May 18, 2024

iTechnobuzz !!!

Berita Teknologi Terkini

Google Mengonfirmasi ‘Pixel Fold’ Pertama Akan Segera Hadir

itechnobuzz.com – Pixel Fold Setelah serangkaian rumor, ponsel lipat Google menjadi kenyataan. Google telah menjadi subyek desas-desus di masa lalu karena lebih banyak sumber mengatakan bahwa perusahaan sedang bersiap untuk meluncurkan smartphone lipat pertamanya. Tampaknya hal itu benar menyusul pengumuman peluncuran Pixel Fold pada 10 Mei di Google I/O 2023.

 

Google Meluncurkan Pixel Fold Untuk Pertama Kalinya

Sementara perusahaan mesin pencari telah mengkonfirmasi bahwa ponsel lipatnya akan datang tahun ini, Google tetap bungkam tentang spesifikasinya.

Namun, The Verge melaporkan bahwa Anda sebenarnya dapat melihat beberapa kesamaan antara Pixel Fold dengan model Samsung Galaxy Z Fold lainnya.

Dari tampilannya, tampilan luarnya tampak seperti diambil dari buku Samsung. Fitur lain yang terlihat adalah kamera belakang yang sebelumnya terlihat dalam laporan dan klip yang bocor.

Sebelum peluncurannya, CNBC pertama kali melaporkan bahwa Google dapat dilipat berukuran 5,8 inci. Ini kemudian akan dilipat menjadi tablet 7,6 inci.

Publikasi berita menambahkan bahwa harganya akan melebihi $1.700. Sebagai referensi, Samsung Z Fold 4 berharga $1.799. Itu juga akan membanggakan chip Tensor G2 yang dibuat oleh Google sendiri.

Sesuai Wired, Google akan mengungkapkan detail lebih lanjut tentang Pixel Fold selama pidato utama Google I/O mendatang. Acara ini akan berlangsung pada hari Rabu, 10 Mei, di Mountain View, California.

 

Pasar Lipat Tetap ‘Relatif Kecil’

Ketika ponsel flip pertama kali menjadi tren di tahun 90-an, beberapa orang mengira ponsel itu tidak akan tergantikan. Bahkan sebelum era ponsel pintar, handset yang dapat dilipat tampak dominan di segala sudut.

Dengan banyaknya selebritas yang mempromosikan penggunaan unit yang dapat dilipat, masih mengejutkan melihat pasarnya tidak berjalan dengan baik dibandingkan dengan smartphone canggih.

Menurut CNN, Samsung adalah produsen ponsel lipat terkemuka saat ini. Raksasa Korea Selatan itu diikuti oleh Motorola, Oppo, dan Huawei.

Pada tahun 2021, layar lipat hanya menyumbang 0,7% dari pasar smartphone. Tahun berikutnya, turun lebih jauh menjadi 2%, menurut ABI Research.

Dikatakan bahwa tingginya harga ponsel lipat menyebabkan adopsi yang lebih rendah oleh konsumen.

Dengan asumsi bahwa Google ingin menjadi pelopor dalam bisnis perangkat lipat, diharapkan akan merilis model lain di tahun-tahun mendatang.

Pasarnya mungkin cukup terlihat untuk saat ini, namun ponsel ini memiliki tempat khusus di hati para kolektor yang kangen dengan ponsel bergaya 90-an puluhan tahun lalu.

Untuk saat ini, yang bisa kami lakukan hanyalah menunggu konferensi pengembang tahunan dalam beberapa hari ke depan untuk melihat apakah spesifikasi Pixel Fold cukup baik untuk hype yang telah dibangun selama beberapa bulan terakhir. Jika menarik, banyak pengguna mungkin langsung terjun ke dalamnya dalam waktu kurang dari sebulan.