May 18, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

10 Pekerjaan Teratas yang Akan Segera Diganti oleh Artificial intelligence (AI)

itechnobuzz.com – Artificial intelligence (AI) dan Revolusi Industri Keempat siap mengubah dunia kerja secara signifikan. Forum Ekonomi Dunia telah mengungkapkan beberapa pekerjaan yang akan segera digantikan oleh AI dalam Future of Jobs Report 2023.

 

Masa Depan Pekerjaan

Menurut laporan tersebut, jumlah spesialis AI dan pembelajaran mesin diperkirakan akan meningkat sebesar 40% pada tahun 2027.
Selain itu, ada peningkatan yang diproyeksikan sebesar 30-35% dalam permintaan untuk analis data dan ilmuwan, sedangkan permintaan untuk analis keamanan informasi diperkirakan akan meningkat sebesar 31%.

Accenture, sebuah perusahaan layanan profesional, menyatakan bahwa model bahasa besar (LLM) seperti ChatGPT-4, berpotensi berdampak hingga 40% dari semua jam kerja.

“Ini karena tugas bahasa menyumbang 62% dari total waktu kerja karyawan,” kata perusahaan itu.

Menurut Accenture, meskipun dampak potensial dari model bahasa besar pada tugas bahasa dapat menjadi perhatian, adalah mungkin untuk mengubah 65% dari waktu yang dihabiskan untuk tugas ini menjadi aktivitas yang lebih produktif dengan menggunakan augmentasi dan otomatisasi.

Accenture mengatakan bahwa perusahaan harus memastikan bahwa karyawan mereka mengembangkan keterampilan baru yang dibutuhkan di era AI.

Ia menambahkan bahwa penerapan AI generatif yang efektif menuntut perhatian yang sama terhadap teknologi dan sumber daya manusia. Ini termasuk memberikan pelatihan kepada karyawan dalam keterampilan teknis seperti rekayasa AI dan arsitektur perusahaan, serta mendidik individu di seluruh organisasi tentang cara bekerja secara efisien dengan sistem berbasis AI.

Laporan Masa Depan Pekerjaan menyatakan bahwa meskipun kecerdasan buatan diantisipasi untuk diimplementasikan oleh hampir 75% perusahaan yang disurvei dan menghasilkan pergantian yang tinggi, dengan setengah dari organisasi memprediksi perluasan pekerjaan dan seperempat mengharapkan kehilangan pekerjaan, peran tertentu seperti teller bank dan petugas entri data, yang sebagian besar bersifat klerikal atau kesekretariatan, cenderung menurun dengan cepat karena Artificial intelligence (AI).

 

Pertumbuhan Tercepat vs. Pekerjaan yang Menurun

Berikut adalah 10 pekerjaan teratas yang dapat digantikan oleh AI saat mereka menurun seiring waktu, menurut laporan terbaru Forum Ekonomi Dunia:

  1. Teller Bank dan Cek Terkait
  2. Petugas Layanan Pos
  3. Kasir dan Petugas tiket
  4. Petugas Entry Data
  5. Sekretaris Administrasi dan Eksekutif
  6. Petugas Perekaman Bahan dan Penyimpanan Stok
  7. Cek Akuntansi, Pembukuan dan Penggajian
  8. Legislator dan Pejabat
  9. Pegawai Statistik, Keuangan dan Asuransi
  10. Pekerja Penjualan dari Pintu ke Pintu, Wartawan dan Pedagang Kaki Lima, dan Pekerja Terkait

Sementara itu, inilah 10 pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat:

  1. Spesialis AI dan Pembelajaran Mesin
  2. Spesialis Keberlanjutan
  3. Analis Kecerdasan Bisnis
  4. Analis Keamanan Informasi
  5. Insinyur Fintech
  6. Analis Data dan Ilmuwan
  7. Insinyur Robotika
  8. Insinyur Elektroteknologi
  9. Operator Alat Pertanian
  10. Spesialis Transformasi Digital

Menurut Future of Jobs Report, adopsi AI oleh 75% perusahaan yang disurvei akan menyebabkan churn tinggi, dengan 50% mengharapkan pertumbuhan pekerjaan dan 25% mengantisipasi kehilangan pekerjaan.