah, Kerikil, dan Lumpur. Sistem ini dirancang dengan mempertimbangkan penggunaan di negara-negara ASEAN. Seperti kondisi jalan yang berlumpur akibat hujan yang tiba-tiba.

Rencananya Mitsubishi akan debut di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Agustus mendatang. Seperti Xpander, XFC versi produksi akan menjadi tuan rumah pameran otomotif besar di Indonesia ini. Kita tunggu saja kabar baiknya.

Kedapatan Sedang Tes Jalan di Vietnam

Tidak hanya di Indonesia saja tanda-tanda kemunculan XFC versi produksi. Di negara tetangga juga banyak. Seperti di Vietnam, tertangkap kamera saat test drive. Wujudnya tertutup kamuflase. Namun menurut sumber, ini adalah versi terdekat dari produk yang akan dirilis.

Menurut situs Autopro, pengujian dilakukan di kawasan Binh Duong. Tak jauh dari lokasi pabrik Mitsubishi di sana. Meski begitu, belum ada konfirmasi dari pihak Mitsubishi terkait test drive XFC ini. Menurut pernyataan pabrikan di atas, XFC telah diuji di jalanan Vietnam sejauh 4.000 km.