June 15, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Ducati Monster SP DUNIA PREMIÈRE 2023: Review

itechnobuzz.com – Ducati Monster SP tumbuh dengan versi SP, yang dirancang untuk meningkatkan kesenangan,
berkat peralatan teknis yang sempurna bagi mereka yang menyukai pengendaraan sporty dan memperindah gaya
dengan livery yang terinspirasi dari Moto GP.

Monster SP mengambil warna 2022 dari Desmosedici GP tim resmi, suspensi tunggangan Öhlins dan peredam
homologasi Termignoni, kaliper Brembo Stylema®, dan ban Pirelli Diablo Rosso IV. Perlengkapan sporty sejati yang akan membuat Anda jatuh cinta dengan Monster SP baru, tersedia juga dalam versi depowered.
Apakah Anda siap untuk lebih?

 

Peralatan Olahraga Khusus

Garpu emas Öhlins NIX30 meningkatkan tampilan sporty dari Monster SP baru. Bersama dengan peredam homologasi Termignoni dan kaliper depan Brembo Stylema®, mereka membuat peralatan teknis yang berharga yang mampu membuat motor menjadi lebih ringan, lebih efektif dan menyenangkan dalam berkendara yang sporty, serta lebih menarik secara estetika.

 

Livery yang terinspirasi dari MotoGP

Livery yang menggabungkan warna 2022 Desmosedici GP tim pabrikan memperkuat sifat sporty dari Monster SP baru. Huruf Ducati di tangki mengingatkan pada grafis di Panigale V4. Jok berwarna merah melengkapi tampilan samping ekor dengan logo Monster SP dan bendera Italia di cover jok penumpang.

 

Elektronik dikalibrasi ulang untuk kinerja lintasan yang lebih baik

Sektor elektronik Monster berada di segmen teratas. Perlengkapan standar meliputi ABS Cornering, Ducati Traction Control, dan Ducati Wheelie Control, semuanya dapat disesuaikan dengan berbagai tingkat intervensi. Karakter sporty dari Monster SP baru juga digarisbawahi oleh Launch Control yang memastikan start secepat kilat. Peralatan sepeda motor kelas atas ini memungkinkan Monster SP untuk mengekspresikan performa penuhnya dengan aman.

 

Performa dan kesenangan dengan mesin Testastretta 11°

Inti dari Monster adalah mesin Testastretta 11°, twin 4-katup berpendingin cairan dengan 111 hp dan distribusi desmodromic.

 

Monster beraksi

Mengendarai Monster SP Anda dapat menikmati olahraga berkuda yang lebih efektif. Ini memiliki kinerja pengereman yang lebih baik, transfer beban yang berkurang, kemampuan yang lebih baik untuk menutup garis dan lebih presisi di semua fase berkendara.

 

Review Ducati Monster SP (2023-on).

 

Peringkat keseluruhan

Ada sesuatu yang menggugah tentang Ducati berlencana SP. Di akhir tahun 80-an dan melalui tahun 90-an, mereka adalah homologasi khusus uang-tanpa-objek yang dibuat untuk balapan World Superbike. Ikon merah darah seperti seri 888 SP, atau 916 SP dan turunannya adalah barang impian sepeda motor.

Itu menjadi lencana kehormatan bagi yang terpilih sejak saat itu, dengan ‘R’ yang aneh dilemparkan untuk ukuran yang baik di sepanjang jalan. Sekarang giliran Monster generasi keempat yang mendapatkan perawatan SP.

Tidak seperti superbike Bologna tua itu, ditaburi dengan unobtanium seperti parmesan di atas sepiring penne pedas, Ducati Monster SP baru bukanlah ‘pabrik penuh’. Alih-alih, ini adalah model produksi reguler dan harganya £ 2.700 atau sekitar Rp 356.000.000 lebih mahal daripada Monster dasar, yang tidak buruk jika Anda melihat barang yang Anda dapatkan.

Tapi apakah itu sepadan dengan harga tiket yang tinggi? Dilihat sebagai punggung yang ditelanjangi, minimal telanjang mungkin tidak dan Anda harus menjadi anorak SP untuk melihat perbedaannya dengan Monster standar. Tapi itu memancarkan kualitas dan, selain Hypermotard yang sangat fokus, itu adalah sepeda jalan murni Ducati yang paling mudah dimainkan dan yang menyegarkan, tidak menganggap dirinya terlalu serius.

Dengan suspensi yang lebih kencang, posisi berkendara yang lebih sporty, rem yang lebih kuat, dan bobot yang lebih ringan, karakter Monster berubah dari roadster yang santun menjadi sesuatu yang mendekati tingkat kegilaan Hypermotard.

Ini dengan mudah cocok untuk rival telanjang kelas menengah yang sporty dan dengan mesin V-twin yang kasar dan mudah digunakan, ini lebih menyenangkan pada kecepatan B-road daripada Ducati Streetfighter V2 atau Ducati Streetfighter V4.

Itu mahal dan tidak ‘pabrik’ seperti Ducati berlencana SP dulu, tetapi masih memiliki aura keistimewaan tentangnya, disatukan dengan indah dan layak untuk ekstra di atas model dasar dalam hal kegembiraan murni.

 

Kualitas berkendara & rem

Dengan mesin yang tidak membuat pengendara atau sasis stres, Monster tidak pernah terikat pada throttle atau berbelok tajam tetapi dengan perawatan SP, penanganannya bahkan lebih tajam.

Kami mendapat kesempatan untuk mengendarai versi standar selama pengujian kami. Menyenangkan, mudah dikendarai dan tidak pernah melakukan kesalahan. Dalam kondisi yang sulit, suspensi yang lebih lembut sebenarnya merupakan hal yang positif, menemukan lebih banyak cengkeraman dari ban dan menambah kepercayaan diri pengendara, tetapi di jalan kering SP bersinar.

Kursi 20mm lebih tinggi (hingga 840mm) ditambah dengan suspensi Öhlins yang lebih kokoh mendorong bobot Anda ke roda depan. Ini memberi SP sikap supermoto yang agresif dan up-on-haunches. Monster standar duduk lebih rendah di bagian belakang dan terasa hampir seperti helikopter jika dibandingkan.

Posisi berkendara SP mirip dengan sepeda balap dan dengan demikian memiliki kemudi yang jauh lebih tajam dan lebih akurat dengan lebih terasa saat memasuki tikungan. Suspensi lebih terkontrol tanpa kasar dan Pirellis generasi baru (dibandingkan dengan model dasar Diablo Rosso III) juga lebih grip.

Sulit untuk merasakan tenaga ekstra rem atau menggunakan ground clearance ekstra yang dihasilkan oleh ketinggian berkendara yang lebih tinggi pada bulan Februari yang dingin di Northamptonshire, tetapi tidak diragukan lagi SP dapat didorong lebih keras di aspal yang hangat dan kering.

 

Mesin

Testastretta V-twin 109bhp 937cc adalah permata. Terbukti tahan peluru selama bertahun-tahun di model lain dan memiliki interval servis yang panjang: 9.000 mil/dua tahun antara servis oli dan pemeriksaan katup 18.000 mil.

Tapi sungguh menakjubkan betapa berbedanya perilakunya di Ducati yang berbeda: tidak menginspirasi di SuperSport 950 sports tourer, seperti bisnis di Multistrada V2 adventurer, gagah di Monster standar dan benar-benar gila di supermoto Hypermotard.

Bobot, geometri kemudi, dan kekakuan suspensi tampaknya membuat semua perbedaan pada performa V-twin yang menggelegar. Menggerakkan Monster SP, ini adalah level Hypermotard yang mengasyikkan. Dengan kontrol wheelie dimatikan, sama menghiburnya dengan KTM 890 Duke R, Yamaha MT-09 SP atau Triumph Street Triple RS.

Ini adalah mesin yang sempurna untuk jalan-B dan jalan-A kecil dengan semua hiburan terjadi dengan kecepatan legal. Streetfighter V2 atau V4 lebih cepat, tetapi Monster SP jauh lebih lucu di dunia nyata. Ini sangat rendah, berbahan bakar sempurna, mudah dikelola dan dengan sejumlah bantuan pengendara siap untuk menyelamatkan Anda, aman juga.

 

Keandalan & membangun kualitas

Mesin Ducati’s 937cc Testastretta V-twin dicoba diuji dan terbukti andal dan motor lain dalam kisaran yang menggunakannya semuanya mendapat ulasan pembaca MCN yang positif.
Nilai vs saingan

Apakah itu bernilai £ 14k? Setiap inci dilucuti ke belakang, minimal telanjang dan Anda harus menjadi anorak SP untuk melihat perbedaan dari Monster standar, jadi mungkin tidak. Itu juga sekitar £ 2500 lebih dari saingan utama yang mencakup KTM 890 Duke R, Yamaha MT-09 SP atau Triumph Street Triple RS.

 

Peralatan

Ini berbagi mesin Testastretta V-twin 937cc 109bhp yang sama dengan Monster dasar dan rangka cor ali monocoque yang menyebabkan semua hoo-ha ketika mengganti teralis baja antik mesin lama tahun 1993 pada tahun 2021.

Keistimewaan SP berasal dari sejumlah mod sasis, semuanya dirancang untuk memberikan Ducati lebih tenang di tikungan dan menyenangkan untuk dikendarai dengan cepat: Öhlins yang dapat disetel sepenuhnya, peredam kemudi, kaliper Brembo Stylema, dan karet sport Pirelli Diablo Rosso IV.

Bobot turun 2kg menjadi 186kg, berbahan bakar dan siap digunakan berkat baterai lithium-ion yang lebih ringan 1,7kg serta flensa dan garpu cakram rem yang lebih ringan untuk mengurangi bobot yang tidak tertahan. Muncul dengan cat repetisi MotoGP, kaleng ujung Termingnoni, fairing hidung, penutup jok belakang dan tentu saja lencana SP keramat itu.

Seperti Monster standar, ia memiliki kopling sandal hidrolik dan elektroniknya sama dengan dasbor warna 4,3 inci, quickshifter naik / turun, kontrol traksi menikung yang dapat disetel sepenuhnya, dan ABS, mode anti-wheelie dan berkendara, termasuk mode Hujan 74bhp baru dengan kontrol elektronik ekstra untuk keamanan dalam kondisi basah.

 

Spesifikasi

  • Ukuran mesin 937cc
  • Tipe mesin Liquid-cooled 4v V-twin
  • Jenis rangka Rangka depan aluminium
  • Kapasitas bahan bakar 14 liter
  • Tinggi kursi 840mm
  • Berat sepeda 186kg
  • Suspensi depan Garpu Öhlins NIX 30, dapat disetel sepenuhnya
  • Suspensi belakang Hubungan progresif, monoshock Öhlins yang dapat disetel sepenuhnya
  • Rem depan cakram Twin 320mm dengan kaliper Brembo Stylema
  • Rem belakang Cakram tunggal 245mm, kaliper Brembo twin-piston
  • Ukuran ban depan 120 x 70 17
  • Ukuran ban belakang 180 x 55 17
  • Riwayat model & versi

Model sejarah

  • 2023: Ducati Monster SP diluncurkan. Monster dengan suspensi balap, rem, dan bobot lebih ringan.

Versi lain

  • Ducati Monster: Mesin, sasis, dan elektronik yang sama dengan SP. Suspensi dan rem spesifikasi lebih rendah. 2kg lebih berat.
  • Ducati Monster+: Model dasar dengan fly screen dan penutup kursi belakang sebagai standar